RATU SMERUSUARI

7 2 0
                                    


Kerajaan Lokananta

Patih Lokadarga dan Patih Lokadarpa memimpin para prajurit menghadap Ratu Smerusuari, petinggi di Kerajaan Lokananta. Ratu Smerusuari adalah seorang raja wanita yang berparas cantik. Ratu Smerusuari sedang dilanda asmara dengan putra mahkota Astina, yaitu Lesmana Mandrakumara. Patih Lokadarga dan Patih Lokadarpa diutus Ratu Smerusuari untuk mengawal perjalannya menuju Astina guna melamar Lesmana Mandrakumara.

Kerajaan Astina

Prabu Duryudana bersedih hati karena memikirkan nasib putranya, yaitu Lesmana Mandrakumara yang berkali-kali gagal menikah karena selalu kalah bersaing dengan lawannya dan juga karena kekurangannya yang dialami oleh Lesmana sendiri. Prabu Duryudana khawatir, Lesmana sampai tua tidak bisa menikah dan tidak akan keturunan. Tentu saja Prabu Duryudana tidak mau garis penerusnya akan berakhir sampai disini.
Tak lama kemudian datanglah Ratu Smerusuari. Ratu Smerusuari dari Lokananta menghadap Prabu Duryudana yang bermaksud melamar Lesmana Mandrakumara. Prabu Duryudana menyerahkan keputusan kepada Lesmana. Lesmana sendiri juga terpikat dengan kecantikan Ratu Smerusuari dan bersedia menikah dengannya. Prabu Duryudana memerintahkan Adipati Karna menyiapkan segala keperluan guna pernikahan putranya tersebut.

Taman Astina

Setelah pernikahan berlangsung, Lesmana Mandrakumara beserta Ratu Smerusuari sedang memadu kasih sebagai pengantin baru. Lesmana terlihat sangat senang karena selama ini ia selalu gagal menikah.
Ketika Lesmana tertidur pulas, Ratu Smerusuari kembali berubah wujud aslinya, yakni "Batari Durga" (dewa penggoda). Batari Durga merasa kasihan kepada Lesmana Mandrakumara dan ia hanya ingin menghibur hati Lesmana yang selalu gagal menikah. Batari Durga segera meninggalkan Lesmana yang sedang tertidur lelap untuk kembali ke kahyangan.
Lesmana yang sedang kehilangan istrinya segera memanggil dan mengutus Patih Sengkuni, Adipati Karna dan bala Kurawa untuk mencarinya.

Alun-alun Astina

Patih Lokadarga dan Patih Lokadarpa menerima kedatangan pihak Astina yang ingin mengetahui keberadaan Ratu Smerusuari. Akan tetapi, kedua Patih tersebut tidak mengetahuinya hingga terjadi peperangan di antara mereka.
Saat peperangan terjadi, tiba-tiba kedua Patih tersebut hilang lenyap dari hadapan para Kurawa. Patih Sengkuni curiga bahwa yang sebenarnya terjadi adalah musuh yang menyamar dan Patih Sengkuni mengutus para Kurawa untuk berjaga-jaga di sekitar area Astina.

Wayang_kuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang