🎙️Sigma - Kupu-kupu Cinta
Happy Reading
-----
Suaranya merdu menentramkan jiwa, halusnya alunan takbir membuat terpana, hati seakan goyah. Mencintai apakah bisa hanya dengan bentuk suara saja?
Cut Ahya Zaheera
***
Ahya sudah siap dengan mukenanya, gema takbiran terdengar dari beberapa masjid di sekitaran kontrakan.
Hari ini gerhana bulan, jadi Ahya bersiap akan melaksanakan sholat ke masjid terdekat bersama Diman dan Salwa.
"Moza, aku sholat gerhana dulu ya. Kalo kemalaman kunciin aja rumahnya, aku bawa kunci serep ko." Moza mengangguk.
"Sip hati-hati ya."
Berdasarkan kesepakatan para ulama, hukum shalat gerhana adalah sunnah muakkad. Dalam artian, shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, sesuai anjuran dari Rasulullah SAW. Artinya: Jika kalian melihat gerhana tersebut (matahari atau bulan), maka bersegeralah untuk melaksanakan salat.
Salat kusufain dilaksanakan pada saat terjadinya gerhana, berdasarkan hadis antara lain,
عَنِ الْمُغِيرَةِ بنِ شُعْبَةَ قال انْكَسَفَتْ الشَّمْسُ يوم مَاتَ إِبْرَاهِيمُ فقال الناس انْكَسَفَتْ لِمَوْتِ إبراهيم فقال رسول اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ من آيَاتِ اللَّهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ ولا لِحَيَاتِهِ فإذا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حتى يَنْجَلِيَ [رواه البخاري]
Artinya: Dari al-Mughirah Ibn Syubah r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Terjadi gerhana matahari pada hari meninggalnya Ibrahim. Lalu ada orang yang mengatakan terjadinya gerhana itu karena meninggalnya Ibrahim. Maka Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua dari tanda-tanda kebesaran Allah. Keduanya tidak gerhana karena mati atau hidupnya seseorang. Apabila kamu melihat hal itu, maka berdoalah kepada Allah dan kerjakan salat sampai matahari itu terang (selesai gerhana) [HR al-Bukhari].
Gerhana bulan terjadi saat bumi, bulan dan matahari benar-benar sejajar dalam satu garis lurus ditinjau dari perspektif tiga dimensi dengan bumi berada di antara bulan dan matahari.
Dalam khazanah ilmu falak, gerhana bulan terjadi bersamaan dengan oposisi bulan-matahari (istikbal) dengan bulan menempati salah satu di antara dua titik nodalnya. Titik nodal merupakan titik potong khayali di langit di mana orbit bulan tepat memotong ekliptika, yakni bidang edar orbit bumi dalam mengelilingi matahari.
***
Di mesjid satu persatu jamaah memasuki masjid untuk mengikuti sholat gerhana berjamaah.
Gema takbiran masih terdengar, tapi dari tadi telinga Ahya mendengar satu suara dengan sangat fokus. Suara ini, suara adzan yang sering dia dengar di kontrakan. Suara muadzin favorit Ahya yaitu pemilik suara yang halus, lembut, dan merdu.
Sewaktu-waktu Ahya sengaja suka sholat berjamaah di masjid Al-Ihsan, masjid yang berada di belakang kontrakan. Setiap sholat Dzuhur dan ashar muadzin nya selalu orang ini. Ahya tidak tahu siapa orang yang digemari muadzin nya oleh Ahya, tapi seiring dia sering mendengarnya Ahya jadi tahu suara muadzin ini berbeda dengan muadzin lainnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
AYZA (Tamat)
SpiritualSPRITUAL-teenfiktion 🚫 Diambil positifnya buang negatifnya ^|^ Hidup itu antara takdir dan realistis, ketika manusia sudah tahu dia mau berjalan kemana dia akan tuju posisi itu walaupun keadaan menentang. Seperti Moza yang mulai penasaran dengan Is...