Widarakandang.Nyai sagopi dihadap Larasati sedang membicarakan putranya, udawa yg sedang kasmaran dgn dewi murtiningrum putri patih sengkuni dari plasajenar. Satyaki, patih pragota, patih Prabowo diutus kresna untuk memanggil patih udawa karena sudah lama tidak hadir di istana untuk menjalankan tugas sebagai patih di Dwarawati. Udawa menolak hingga terjadilah peperangan. Nyai sagopi memberi saran kepada udawa untuk meminta bantuan kepada Arjuna di madukara.
Madukara.
Arjuna dihadapkan kedua istrinya, Sembadra dan srikandi menerima kedatangan udawa. Udawa meminta bantuan kepada Arjuna agar bisa bertemu dengan dewi murtiningrum. Arjuna segera merubah wujud udawa menjadi ksatria tampan bernama bambang udawaka dan disuruh menuju plasajenar menemui dewi murtiningrum.
Taman plasajenar.
Dewi murtiningrum bersedih hati karena akan dijodohkan dgn Burisrawa. Datanglah bambang udawaka dan akan melamarnya. Dewi murtiningrum jatuh cinta kepada udawaka dan memadu kasih.
Plasajenar. Patih sengkuni menerima kedatangan sri Kresna, Baladewa, kurawa dan Pandawa. Patih sengkuni membicarakan putrinya yg akan dijodohkan dgn Burisrawa. Para Abdi melaporkan bahwa di taman ada seorang penyusup. Patih sengkuni segera mengutus para Pandawa menangkap penyusup tersebut.
Para Pandawa sedang berpura-pura menangkap penyusup tersebut yg aslinya sudah tau bahwa penyusup tersebut adalah Patih udawa. Penyusup tersebut berhasil ditangkap dan bambang udawaka kembali ke wujud semula yaitu patih udawa. Patih sengkuni merestui patih udawa untuk mempersunting putrinya, asalkan berhasil mengalahkan Burisrawa. Akhirnya para Pandawa berhasil mengalahkan Burisrawa dan mereka berdua pun akhirnya menikah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Wayang_ku
Short Storykumpulan kisah kisah wayang Mahabharata, Ramayana dan cerita carangan (karangan) . . . Nguri nguri kabudayan jawi🙏 Like dan komen ya kawan😉