👻👻👻
.
.
.
.
.
Anggep aja apa yang udah gue lakuin kemaren sama Yilay membuat gue dapet karma. Keesokkan harinya gue dapet panggilan dari kantor BAK buat ngelunasin biaya belajar gue di kampus. Gue cuma bayar setengah duit dari biaya semester ini. Apalagi sebentar lagi gue akan UAS, dimana seluruh pembayaran harus lunas. Dan sialnya lagi dept kolektor kampus ini dengan ketusnya minta uang DPP yang kurang 50% itu juga harus dilunasi sebelum semester ini berakhir. Padahal perjanjian awal bahkan bisa dilunasin sebelum wisuda. Aneh banget kebijakan itu bisa dengan gampangnya berubah ya?
Jadi kira-kira uang yang harus gue setor sekitar 12 juta plus buat biaya semester depan. Mau jual ginjal pun eman gue. Kuliah nggak seberapa, bayarnya selangit. Apa gue bilang aja sama nenek buat jual tanah perkebunan belakang milik peninggalan kakek aja ya? Hidup gue susah kalo cuma ngandelin gaji dari kerja part time sama ngemis sayuran tetangga. Harian gue paling banyak pegang duit itu cuma 300 ribu.
Apa seharusnya gue mengundurkan diri jadi mahasiswa?
Cari kerja yang lebih layak, full tentunya dan gaji lumayan.
Gue kuliah pun cuma ngikutin tren temen-temen aja yang habis lulus SMA terus lanjutin kuliah. Gue nggak punya tujuan lain selain pencitraan status gue di masyarakat.
Gue cuma pengen jadi seniman. Mungkin seharusnya gue ikut kursus bukan jadi akademia.
***
Gue pulang dengan wajah lesu. Surat panggilan yang dilayangkan dari kampus gue remas sampe berbentuk bola trus gue selipin di kantung tas yang paling kecil. Gue nggak bisa buang gitu aja, gue butuh nominalnya buat gue inget. Gue pelupa kalau soal hitung menghitung.
Tumben langkah gue berat banget saat akan sampai di pekarangan rumah. Gue harap Yilay nggak balik lagi buat nungguin gue. Dan ternyata nggak. Cuma nenek yang lagi duduk di teras sambil nyeduh minuman di cangkir sambil tangannya memegang benang dan rajutan.
Gue nggak mungkin buat khawatir nenek gue soal masalah di kampus, lebih baik gue sambut dia dengan tersenyum. Itu lebih baik. Dan nenek balas senyuman gue. Keriput di wajahnya nggak menghalangnya untuk berekspresi. Gue bahagia kalau nenek gue bahagia.
Gue nyium kening nenek gue sesaat sebelum masuk rumah. Gue nggak akan malas lagi buat langsung mandi. Gue pengen cepet-cepet bersih dan istirahat. Mungkin luangin waktu sebentar buat gue nulis surat pengunduran diri gue ke bos minimarket. Gue mau ganti pekerjaan.
***
Belum-belum gue selesai nulis surat, baru juga sampai ke kalimat pernyataan, perasaan gue mendadak nggak enak. Gue kayak ngerasa ada yang nungguin di balik jendela gue yang udah tertutup gordyn dengan rapat itu.
Nenek gue juga nggak mungkin jalan-jalan malem. Ini udah hampir jam 9. Biasanya beliau udah tidur dan susah buat bangun terus dengerin suara aneh di sekitarnya. Pendengarannya udah banyak berkurang.
"Yilay?" lirih gue.
Itu pasti dia. Gue nggak mungkin nebak pocong atau kuntilanak. Cuma Yilay yang selalu gangguin gue lewat jendela.
KAMU SEDANG MEMBACA
MY HUSBAND IS A VAMPIRE
FanfictionSuami gue bilang dia adalah vampir. Dia bahkan mengaku bahwa telah membunuh nenek. Pria itu juga bilang kalau gue adalah pasangannya yang telah ditakdirkan. Tapi gue nggak bisa percaya begitu saja. Gimana gue bisa percaya, jika dia tiap hari kalunga...