Gendari bersedih hati, tangis pilu selalu menemani hari-harinya. Anak yang dilahirkannya berwujud gumpalan daging yang sangat banyak. Gendari dengan sakit hatinya di masa lalu timbul kecemasan yang luar biasa, karena anak kunthi telah lahir dan pertanda sebuah anugrah bagi pandu.
Sengkuni selalu menebar kata-kata jahat yang semakin membuat gendari dendam. Destrarastra terlarut dalam kesedihan gendari dan mencoba untuk menenangkan hati istrinya.
Gajah sena adalah manusia setengah hewan yang menggugat kepada para dewa. Gajah sena ingin hidupnya sempurna dan mengabdi di khayangan seperti ayahnya yang menjadi kelangenan betara bayu yaitu, gajah erwana. Tetapi para dewa menolaknya hingga terjadilah peperangan di antara mereka. Batara bayu meredam kemarahan gajah sena dan memberikan pengertian bahwa kodrat makhluk tidak ada satupun yang mengetahui. Batara bayu memberikan saran kepada gajah sena untuk menyempurnakan wujud bungkus yang berada didalam hutan mandalasara.Kunthi yang tidak bisa menerima kelahiran anaknya yang berwujud bungkus tersebut. Ia menggugat kepada para dewa dan beranggapan bahwa Tuhan tidak adil kepadanya. Madrim selalu mengingatkan gugatan kunthi terhadap para dewa. Karena menurutnya perkataan kunthi sangat keterlaluan. Akhirnya kunthi sadar dan menyesal dengan tindakannya.
Pandu, widura dan Puntadewa merasa senang karena kunthi telah kembali lagi seperti biasa dan mau menerima kodrat ini. Di sisi lain, destrarastra meratapi kesedihan yang mendalam. Dia mengeluh karena tanpa warna bisakah menjawab masa depan?
Pandu dan widura memberikan semangat kepada destrarastra, hingga ia merasa lega dan mempunyai semangat lagi berkat adik-adiknya tersebut.Suara gemuruh terdengar serak serai anak-anak destrarastra yang awalnya berwujud gumpalan daging sekarang sudah menjadi manusia normal dan diberikan nama kurawa. Sengkuni menghasut para kurawa untuk memecah dan melenyapkan yang berada di hutan mandalasara. Keelokan dalam peristiwa ketika gajah sena terdesak oleh para kurawa. Munculah aura yang membuatnya semangat hingga para kurawa dapat dikalahkan. Gajah sena mengetahui wujud dalam bungkus tersebut.
Dalam pandangan yang samar didalam bungkus tersebut ada kehidupan yang membawa aura sangat besar dan kelak akan lahir menjadi pahlawan bagi negara.
KAMU SEDANG MEMBACA
Wayang_ku
Short Storykumpulan kisah kisah wayang Mahabharata, Ramayana dan cerita carangan (karangan) . . . Nguri nguri kabudayan jawi🙏 Like dan komen ya kawan😉