Sebuah hal yang sudah lama hilang karena terlalu lama tidak pernah dilakukan membuat Mama sedikit terharu.
Hari ini tepat enam tahun meninggalnya Diana. Yulia berniat memasakkan Ghea dan Rhea yang sudah ia anggap anak. Mama membuat masakan yang menurutnya sudah lama ia tidak memasaknya.
Memasak sesuatu yang sahabatnya suka adalah hal yang sangat ia rindukan. Beberapa tahun terakhir ia jarang memasak masakan tersebut karena takut tidak dapat melupakan Diana. Sedih masih terasa tentunya, tapi hari ini sedih itu berubah menjadi bahagia karena ia memasak bersama dengan si bungsu.
"Mama ini bawang gorengnya dimasukin?"
"Ya enggak sayang kan udah digoreng. Nanti aja kalo udah jadi tinggal ditaburin."
Hari ini mereka memasak sangat banyak varian.
Mama yang membuat lauk dan Fey yang... Membantu.
Hanya sebagian kecil, tapi Mama begitu bahagia. Senyuman bahagia tidak luntur terpatri di wajah keriputnya.
"Selama ini mama masak sendirian nggak capek?" tanya nya sembari menggoreng nugget ayam.
"Semua hal yang mama lakukan nggak pernah bikin mama capek nak. Karena semuanya mama lakukan atas dasar hobi. Gak ada namanya paksaan."
"Bohong. Mama pasti capek banget. Pagi sampe sore mama kerja, terus pulang kerja mama mampir dulu buat kerja di Cafe temen aku. Terus pulang juga mama masih bikin kue." Gerutunya sembari membalik nugget.
"Seperti yang mama bilang tadi, mama gak pernah capek karena semuanya itu mama lakukan karena mama gak bisa nganggur. Mama gatel banget pengen ngapain gitu. Nanti kalo kamu udah dewasa juga paham."
"Ih Fey udah dewasa tau ma!"
"Apaan dewasa? Kamu bedain ketumbar sama merica aja masih bingung."
"Emang harus bisa bedain ketumbar sama merica dulu baru bisa disebut dewasa ma?" Mendengar tanya anaknya yang polos, mama terbahak.
"Ya enggak lah. Udah itu kamu terusin gorengnya, gosong loh?"
Kalau boleh jujur, Mama rindu. Rindu memasak bersama si bungsu, rindu bersenda gurau, rindu mendengar pertanyaan polosnya.
Ah... Sudah berapa lama ya hal itu Fey lakukan? Seabad yang lalu sepertinya.
"Ma abang berangkat dulu ya." Kegiatan masak mereka terusik karena suara Leo datang sembari menenteng tas.
"Loh sabtu ada kelas bang?" tanya Fey.
"Enggak, cuma mau nyolong wifi aja sih di kantin. Sekalian mau bayar listrik."
"Oh bentar nak mama ambilin dulu uangnya." Mama beranjak, tapi Leo menahannya.
"Enggak usah, Leo udah punya kok. Mama tabung aja buat beli oven baru."
"Ih uangnya abang aja yang ditabung. Biar bisa beli motor CRF."
"Beatnya abang gak butut banget kali ma ah. Udah ah abang pergi dulu."
Setelah Leo pergi, Fey mendekat pada Mama.
"Abang pengen banget beli motor CRF?" tanyanya polos. "Iya, soalnya katanya dia lebih cakep kalo pake motor yang sangar. Lagian beatnya itu kan gantian sama mama. Tapi, karena mama jarang pergi jadi buat abang aja."
"Loh motor ninjanya yang dulu mana ma?"
"Udah di jual dek... Soalnya waktu itu uang semesteran abang kamu belom di bayar dan mama lagi gak ada uang."
"Jadi sekarang motornya ada satu?"
"Iya sama mobil yang papa beliin buat abang. Sebenernya mau abang balikin tapi mama bilang nanti aja kalo abang udah punya mobil sendiri. Itu kan kado buat abang soalnya udah berumur 17 tahun."
KAMU SEDANG MEMBACA
DINERO
Teen Fiction"Bahagia kok karena uang. Bahagia tuh kalo lo sama gue nikah." Cae; 2020