A

1 0 0
                                    

Keesokan harinya Panwas masih melaksanakan seleksi perekrutan PKD, kegiatan tersebut berlangsung selama satu minggu lamanya, seperti yang terlihat pada pagi hari ini anggota Panwas sudah kumpul semua di Kantor untuk menunggu para peserta calon anggota PKD.

Ghina dan Algi mempersiapkan peralatan kebutuhan seleksi dan menyusunnya dengan rapih.

"Sudah beres semua Al?" tanya Pak Farhan.

"Sudah Pak, tinggal memasang wifi untuk pengisian google form buat para peserta yang kehabisan kuota," jelas Algi yang dibantu Pak Rifqi.

"Oh, bagus kalo gitu mah Al, awas pasang routernya nanti hati-hati!" ucap Pak Farhan mengingatkan.

"Sip, baik Pak."

Kemudian datanglah Pak Estu menghampiri Ghina.

"Bu Ghina, kalo ada waktu senggang jadi seksi dokumentasi ya, setiap peserta harus ada bukti fotonya, nanti setting kameranya dengan mencantumkan tanggal, tempat sama waktunya!" titah Pak Estu.

"Oh, muhun siap Pak kalo gitu mah."

"Pak Danang arsip lamaran peserta PKD nya sudah disimpankan?" tanya Buk Rere.

"Iya, sudah saya simpan dalam berkas arsip Buk," jawab pak Danang.

"Oh, sip pak ... Bu Ghina kalo sudah mendata nanti susun ya namanya berdasarkan huruf abjad supaya lebih mudah!" perintah bu Rere.

"Oh gitu ya bu, siap nanti Ghina laksanakan."

"Dari 17 Desa kayaknya baru masuk 6 Desa ya? Paling banyak mendaftar itu dari Desa Margalaksana, ada 5 kandidatnya," tukas pak Miftah sambil membuka buku absensi.

"Iya pak, mungkin untuk 11 Desa nya lagi hari ini sama besok bakal mendaftar, tenang masih ada waktu 6 hari lagi, iya Desa Margalaksana itu paling antusias mengikuti perekrutan PKD ini, banyak pengalamannya dari mereka, tapi nanti kita pertimbangkan lagi, karena yang dibutuhkan cuma satu orang dari setiap Desa." balas pak Farhan menutup obrolan.

Kemudian kami menjalankan tugasnya masing-masing, Pak Farhan, Pak Zafran, Pak Rifqi, Pak Miftah dan Bu Rere memasuki ruangan wawancara, Algi yang fokus dengan permasalahan google formulirnya, serta Pak Danang dan Ghina yang sibuk mendata berkas administrasi para peserta.

Usai mendata Ghina pergi memasuki ruangan seleksi wawancara untuk mendokumentasikan kegiatan hari ini, Ghina memotret Pak Farhan, Pak Rifqi, Pak Zafran dan Bu Rere yang sedang mewawancarai para peserta calon anggota PKD, sesekali ia membuatkan teh dan kopi untuk petugas yang mewawancarai, merapihkan dan menyusun map, serta membantu Algi untuk mengarahkan pengisian google formulir.

Kegiatan tersebut berlangsung sampai pukul setengah 12 siang, lalu istirahat kemudian dilanjut lagi jam 1 siang hingga berakhir pada jam 5 sore.

Hari kedua perekrutan PKD pesertanya cukup banyak yang datang, mereka ada yang dari Desa Sukatani, Sukamukti, Dayeuhmanggung, dan Desa lainnya yang berada di Kecamatan Cilawu.

Hingga Tak terasa sore hari telah tiba dan itu pertanda seleksi perekrutan PKD hari ini telah selesai. Usai kegiatan seleksi beres kemudian kami merapihkan, menyusun dan merekap data para peserta hingga menjelang maghrib.

Sore hari itu semburat jingga tertutupi awan yang mendung, menciptakan suasana sejuk dan langitnya ikut sayu, kemudian rintikan hujan pun turun ke permukaan membasahi genting Musala, Asrama Pondok, Kantor Panwas dan pohon mangga yang besar depan rumah Pak Rifqi, lalu suara adzan pun kian berkumandang.

Ini merupakan hari pertama Ghina bermalam di Kantor, menghirup udara petang dengan tenang dan menikmati  hiruk pikuknya suasana kepenatan.

ALIANSITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang