KIKIS TUNGGARANA

50 1 0
                                    


Tunggarana.

Adipati Kahana, patih Kumboro Wasesa, patih Kumboro Yudha berhadapan dengan patih Pancatnyana, Yayan Griwo dan Ancat Ugro. Terjadilah peperangan antara mereka. Adipati Kahana dan prajuritnya kalah dan segera menuju Pringgandani.

Taman Trajutrisna.

Dewi Hagnyanawati menerima kedatangan suaminya yaitu Bomanarakasura yg ingin merebut tanah Tunggarana. Prabu Krentagnyana, Samba dan Setyaki bersedia membantu Boma menghadapi Gatutkaca.
Pringgandani. Gatutkaca bersama istrinya dihadap bima dan dewi arimbi. Gatutkaca membicarakan keinginan Prabu boma yg ingin merebut Tunggarana yg masih menjadi bagian dari Pringgandani.

Tunggarana.

Sri Kresna berpendapat dalam menyelesaikan tunggarana dengan cara adu perang antara Boma dan Gatutkaca tanpa bantuan dari kedua belah pihak. Sri Kresna mengutus punakawan untuk mengawasi jalannya Adu perang tersebut.
Di tengah peperangan setyaki memukul Gatutkaca. Arjuna segera menolong Gatutkaca yg tidak sadarkan diri. Punakawan segera melaporkan kecurangan setyaki kepada antasena. Perjalanan setyaki dihentikan antasena hingga terjadi peperangan. Prabu krentagnyana membantu setyaki dengan ikuti menghadapi antasena. Punakawan segera melaporkan kecurangan Prabu krentagnyana kepada Bima. Bima murka dan segera mencari Prabu krentagnyana.
Sri Kresna menyesali perbuatan curang yg dilakukan para putranya. Sri Kresna dengan bijak segera memutuskan bahwa tanah tunggarana menjadi bagian dari Kerajaan pringgandani.

Wayang_kuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang