Kerajaan amarta.
Para Pandawa menerima kedatangan sri Kresna dan anoman. Sri Kresna berpesan kepada para Pandawa agar Kerajaan amarta selalu sejahtera dan makmur. Tak lama kemudian Prabu sasradewa datang dan berniat untuk merebut Kerajaan amarta. Puntadewa menolaknya dan terjadilah peperangan.Alun-alun amarta.
Prabu sasradewa menyuruh Patih sengkuni beserta para kurawa mengahadapi para Pandawa. Sri Kresna beserta anoman segera mencari bantuan menghadapi Prabu sasradewa yg telah menyandra para Pandawa. Prabu sasradewa dan Patih sengkuni menuju padukuhan klampis ireng untuk membunuh kyai semar.Padukuhan klampis ireng.
Kyai semar bersedih hati karena bermimpi di klampis ireng terkena musibah banjir bandang. Abimanyu menghadap Kyai semar ia menyampaikan pesan dari resi Wyasa bahwa akan ada prahara di klampis ireng. Tak lama kemudian Prabu sasradewa datang ingin membunuh Kyai semar. Kyai semar menyatakan keikhlasan dibunuh oleh Prabu sasradewa bahkan mengusulkan agar dirinya dibakar hidup-hidup. Prabu sasradewa segera membawa abu Kyai semar ke astina.
Tetapi Kyai semar masih hidup ia merubah wujudnya menjadi ksatria tampan bernama asmarasanta. Anak-anaknya Gareng Petruk dan bagong merubah wujudnya menjadi prajurit pengawal asmarasanta menuju astina. Perjalanan Sri Kresna bertemu asmarasanta. Sri Kresna meminta bantuan untuk melawan Prabu sasradewa yg menguasai Kerajaan astina dan menyandra para Pandawa. Asmarasanta menyanggupinya dan segera menuju ke astina.Taman astina.
Dewi Banowati dan lesmanawati menerima kedatangan asmarasanta yg hendak memperistrinya. Dewi Banowati menolak hingga Prabu sasradewa datang dan segera mengusirnya. Akhirnya asmarasanta berperang melawan Prabu sasradewa dan akhirnya Prabu sasradewa kembali wujud semula yaitu betara guru yg hendak memberikan anugrah kepada Pandawa agar hidup damai.
KAMU SEDANG MEMBACA
Wayang_ku
Short Storykumpulan kisah kisah wayang Mahabharata, Ramayana dan cerita carangan (karangan) . . . Nguri nguri kabudayan jawi🙏 Like dan komen ya kawan😉