Yang Patut Diirikan

8 0 0
                                    

Sekilas kita melihat bahwa rasa iri itu adalah sesuatu yang negatif. Namun tahukah jika rasa iri itu adalah sebuah bentuk potensi yang kita miliki untuk mencapai suatu tujuan? Kita bisa saja merasa iri dengan kesuksesan orang lain. Melihat itu, kita termotivasi untuk mencapai level yang sama dengannya. Rasa iri itu memicu kita untuk bergerak dan berusaha.

Jika kita berpikir bahwa rasa iri itu tidak baik, mungkin perlu dipikirkan lagi kebenarannya. Pasalnya, yang membuat tidak baik itu bukanlah rasa iri, melainkan bagaimana kita menyikapi rasa iri itu. Jika muncul rasa iri akan kesuksesan orang lain, lalu kita ingin menjatuhkannya, maka itu salah. Namun jika kita merasa iri, lalu berusaha untuk menjadi sama atau melebihinya, maka itu bukan sebuah kesalahan.

Sebagai tambahan, bagaimana cara kita untuk mencapai target itu juga menentukan baik tidaknya rasa iri yang hinggap. Jika kita menghalalkan segala cara dan tidak peduli dengan nasib sekitar kita selama berusaha, maka itu salah. Namun jika kita menggunakan cara yang jujur dan sportif, maka itu bukan sebuah kesalahan.

Kawan,
Biasanya, orang mengubah kata 'iri' pada sisi positif menjadi kata 'termotivasi'. Ya, jika dipikir-pikir lagi artinya adalah sama. Melihat hal tersebut, maka kita tidak bisa mengatakan bahwa iri adalah sesuatu yang buruk. Yang harus diperhatikan adalah apa yang kita lakukan setelah merasakan perasaan iri itu.

[Non Fiction] Menjadi Lebih BaikTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang