PENULISAN KATA GANTI KU- , KAU- , -KU -MU DAN -NYA.
Mungkin, aku membaca sedikit lentera untuk menerangi segala kebingungan, keluh kesah gundah gulana yang berkelabat di pikiran kalian agar tak membuat kalian bertanya-tanya dan berdoa semoga kelak ada jawaban dari ke-absurd-an pikiran kalian tentang materi yang akan kita bahas malam ini. (Tarik napas dulu, sambil minum es kelapa)
Masih banyak sekali yg sering salah, entah lupa atau memang belum tahu perihal penulisan kata ganti ku- , kau- , -ku , -Mu dan -nya.
Yg paling mudah diingat itu jika ada orng yg mengucapkan "Aku mencintaimu" atau "kau milikku seutuhny" (duuh meleleh yang JOMBLO ojo baper)
Berikut penjelasannya :
Kata Ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan -nya
Kata ganti ku- dan kau- ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya; -ku, -mu, dan -nya ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya.
Jadi intinya HARUS DITULIS SERANGKAI (DIGABUNG) DENGAN KATA SEBELUM ATAU SETELAHNYAMisalnya:
📌 Cintaku hanya untukmu. (Otw muntah)
📌 Wajahnya sangat tampan.
📌 Rumahnya sedang diperbaiki.
📌 Biarlah kumakan cokelatmu
📌 coba tolong kaubaca buku itu. (Ini benar)
📌 coba tolong kau baca buku itu. (Kau baca penulisannya dipisah juga benar)
SPESIAL UNTUK KAU penulisannya dipisah maupun dirangkai tetap benar ya, dengan catatan kata yg mengikutinya tidak mendapat imbuhan.Misalnya:
1a. Kaumakan dari kata "kau + makan (ini bisa digabung")
1b. Kaumemakan dari kata "Kau +
(Me)makan" (ini TIDAK BOLEH DIGABUNG)2a. kulihat dari kata "Ku + Lihat" (bisa digabung)
2b kumelihat dari kata "Ku + (Me)Lihat" (Tidak bisa digabung) maka khusus untuk ku kalian bisa tambahkan apostrof atau tanda petik satu sebelum ku-Misal :
Dari kejauhan 'ku melihat dua insan memadu kasih.Kalau ingin lebih aman kalian bsa pakai
Dari kejauhan aku melihat dua insan memadu kasih.
Kenapa nggak boleh digabung? Karena mereka uda nggak cinta, tkutnya malah kelahi cakar2an klo digabungin.
Kata-kata ganti itu (-ku, -mu, dan -nya) dirangkaikan dengan tanda hubung apabila digabung dengan bentuk yang berupa singkatan atau kata yang diawali dengan huruf kapital.
Misalnya:
📌 KTP-mu (pake tanda hubung (-) )
📌 SIM-nya (pake tanda hubung (-) )
📌 STNK-ku (pake tanda hubung (-) )
📌 Tuhan-ku (pake tanda hubung (-) )
📌 Raja-ku ( pake tanda hubung (-) )Kata si dan sang (jadi sisang.. Untung bukan sungsang wkwkw)
Kata si dan sang ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya.
Misalnya:
📌 Surat itu dikembalikan kepada si pengirim. (dipisah ya bukan Sipengirim Tapi si pengirim)
📌 Toko itu memberikan hadiah kepada si pembeli.
📌 Wanita itu membelikan sang suami sebuah Jam tangan mahal. (Padahal cuma tujuh rebu)
📌 Zae mematuhi nasihat sang kekasih, Rika.Catatan:
Huruf awal si dan sang ditulis dengan huruf kapital jika kata-kata itu diperlakukan sebagai unsur nama diri.Misalnya :
📌 Harimau itu marah sekali kepada Sang Kancil. (S untuk Sang-nya pake Kapital, karena menunjukan diri si kancil)
📌 Prajurit menatap kagum pada Sang Raja Nirwana yang baru.
🦋🦋🦋
KAMU SEDANG MEMBACA
Ilmu Sastra
Non-FictionSegalanya tentang sastra Resapi Pelajari Materi diambil dari beberapa sumber