Kerajaan tunjungpura.Patih gurinda, jaya Winda, dan wandawa memimpin para prajurit menghadap Prabu Pustaka pramana. Prabu Pustaka pramana ingin membalas dendam kepada Arjuna karena telah membunuh ayahnya yaitu Prabu Pustaka raja. Dewi Pustaka Retna juga akan membalas dendam kepada Arjuna dengan mencuri 3 senjatanya yaitu pasopati, sarotama dan pulanggeni.
Ksatriyan madukara.
Arjuna didampingi para istrinya dihadap Patih surata dan Patih sucitra. Raja besar Dwarawati sri Kresna bermaksud meminta 3 senjata madukara guna disepuh kesaktiannya. Sri Kresna asli datang dan merasa ada yg menyerupainya untuk berbuat jahat kepada Arjuna.Lalu sri Kresna asli segera mengejar sri Kresna palsu tersebut.
Di tengah jalan.
Sri Kresna asli bertemu dengan sri Kresna palsu. Sri Kresna palsu terkena senjata cakra dan berubah wujud menjadi Pustaka Retna. Pelarian Pustaka Retna bertemu srikandi dan terjadilah peperangan.
Namun dewi Pustaka Retna berhasil melarikan diri. Di jalan Prabu Pustaka pramana bertemu dengan para Pandawa. Dan terjadilah peperangan. Namun para Pandawa kalah. Tak lama kemudian datanglah bambang partawigena yg menanyakan ayahnya yaitu Panengah Pandawa raden Arjuna. Prabu Kresna berjanji akan mempertemukannya dengan Arjuna asalkan dapat mengembalikan 3 pusaka madukara dan menangkap pelakunya
Bambang partawigena memakai busana Prabu Pustaka pramana untuk menjebak Pustaka Retna. Bambang partawigena berhasil mendapatkan 3 pusaka madukara dan menangkap pelakunya yaitu Pustaka Retna. Takdir berkata lain bambang partawigena dan Pustaka Retna akhirnya menikah. Dan akhir prahara mereka berakhir dengan kedamaian.
KAMU SEDANG MEMBACA
Wayang_ku
Short Storykumpulan kisah kisah wayang Mahabharata, Ramayana dan cerita carangan (karangan) . . . Nguri nguri kabudayan jawi🙏 Like dan komen ya kawan😉