"Kisah ini mengisahkan tentang Pernikahan Raden Harya Prabu dengan dewi Arumbini
(Raden Harya Prabu, ialah saudara Prabu Basudewa di Madura, putera Prabu Kuntiboja.)"Kerajaan Guwamiring.
Prabu Sasradewa kasmaran dengan batari arumbini. Ia telah mengutus Patih kaladirga ke khayangan mengirim surat lamaran, namun lamaran itu ditolak. Prabu sasradewa murka dan segera menggempur khayangan.
Mandura.
Prabu Basudewa beserta istrinya dihadap para kerabat Mandura. Prabu Basudewa membicarakan saudaranya yaitu harya Prabu yg meninggalkan Mandura tanpa sebab. Maka Basudewa segera mengutus Ugrasena dan pandu untuk mencari keberadaan harya Prabu.
Hutan Jatiroken.
Harya Prabu sedang bertapa memohon kepada dewata untuk diberikan jodoh. Batara indra akan mengabulkan permintaan tersebut namun dengan syarat bisa membantu mengusir musuh dari Kerajaan guwamiring. Pandu dan Ugrasena diutus Prabu Basudewa untuk membawa harya Prabu kembali ke Mandura. Harya Prabu akan kembali ke Mandura setelah mendapatkan jodoh. Namun ia terlebih dahulu mengusir musuh para dewa. Pandu dan Ugrasena bersedia membantunya menghadapi musuh.
Ditengah jalan.
Prabu sasradewa dan pasukannya menuju khayangan namun dihadap oleh harya Prabu, pandu dan Ugrasena. Hingga terjadi peperangan diantara mereka. Harya Prabu melaporkan kepada pandu bahwa ia kalah melawan raja guwamiring. Pandu segera merajah pusaka harya Prabu untuk bisa mengalahkan Prabu sasradewa. Harya Prabu akhirnya bisa membunuh Prabu sasradewa. Sebagai janji betara indra, betari arumbini diserahkan kepada harya Prabu untuk dijodohkan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Wayang_ku
Short Storykumpulan kisah kisah wayang Mahabharata, Ramayana dan cerita carangan (karangan) . . . Nguri nguri kabudayan jawi🙏 Like dan komen ya kawan😉