#FYI

6.6K 379 22
                                    

Wajib baca karena ini tentang masalah cerita ini juga, jadi gue bakal bahas tentang ini-itunya soal pesantren imajinasi gue.

Biar yang baca paham juga gitu apalagi yang gak tahu pesantren, pasti kalian bakal bingung gimana gitu kan.

****

Jadi, biar gue jelasin...

Kegiatan pesantren itu banyak, di mulai bangun harus jam 3 agar bisa solat tahajud atau mandi juga bisa biar gak ngantri lalu solat subuh dan setelah itu langsung berangkat ke kelas untuk ngaji. Setelah selesai boleh ngambil makan dan boleh mandi juga karena kalau kepagian bisa ngantri total jadinya kaga jadi mandi ntar.

Karena ini ponpes boarding school, jadi kegiatannya gak cuman ngaji tapi sekolah juga ada.

Disini aturannya, gak boleh bawa alat digital kecuali laptop itupun untuk tugas, kalo ngelanggar bakal kena hukuman, misal handphone aja. Nah si hp nya bakal di ambil terus di masukin ke aquarium di depan sang pemiliknya atau kalo lebih mau nangis darah di getok menggunakan palu secara live. Bayangin ketambah hpnya masih wangi baru ugh-
Itupun kalau sampai ketahuan bawa, kalau nggak berarti lo pinter ngumpetinnya.

Setiap mau ke kelas, ke ko'ah, ada yang dihukum, atau ada acara pasti nyalain bel dulu terus dihitung menggunakan bahasa sesuai jadwal, kesannya biar gak pada lelet dan bertele-tele. Hitungannya kadang 3-1 atau 5-1. Maksimal yang banyak itu 10-1 itupun ngitungnya gak santai gaada jeda embel-embel ayo.

Paginya sekitar jam 07:15 itu masuk sekolah dan disini sekolahnya kumplit kecuali SD sama TK gak ada. Istirahat sekolah itu jam 9 dan waktu istirahatnya 30 menit dan itupun di bagi-bagi. 15 menit buat solat duha sisanya jajan atau terserah.

Pulang sekolahnya jam setengah 1, dan langsung siap-siap pergi ke aula atau ko'ah kalau istilah anak pondok pesantren yang artian tempat solatnya santri putri dan kalau putra itu tempatnya di mesjid pastinya.

Setelah solat, dari jam 1 sampai masuk solat asar itu istirahat di kamar, ngambil makan siang atau kalau ada yang eskul ya latihan kalau mau tidur silahkan, mandi juga boleh banget daripada ntar ngantri kalo mandinya mepet pas mau masuk bel solat asar. Jadi intinya dari setelah selesai solat dzuhur itu sampai mau masuk asar itu adalah istirahat siang bagi para seluruh santri.

Setelah solat asar, di kasih waktu 5 menit buat ke kamar untuk mengambil barang yang ketinggalan atau siap-siap ngaji asar ke kelas. Jadi, setiap ngaji itu ada yang di kelas, aula, mesjid dan lapangan. Keputusan tempat itu ada di tangan guru, gimana nyamannya mereka mengajar karena katanya kalau terus menerus di kelas itu bawaanya pelor. Nempel molor.

Muhadasah:
Biasanya itu dilakukan setelah ngaji asar, kegiatannya di bimbing oleh kakak tingkat anak kelas 10, 11 SMK baik SMA. Perkelas masing-masing dua orang pembimbing, dan muhadasah ini juga ada yang dilapangan juga kelas dan selesainya tepat jam 17:00.

Lantas istirahat untuk sekedar mengumpulkan jasusan bagi yang di jasus, dan yang tidak memiliki masalah bisa diam di ko'ah atau jajan serta sebagainya hingga masuk waktu solat magrib di sertai bel berbunyi.

Kebiasaan sebelum solat itu harus tadarus terlebih dahulu dan setelah selesai solat sunah kobriah bisa melakukan solawat sambil menunggu imam ustadzah/ ibu kyai.

Lalu setelah selesai solat akan ada bel berbunyi tanda masuk kelas untuk ngaji magrib, selesai ngaji magrib itu tepat saat mau masuk solat isya dan detik itu juga akan ada bel tanda solat isya berjama'ah di ko'ah.

Dan setelah selesai yaitu tinggal istirahat malam dan ngambil makan juga sambil mendengar nama-nama yang terkena jasusan oleh orang-orang yang tadinya di jasus kemarin.

Hukuman yang terkena jasus itu:
1. Di bending, cuman pas malem tepat saat di panggil nama kalian itupun kalo nyamperin kalau nggak berarti yaudah tapi hukumannya bakal tambah berat kalau kalian gak dateng.
2. Disuruh menghafal mufrodat lalu di testnya ketika sudah pulang muhadasah yaitu tepatnya sore, tapi tergantung masuk jasusan bagian apasi di kasih mufrodatnya juga.
3. Disuruh ngejasus santri yang ngelanggar jasusan yang kalian masuk, bisa di suruh 2 atau 1 orang nyari yang kalian harus jasus.

Maaf menggunakan kata kalian karena kan gue disini menjelaskannya ke kalian yang lagi baca ini wkwk.

Jasus:
Seperti hukuman perbagian, jadi disini bagian yang termasuk di dalam organisasi osis itu berlaku wajib di taati. Yang termasuk bagian-bagian yang ada di jasusan itu, bagian bahasa, bagian kamananan, bagian ta'lim, bagian dapur dan bagian kebersihan.

Kenapa bisa masuk jasusan? Karena ada yang melanggar. Contohnya,

Bagian bahasa:
Tidak memakai bahasa inggris-arab, atau memakai bahasa inggris tapi ketika di jadwal waktu menggunakan bahasa arab begitupun sebaliknya. Yang paling berat hukuman di bagian bahasa itu yang menggunakan bahasa sunda. Karena kebanyakan bahasa sunda itu kasar yang menggunakannya.

Bagian keamanan:
Tidak memakai ciput, tak pakai nametag, kerudung ukuran S, jajan ke kantin di waktu jam ke kelas atau bukan waktunya dan mandi pun sama seperti jajan ke kantin.

Bagian ta'lim:
Tidak ke ko'ah, solat di kamar, tidak solat, tidak tadarus di waktu sebelum solat, mukena yang bukan warna putih dan tidak mengikuti solat sunah kobriah-ba'diah.

Bagian dapur:
Makan sambil berdiri, makan di kresek dan ngambil makan dua kali.

Bagian kebersihan:
Buang mantan sembarangan (sampah wkwk) dan ke toilet pake sendal.

Yang gak tahu bagian ta'lim, itu seperti anggota yang suka ngurusin hidup orang HAHA. Ngebangunin dengan cara yang tak pernah santai, hobinya memperhatikan orang-orang solat, pokoknya yang ngasih hukuman ke orang yang gak mau ke ko'ah.

Kenapa gue ngejelasinnya gitu karna gue dulu benci banget sama bagian itu njirr ew.

Kalau marbot pesantren itu ta'mir namanya. Ta'lim sama ta'mir derajatnya sama namun yang bedanya melakukan tugasnya, kalau ta'lim outdoor jika ta'mir indoor.


Nah setelah itu bel BM (Belajar Malam) tepat pukul 21:00, ke kelas untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah itupun kalau ada tugasnya tapi kalau gak ada diem aja atau lebih baik tidur.

Dan gak boleh berisik, soalnya kalau berisik ntar di marahin keamanan yang jaga di luar agar semuanya aman dan tenram ketika kegiatan belajar malam di mulai.

Selesainya yaitu pukul 22:00, dan di kasih waktu 30 menit untuk urusan ke toilet dan sebagainya. Setelah itu bel masuk ke kamar dan tidur.

Biar lebih jelas, setiap ada bel di waktu yang bukan dari kegiatan itu artinya bisa jadi ada acara atau orang yang di jemur di lapangan kayak si Amal tadi.

Selebihnya kalian bisa tanya di kolom komentar yang gak ngertinya dimana okay?

****

To be continued.

Impossible [GxG]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang