Esai

1K 44 2
                                    

Biasakan Vote sebelum membaca🌿
.
.
.
ESSAY
Oleh Lintang TYudhistira

Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya.

Dibawah ini pengertian esai menurut beberapa ahli :

1. Menurut H.B Jassin ( Sang Paus Sastra )

Esai adalah uraian yang membicarakan bermacam ragam, tidak tersusun secara teratur tetapi seperti dipetik dari bermacam jalan pikiran. Dalam esai terlihat keinginan, sikap terhadap soal yang dibicarakan, kadang-kadang terhadap soal yang dibicarakan. Pengertian esai sebagai karangan yang sedang panjangnya, yang membahas persoalan secara mudah dan sepintas lalu dalam bentuk prosa.

2.Menurut Soetomo
Esai adalah sebagai karangan pendek mengenai suatu masalah yang kebetulan menarik perhatian untuk diselidiki dan dibahas. Pengarang mengemukakan pendiriannya, pikirannya, cita-citanya dan sikapnya terhadap suatu persoalan yang disajikan.

3.Menurut F.X Surana,
Esai adalah sebagai kupasan suatu ciptaan, tentang suatu soal, masalah pendapat, ideology, dengan panjang lebar. Kupasan ini berdasarkan pandangan penulisnya dan diutarakan secara tidak teratur.

4.Menurut Aan Sugianto Mas dalam modul pendidikan untuk materi perkuliahan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan 1998 bahwa
Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dengan pendirian, pikiran, cita-cita, siapa penulisnya yang di utarakan secara tidak teratur.

5.Menurut KBBI
Esai adalah karya tulis atau karangan dalam bentuk prosa yang memaparkan tentang sesuatu masalah dari sudut pandang pribadi penulis secara lugas dan sepintas.

6.Menurut Ensiklopedi Indonesia
Esai adalah jenis tulisan prosa yang menguraikan masalah dalam bidang kesusastraan, kesenian kebudayaan, ilmu pengetahuan dan filsafat. Berdasarkan pengamatan, pengarangnya sendiri.

Jenis-jenis Esai

1. Esai Deskriptif
menggambarkan orang, tempat atau sesuatu sejelas dan sedetail mungkin sehingga pembaca dengan mudah membentuk gambar mental tentang apa yang ditulis.
Esai ini bertujuan menciptakan kesan tentang seseorang.
Bentuk esai ini mencakup rincian nyata untuk membawa pembaca pada visualisasi dari sebuah subyek.

2. Esai ekspositori
Esai ini menjelaskan subyek ke pembaca. Biasanya dilengkapi dengan penjelasan tentang proses, membandingkan dua hal, identifikasi hubungan sebab-akibat, menjelaskan dengan contoh membagi dan mengklasifikasikan atau mendefinisikan.

3. Esai naratif
menggambarkan suatu ide dengan cara bertutur.
Esai ini dapat menyatakan suatu emosi atau tampak emosional.
Rincian pendukung biasanya disajikan berdasarkan urutan kepentingannya.

4. Esai Domentatif
memberikan informasi berdasarkan suatu penelitian di bawah suatu institusi atau otoritas tertentu.

Sebuah esai bisa dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

Pertama, pendahuluan yang berisi latar belakang informasi yang mengidentifikasi subyek bahasan dan pengantar tentang subyek yang akan dinilai oleh si penulis  tersebut.

Kedua, tubuh esai yang menyajikan seluruh informasi tentang subyek.

Ketiga, adalah bagian akhir yang memberikan kesimpulan dengan menyebutkan kembali ide pokok, ringkasan dari tubuh esai, atau menambahkan beberapa observasi tentang subyek yang dinilai oleh si penulis.

Diambil dari berbagai sumber

List pertanyaan:

1. Kak apa perbedaan antara esai dan artikel yang paling menonjol kak?kadang saya tidak bisa membedakan itu.

Ilmu SastraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang