Bincang Menulis KSGK

945 32 0
                                    

Biodata Narasumber :

Nama : Susanti Julaeha
Tempat tgl lahir: Bandung, 22 November, 1994
Nama pena : Soo San
Hobi : Baca, nonton
Sekolah/alumni: -
Karya yang sudah diterbitkan : Antalogi bunga rampai Untuk Sebuah Nama (Komunitas cakap-cakap Sastra), antalogi cerpen Mutiara Kasih Ibu (Kelas Fiksi Bareng Teh Erna), Antalogi cermin Move On, Air, dan  antalogi cerpen horror Jangan Keluar Tengah Malam
Akun sosmed : Fb : Susanti Julaeha
Ig : susanti_julaeha

Riwayat singkat
Saat ini tengah dipercaya untuk menjadi kepala cabang dari Penerbit Mandiri Jaya cabang Bandung, setelah sebelumnya belajar dari awal banget. Kemudian, sempat menjadi editor sekaligus tim marketing dari cv. Mecca Publishing.



Materi : Blubr Negri Yang Dilanda Huru-Hara
Karya Ken Hanggara

Popo Gusnaldi bercita-cita menulis novel dengan latar sejarah negerinya. Pada saat itu, sebagian besar penduduk Negeri Fiktif Belaka tidak mengerti bahwa beberapa dekade sebelumnyapernah terjadi pembantaian besar-besaran terhadap seisi ibu kota Kalodora. Jalanan dipenuhi jasad. Orang-orang yang menjadi saksi memilih bungkam sekalipun di tahun-tahun berikutnya Raja sukses memajukan negeri. Para novelis saling berlomba mengabadikan potongan sejarah palsu melalui karya sastra. Sementara itu para dukun di kota bawah tanah sedang menunggu dan mempersiapkan sesuatu yang sangat besar. sesuatu yang akan menggulingkan kekuasaan raja yang zalim. Sesuatu yanh membawa sang pahlawan menerobos segala bata.

Ini sebuah novel politik. Ken mencoba "meyakinkan" pembaca sekuat tenaga bahwa prkatik dan suasana kekuasaan yang otoriter tersebut hanya berlangsung dalam halaman-halaman novelnya, di sebuah negeri fiktif belaka. Tapi siapa yang menjamin upaya itu berhasil?
(Linda Christanty)


Sesi tanya jawab :

1. Terimakasih kak, apakah blurd itu juga bisa dijadikan sinopsis kak?

Jawab : blubr dan sinopsis beda. Klo sinopsis itu rangkaian cerita dari awal sampai akhir komplit, dan beralur. Klo blubr cuma bocoran dikit tentang isi buku, tapi kita nggak tahu endingnya.


Ilmu SastraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang