Terjadilah peperangan antara Prabu Kumbakarna dengan pasukan kera. Rama Wijaya segera melepaskan anak panahnya hingga Kumbakarna gugur di medan perang.Kerajaan Tawanggantungan.
Para punggawa menghadap Prabu gordakumara (arwah Rahwana) penguasa tertinggi di Kerajaan tawang gantungan. Prabu gordakumara berniat melanjutkan mencari titisan Widowati. Kumbakarna mengingatkan kakak untuk menghentikan niatnya. Prabu gordakumara murka hingga Prabu Kumbakarna meninggalkan Kerajaan.
Ditengah jalan Prabu Kumbakarna dihadap istrinya, betari kiswani. Betari kiswani akan memberikan jalan keluar kepada Kumbakarna untuk bertemu adiknya, Wibisana dan mencapai alam kesempurnaan.
Pertapaan Candramanik.
Begawan Wibisana dihadap putranya, raden bisawarna. Begawan Wibisana memberitahu anaknya bahwa ayahnya akan menuju alam kesempurnaan. Bisawarna sangat sedih harus kehilangan ayahnya, akan tetapi ini sudah menjadi suratan takdir. Begawan Wibisana segera melepas 4 hawa nafsunya, merah/api, putih/udara, kuning/air, hitam/tanah. Kumbakarna bertemu dengan Wibisana dan menanyakan jalan menuju kesempurnaan karena sifat keangkara murkaan Rahwana. Kumbakarna mendapat pesan dari Wibisana untuk mencari kesatria yg santosa.
Di jalan, Arjuna digoda oleh 4 hawa nafsu akan tetapi ia sanggup melewatinya dan segera melanjutkan perjalanan mencari wahyu makutharama dengan dikawal oleh werkudara. Datanglah Kumbakarna dan ia meminta jalan kesempurnaan dengan cara membunuhnya. Terjadilah peperangan diantara mereka. Akhirnya arwah Kumbakarna telah disempurnakan oleh werkudara. Lalu datanglah gordakumara beserta pasukannya untuk mencari titisan Widowati namun berhasil dihalau oleh Anoman.
KAMU SEDANG MEMBACA
Wayang_ku
Short Storykumpulan kisah kisah wayang Mahabharata, Ramayana dan cerita carangan (karangan) . . . Nguri nguri kabudayan jawi🙏 Like dan komen ya kawan😉