SAYEMBARA BINGGALA

30 2 0
                                    


Alengka

Rahwana yg jatuh hati kepada dewi Sumitra putri Prabu kusumaraja dari Kerajaan binggala. Patih Prahasta diutus untuk melamar dewi Sumitra. Tetapi Prabu kusumaraja mengadakan sayembara. Siapa saja yg dapat mengalahkan Patih somalawan berhak mempersunting dewi Sumitra. Para raja penglamar kewalahan termasuk Patih Prahasta dan Patih Prahasta segera melapor ke Rahwana. Prabu Rahwana murka dan segera menuju ke Kerajaan binggala.

Kerajaan Binggala

raden Dasarata menghadap Prabu kusumaraja hendak melamar dewi Sumitra. Prabu kusumaraja beranggapan raden Dasarata telah memenangkan sayembara dan berhak memboyong putrinya. Prabu kusumaraja menerima laporan raden somalawan mati ditangan Prabu Rahwana. Rahwana pun datang yg ingin memboyong dewi Sumitra. Tetapi Prabu kusumaraja menolaknya dgn alasan sayembaranya sudah selesai. Rahwana tidak Terima dan terjadilah peperangan. Akhirnya Prabu kusumaraja mati ditangan Rahwana.

Taman binggala.

Raden Dasarata dan Dewi Sumitra sedang memadu kasih. Rahwana datang dan meminta Dasarata untuk menyerahkan dewi Sumitra. Raden Dasarata menolak dan terjadilah peperangan. Raden Dasarata kalah dan terkena sabetan pedang dari Rahwana. Dewi Sumitra segera membawa Dasarata pergi untuk mencari bantuan. Dewi Sumitra meminta bantuan kepada Prabu kekaya untuk menyembuhkan luka raden Dasarata. Prabu kekaya berhasil menyembuhkannya dan Prabu kekaya meminta agar bersedia menerima putrinya, dewi Kekayi sebagai istri.
Dan Rahwana berhasil dihalau oleh Prabu kekaya dengan kekuatannya.

Wayang_kuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang