9. Latihan menafkahi

2.2K 162 3
                                    


Dua jam bimbingan belajar berlangsung sangat membosankan. Bagaimana tidak, Gus Zuhayr menyuruh ku mengerjakan 100 soal nahwu dalam waktu satu jam kemudian aku harus menjelaskan alasanku menjawab soal tersebut.

Ah kering sekali tenggorokan ini. Dianya enak-enakan ngopi sesekali menyesap rokoknya.

Ah mengesalkan!.

"Oke awal yang bagus. Karena kamu sudah setuju dengan kontrak belajar yang sudah saya jelaskan tadi, itu artinya kamu tidak keberatan jika kedepannya lebih dari ini" ucapnya membuat ku melongo tak percaya.

Ah sial, bisa-bisanya aku tadi melamun. Muya tolong Khalwa! Ingin ku berteriak!!! Aku meliriknya kesal.

"Horor Gus tatapannya" bisik kang Ari pada Gus Zuhayr yang masih terdengar olehku.

"Iya horor jadi pengen cepet nikahin"

"Kok gitu Gus?"

"Biar bisa nyongkel tu bola mata"

"Apa nyongkel nyongkel?" Ucapku memutus pembicaraan mereka.

Kesel tau ga, bisa-bisanya mereka membicarakan ku didepan mata ku sendiri. Pengen ku lempar kelautan.

"Kenapa wa? Kok marah-marah? Sudah belajarnya?" Tiba-tiba Jiddah datang dari ruang tengah.

"Sudah kok Jiddah" bukan aku yang menjawabnya, melainkan.. ya siapa lagi.

Suaranya yang sok manis dan muka sok ganteng itu bikin kesel banget.

"Sok sok ikut manggil Jiddah segala" gerutuku.

"Hus gaboleh gitu!" Protes jiddah disampingku.

"Menawi sampun, Monggo diaturi teng wingking riyin Gus. Niku mbak e Khalwa sampun masak katah wau enjing" (Jika sudah selesai, dipersilahkan kedalam Gus. Tadi pagi mbaknya Khalwa sudah masak banyak)

"Mboten usah repot-repot Jiddah. Niki nggih Kulo badhe nyuwun pamit rumiyin" (Tidak usah repot-repot Jiddah. Saya juga sudah mau pamit)

"Lohh mboten pareng nolak rejeki, Monggo Gus, Kang. Lawong nggih mboten repot" ucap Jiddah menggiring Gus Zuhayr dan kang Ari ke ruang makan. (Loh tidak boleh menolak rejeki, dipersilahkan Gus, Kang. Tidak repot kok)

"Khalwa! Ditemenin Gus nya" ucap jiddah.

"Ah males jiddah"

"Hayo loh.. ga baik sama tamu bersikap gitu!"

"Iya Jiddah iya" jawabku beranjak dari kursi.

"Monggo diecaaken Gus" ucap jiddah pada Gus Zuhayr yang sudah asik dengan makanannya.

"Ini" jiddah menyodorkan sepiring nasi yang sudah lengkap kepada ku.

"Mboten jiddah, Khalwa tasik Kenyang" (Tidak jiddah, Khalwa masih kenyang)

"Wes dimaem ae. Mariki kan Yo arep mulih, sopo terus sing arep mangan Iki" (Sudah dimakan saja. Sebentar lagi kamu juga bakal pulang. Lalu siapa yang mau makan ini semua)

"Loh Khalwa pulang nanti sore aja nggih"

"Katanya Buya mu kemarin pulang bareng Gus Kahfi ini wa! Bukan begitu Gus?"

"Ah nggih Jiddah. Kulo diamanati kaliyan kiyai Arham, dikengken ngateraken Ning Mahreen" Gus Zuhayr sedikit terkejut saat jiddah menyebut namanya. (Iya Jiddah, saya diamanati Kiyai Arham untuk mengantarkan Ning Mahreen)

"Tapi Jiddah!" Protesku.

"Wes iku dimaem sek" ucap jiddah membuat ku tak bisa menolak. (Sudah, itu dimakan dulu)

"Mahreen" [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang