SUMPAH BANOWATI

167 9 0
                                    


Taman madukara.

Kegelisahan dewi Banowati yg akan dijodohkan dengan Duryudana. Dewi Banowati sangat mencintai Permadi. Ia dirundung duka harus menikah dengan Duryudana dan berniat mengakhiri hidupnya. Permadi membujuk Banowati agar menerima lamaran dari Duryudana. Banowati bersedia menerima saran dari permadi namun ia bersumpah bahwa hatinya hanya untuk Permadi. Banowati bersedia menjadi mata-mata kurawa untuk Pandawa.

Kerajaan Astina.

Prabu Duryudana dihadap patih sengkuni membicarakan kematian senopati Astina yaitu Prabu salya dalam perang Baratayuda melawan Pandawa. Prabu Duryudana sendiri akan maju menjadi senopati Astina melawan Pandawa.

Medan perang

Angga paksa dan sara basanta dipihak kurawa melawan jayasumpena dan para putra Pandawa.
Para pasukan kurawa kalah dan yamawidura melawan patih sengkuni. Yamawidura kalah dan mati ditangan sengkuni. Bima perang melawan para kurawa hingga akhirnya ia harus melihat mayat yamawidura. Bima murka ia segera mencari dan membunuh patih sengkuni. Akhirnya patih sengkuni mati ditangan Bima. Prabu Duryudana sebagai senopati Astina menghadapi bima. Terjadilah peperangan yang sengit. Dewi Banowati menangisi suaminya Prabu Duryudana yg tewas ditangan Bima. Kartamarma curiga kepada Banowati yg dianggap mengkhianati para kurawa. Ia segera menghajar Banowati dan menyeret menuju kapilatara.

Kapilatara

Kartamarma melaporkan kepada resi krepa bahwa Prabu Duryudana telah mati ditangan Bima. Banowati telah menjadi mata-mata para Pandawa sehingga mengakibatkan kurawa mengalami kekalahan. Kartamarma menginginkan Banowati untuk dipenjara. Resi Krepa mengingatkan kepada Aswatama dan kartamarma bahwa perang sudah berakhir dengan hanya sisa bertiga tidak bisa dianggap sebagai perang. Terjadi perdebatan antara Aswatama, kartamarma, dan resi krepa hingga Banowati berhasil melarikan diri.

Madukara

Aswatama dan kartamarma membunuh dewi srikandi dan Banowati dengan membabi buta. Mereka diselimuti rasa dendam atas kematian para kurawa. Namun mereka berdua diketahui oleh Bima dan akhirnya kartamarma dan Aswatama mati ditangan Bima.

Wayang_kuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang