Cara Agar Banyak Pembaca

3.3K 146 9
                                    

Assalamualaikum. Selamat malam gengs,    maaf ya, narasumber malam ini berhalangan hadir, dan diundur besok malam. Karena beliau sedang magang malam ini. Maklum, Dunia nyata memang tidak bisa di tinggal begitu saja.

Tapi, jadwal hari ini tetap ada kegiatan ya. 

Malam ini aku sendiri yang akan mengisi waktu kosong dengan berbagi pengalaman.

Perkenalkan nama aku Arnefa Dwi R

Teman-teman di sini sih, suka pangil emak neva. Entahlah, dari siapa pangilan itu mereka dapat. 😆
Mungkin karena status kali ya.

Status sudah menikah

Udah punya anak? Udah. Tapi sebelum dia ketemu sama emaknya, dibelai sama emaknya, di kiss ama emaknya, dia udah duluan pergi ke dunia lain. Aiissh malah curhat.

Ok next!

Kegiatan rutinku selain urus RT. Menulis di Wattpad. Sejak tahun kemarin.  Alhamdulilah sudah ada beberapa yang tamat di sana.

Jika ada yang berkenan, silakan mampir di lapak aku ya. Akun wattpad
@Nevadwi

#Sekalian promo gak apa kali :v

Dilarang iri kwkwkw

Materinya tentang, bagaimana biar cerita kita di sukai pembaca

Jujur, aku juga masih baru bergelut dalam dunia kepenulisan. Dan tidak bermaksud menggurui, setidaknya aku ingin berbagi pengalamn sedikit. Walaupun sedikit, kali aja berguna untuk teman-teman di sini.

Banyak yang bertanya tentang ini ke aku sebelumnya,
Bagaimana menarik pembaca untuk membaca karya kita, dan mengikuti sampai ending

Oh ya, di sini suka menulis semua kn?tentu sudah punya akun wattpad donk atau tempat menulis lainnya.  Pastilah pengen memiliki follower banyak kn?

1. Ini urutan teratas yang harus kita perhatikan. COVER DAN BLURB

Dua ini paling penting banget, sebelum kamu memulai menulis cerita.

Jujur secara pribadi. Ketika aku ganti cover terbaru dalam cerita aku di sana,  cerita yang hanya beberapa pembaca jadi meningkat pesat, Dalam sehari aja lebih 300 notip masuk.

Ini bukan pamer ya,  sesuai tema materi malam ini, berbagi pengalaman. Itu salah satu pengalaman aku.

_Judul, cover dan blurb_ itu sangat sangat sangat penting di perhatikan.

Seandainy kamu tidak bisa buat cover bagus, kn bnyak jasa jasa cover yng murah dan ahli tentunya.

Inget ya, Kamu harus berpikir keras untuk membuat blurbnya. Ok!

Lalu judul,  harus pikirkan secara matang untuk memilih judul.

2. Kamu suguhin dulu kalimat yang menarik di awal cerita(prolog/bab 1) Ini masuk dalam kategori pemilihan kalimat pertama.

Jika sudah dapat kalimat bagus. Aku yakin, untuk seterusnya kamu menulis cerita akan lancar.

Dan Pasti dibagian ini banyak yang bilang sulit?  Tidak sulit kok menurut aku.

Hanya saja kebanyakan penulis pemula terlalu memilih dan menganggap sulit duluan sebelum mencoba. Maksudnya, cukup kalian tuliskan saja kalimat yang gampang, kalimat umum. Jangan terlalu berpikir keras untuk menciptakan kalimat bagus. Ide itu bisa kamu ambil dalam kehidupan sehari-hari kok. Tentunya lebih gampang.

Aku ambil contohnya dari penggalan cerita aku ya. Biar gampang jg aku ntuk menjelaskan, walau sedikit.

Ilmu SastraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang