Jakarta, 2021
"Ini enggak mungkin kan sama punya penyakit seperti ini?" Tanya Rizky semakin tak berdaya.
"Pankreatitis adalah Gangguan organ lain yang dapat diindikasikan dengan sakit pinggang sebelah kiri adalah pankreatitis. Rasa sakit tersebut berasal dari perut bagian atas yang menjalar ke bagian pinggang. Rasa sakit yang dirasakan karena pankreatitis atau peradangan pada pankreas umumnya terasa tumpul dan bertambah parah saat makan, terutama saat mengonsumsi makanan yang tinggi lemak. Gejala lain yang dapat dialami adalah demam, penurunan berat badan, mual atau muntah, dan denyut nadi yang cepat." Jelas dokter tersebut.
"Dok terus apa yang harus saya lakukan , mana mungkin saya harus meninggalkan pekerjaan saya?" Rizky semakin down.
"Pak Rizky harus..Pengobatan Pankreatitis Akut
Pasien pankreatitis akut harus menjalani rawat inap di rumah sakit agar kondisinya bisa terpantau. Sebelum memberikan penanganan, dokter akan menyarankan pasien untuk berpuasa, guna memberikan waktu pemulihan bagi pankreas.Jika peradangan pada pankreas sudah mereda, pasien bisa mulai mengonsumsi makanan lunak. Konsistensi makanan akan ditingkatkan secara bertahap, sampai pasien bisa mengonsumsi makanan padat seperti biasa. Selain itu, dokter juga akan memberikan penanganan berupa:
Infus, untuk memberikan asupan nutrisi dan cairan.
Obat antinyeri, untuk meredakan nyeri.
Oksigen, untuk menjaga kadar oksigen dalam tubuh.
Antibiotik, jika pankreas dan organ di sekitarnya terinfeksi.
Setelah kondisi pasien stabil, dokter akan melakukan penanganan untuk mengatasi penyebab pankreatitis akut. Bila pankreatitis akut disebabkan oleh batu empedu, dokter akan mengangkat batu empedu melalui prosedur endoscopic retrogade cholangiopancreatography (ERCP) atau dengan operasi koleksistetomi.Pada pankreatitis akut yang disebabkan oleh kecanduan alkohol, dokter akan menyarankan pasien untuk mengikuti program rehabilitasi untuk mengatasi kecanduan alkohol.
Pasien pankreatitis akut ringan yang dirawat di rumah sakit biasanya akan sembuh dan bisa pulang ke rumah dalam waktu beberapa hari. Namun, pada pankreatitis akut yang berat, waktu perawatannya akan lebih lama, dan bahkan kadang pasien perlu dirawat secara intensif di ruang ICU.
Komplikasi Pankreatitis Akut
Penderita pankreatitis akut biasanya sembuh dalam waktu beberapa hari. Akan tetapi, bila tidak ditangani dengan baik, pankreatitis akut dapat menyebabkan sejumlah komplikasi berikut:Pseudocysts, yaitu munculnya kista atau kantung berisi cairan di permukaan pankreas yang meradang. Kista ini bisa hilang dengan sendirinya, tapi kadang bisa terinfeksi atau bahkan menyebabkan perdarahan.
Nekrosis atau kematian jaringan pankreas, akibat kehilangan pasokan darah. Jika hal ini terjadi, pankreas bisa mengalami infeksi.
Pada tahap lanjut, infeksi bisa menyebar ke berbagai organ tubuh dan menyebabkan sepsis serta kegagalan fungsi organ.
Pencegahan Pankreatitis Akut
Pankreatitis akut erat kaitannya dengan konsumsi minuman beralkohol dan batu empedu. Oleh sebab itu, pencegahannya dapat dilakukan dengan cara:Mengurangi atau berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.
Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.
Menghindari konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
Rutin berolahraga untuk mempertahankan berat badan ideal." Jelas dokter jelas dan membuat Rizky paham.Rizky semakin drop, mengapa di saat ada masalah selalu datang lagi masalah yang lain
Rizky keluar dari rumah sakit dan memilih untuk pergi apartemen dan bertemu dengan Arya. Kini hanya Arya yang menjadi alasan Rizky untuk bangkit.Di sisi lain
Lesti membuka bukunya dan dia memulai dengan menulis nama Rizky.
POV Lesti.....
Dia, ya dia adalah lelaki yang kini menjadi suami terbaik yang aku punya, aku sangat bersyukur atas nikmat yang telah di Berikan oleh Allah untuk aku,
Rizky Erlangga putra lelaki yang telah berhasil menerobos masuk ke hati ku yang sudah aku tutup rapat saat aku menunggu bang Ady, di saat aku di hina dan di acuhkan oleh bang Ady.
Pak Rizky, ya dulu aku memanggil nya dengan sebutan pak Rizky dia yang melindungi aku saat aku di hina oleh bang Ady.
Aku selalu meminta kepada Tuhan, jaga dia untukku dia suami terbaik yang aku punya. Aku sadar sekarang mas Rizky sedang mempunyai banyak masalah maka nya dia terlalu cuek. Tapi aku yakin dengan yakin yakin nya jika mas Rizky juga merasakan cinta yang murni datang dari hatinya.
Seperti pepatah bilang, batu yang keras akan lunak jika setiap hari terkena air walaupun airnya sangat kecil.
Arya Mahendra,,,,,,,
Anak kecil yang lucu yang kini dia memanggil aku dengan sebutan bunda, hati ku serasa bahagia, dan aku sangat berterima kasih kepada Allah setelah Allah memberikan suami yang baik untuk aku kini Allah telah memberikan anak selucu Arya.
Nak...
Bunda Janji akan selalu menjaga kamu, walaupun kamu bukan anak kandung bunda tapi bunda sudah sangat sayang dengan kamu, kamu matahari bunda nak.
Ya Allah terima kasih atas anugerah yang terbaik untuk aku
Untuk kalian yang membaca cerita aku, jangan pernah menyerah untuk menjalani kehidupan kalian walaupun setiap hari di terpa masalah bertubi-tubi tetap serahkan semua nya ke pada Allah hanya Allah yang mampu memutarkan balikan kehidupan kita.
Lestiani putri Mahendra.
"Alhamdulillah hari ini cerita aku sudah up lagi, semoga bermanfaat untuk yang membaca!" Aku melihat ke arah Arya di anak kecil lucu yang menemani aku saat ini bunda sangat sayang sama kamu nak.
"Assalamualaikum"
Author Pov
Lesti berjalan perlahan menuju depan pintu, antara takut dan was-was Lesti teringat dengan pesan Rizky jika ada yang mengetuk pintu jangan di buka selain Rizky.
"Lesti, ini gw Rizky!" Ucap seseorang dari balik pintu apartemen.
Lesti bernafas lega, ternyata yang datang adalah Rizky Lesti membuka pintu.
"Waallaikumsalam, mas katanya enggak ke sini?" Lesti mencium tangan Rizky.
"Lagi pusing aja, di rumah ada anak² jadi males dirumah!" Ketus Rizky masuk ke kamar Arya."Mas, aku bikin kopi dulu ya!" Lesti ke dapur dan membuat kan Rizky kopi.
Siang, berganti sore, sore berganti malam. Lesti yang sedari tadi siang hanya melihat Rizky murung, dia menghampiri Rizky dan perlahan membujuk Rizky untuk makan malam bersama nya
"Mas!" Panggil Lesti.
Rizky kaget dan memasukkan surat yang ia baca ke kantong saku nya.
"Ya?" Tanya Rizki balik.
"Mau makan?" Tawar Lesti tenang.
"Nanti aja belum paper! Mending Lo ah dulu nanti gw nyusul. Arya Udah tidur?"
"Aku duluan ya mas, Arya Udah tidur barusan! Mas aku yakin kamu bisa menghadapi cobaan yang setiap hari datang!" Lesti mengelus punggung Rizky
Rizky seakan hatinya di tampar, wanita yang selalu ia siksa masih saja baik dan setiap ada masalah hanya dia yang memberikan Rizky kekuatan.
"Lesti...." Rizky berlari dan memeluk Lesti,
"Aku menyesal, sudah membuatnya kamu seperti ini aku menyesal!!!" Rizky menangis di pelukan Lesti.
To be continued....
KAMU SEDANG MEMBACA
CINTA DALAM DIAM (END)✅
Nouvelles"kak, dia wanita baik kenapa sih Lo ketus banget!" ketus Ali duduk di bangku sebelah Rizky "all women are the same, material is just looking for my treasure! " ucapnya menengguk wine yang ia pegang. "tapi menurut gw lesti orang baik, wanita Solehah'...