November Paling Berat

21 3 0
                                    

Sebelum tahun ini berakhir. Aku ingin cerita tentang beberapa hal yang menurut aku bikin aku berhati-hati dalam bertindak. Tahun ini berat banget ya. Terlebih di bulan November ini. Iya nggak, sih? Aku nggak tau, cuma aku aja yang ngerasa atau kamu juga.

Ngomong-ngomong kamu apa kabar A? Pasti selalu menyikapi hidup dengan sangat sederhana. Tidak mengambil pusing segalanya. Kalo buat aku pribadi dari kesehatan mental fisik nggak baik. Fisik lagi dipaksa buat tidur lebih sebentar dari biasanya karena ngerjain banyak hal. Aku mulai ceritanya dari hari Kamis Minggu lalu aja, ya?

Jadi, hari kamis itu aku bangun cukup pagi buat belajar menjelas UTS mata kuliah yang pake aplikasi. Aku pelajari soal-soalnya pake sistem ngapalin soal awal sama jawabannya apa. Kaya contohnya tokoh ini, isinya ini ini ini. Dan aku takut banget waktu tau nilai aku dapat poin tertinggi. Aneh. Soalnya aku dapat nyelesaiin semunya dalam waktu sekitar 6 menit. Soalnya berjumlah 25. Nggak tau juga lupa. Kamu gitu juga nggak sih? Soalnya hidup itu kan perkara kita mampu. Bukan siapa yang tertinggi tapi nggak tau ini itu.

Dilanjutkan hari berikutnya yang mengurusi proposal tentang pengembangan ide usaha yang lumayan bikin aku pusing dan mata kuliah kedua nggak ada kabar. Eh tau tau sore dapat tugas deadline. Aku bingung waktu itu. Tapi kuputuskan ya udah semampuku. Belum lagi mengerjakan proposal lainnya yang bikin aku pusing. Sebab menghabiskan waktu cukup banyak. Bayangin aja aku memulai merevisi tapi nggak kelar-kelar.

Kalo mental, kayanya udah tahap stress, deh. Asli. Soalnya dari minggu-minggu lalu tuh UTS nggak kelar-kelar. Bikin hati makin ambyar. Berantakan nggak karu-karuan. Tapi aku tetap menikmati weekend dengan nugas lagi nugas lagi. Sampe ibu bilang gini A ke aku: nggak usah ngejar rangking jadi biasa-biasa aja.

Aku diam cukup lama. Sebenernya sih aku nggak ambisius karena niat kuliah emang mau cari ketenangan. Tapi emang bener tugasnya berat buat aku. Nggak berat banget sebenernya, cuma aku kaget ternyata kuliah itu gini. Setelah itu, aku ngelihat insta story salah satu teman yang buka question box bunyinya kurang lebih gini:

Dunia pertemanan di kuliah sungguh toxic anjir. Senggol dikit nyinyir.

Ya kaya emang iya sih, mengingat kuliah ini kaya ajang lomba padahal nggak. Karena aku tipe orang yang cepet-cepet ngerjain tugas biar tugas besoknya nggak  keteteran lagi gitu. Pagi ini juga temen-temen pada ngumpulin tugas mata kuliah yang kamu tekuni. Asli cepet banget aku ngerjain aja belum. Rencananya bakal konsultasi gitu sama kamu soalnya kamu bilang mau koreksi.

Masa depan itu ternyata nggak terduga ya. Aku masih harus menyatukan penelitian dengan berbagai revisi dari pagi sampai pukul 15.00 WITA karena akan melakukan rekaman jam 16.00 membantu kawan. Mungkin dia sedang mengikuti ajang videografi. Aku pikir, penelitian bisa dilanjutkan nanti karena kita butuh rehat.

Nggak apa-apa kalo kamu nggak bisa. Jangan dipaksa. Kalo dipaksa yang ada menyiksa namanya. Lagian ini cuma tugas. Meskipun pada mata kuliah ini kita harus serius mengingat ini pengganti UTS. Aku menunggu rekaman cukup sebentar ternyata. Sebelum magrib sudah pulang.

Di saat aku santai sejenak magrib, aku melihat ada seseorang yang mendm aku. Profilnya aneh. Seperti foto lama dengan username yang juga lama. Aku tidak sempat curiga karena ku pikir, oh iya dia kan pernah memposting jualan hp karena sepupunya jualan. Dia ngasih tau kalo ada video viral itu video aku. Aku bingung awalnya. Lalu di situ ibu menyuruhku berhenti bermain hp. Berhubung aku lagi pms, ya udah aku lanjut. Minta penjelasan dan dia ngirim link untuk login.

Awalnya aku klik emang video langsung ngisi user beserta password yang aku liat sekilas itu ada peringatan. Tapi namanya kalap gara-gara udah pernah nonton edukasi hati-hati wajah bisa diedit dan disalahgunakan yang waktu itu aku tonton ada empat wajah presiden amerika yang nggak ada yang asli. Dan, setelah nggak bisa login aku screenshot dan ngasih tau dia kalo aku nggak bisa login. Kenapa dia bilang saya login dulu. Ini aneh. Aneh banget.

KATA KITATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang