Ditiap sekolah pasti aja ada tipe murid yang abis ujian perhitungan selalu : 1. Ngeluh karena enggak bisa ngisi beberapa jawaban dengan sempurna 2. Ribut pas jawaban enggak sama kaya temennya 3. Ngeluh karena jawaban yang dia isi ternyata beda sama yang lain dan 4. Tipe yang berperinsip kerjakan lalu lupakan.
Rikatii tentu berperinsip tipe terakhir, makanya pas yang lain rusuh karena beberapa jawaban enggak sama atau ribut karena enggak dikasih contekan, maka dia anteng aja merhatiin. Bukannya udah pinter atau gimana, lah soalnya aja lupa-lupa inget.
"Kemaren lo kemana enggak dateng?"
Tau pertanyaan itu ditunjukan ke dia, Cocona langsung beralih dari rangkuman materi mapel ujian untuk jam berikutnya ke Rikatii yang lagi natap dia. "Ketiduran, capek banget asli. Terus hp gue mati, tau-tau udah sore aja."
Aayan yang kebetulan denger sahutan Cocona itu langsung noleh, "Sayang banget padahal rame kemaren."
Cocona senyum, dalam hati sih ngerasa bersalah karena bohong. Tapi gimana lagi gak mungkin dia bilang kalo kemaren seharian sama Techi. Kaya gimana ya, belum siap sama reaksi temen-temennya yang pasti bakalan berisik banget, selain itu ada alasan yang agak pribadi baginya jadi gak bisa sembarangan diceritain. Nanti aja deh ceritanya kalo bener-bener udah yakin.
"Wuiihhh nih dia yang shombong bisa ngerjain." Celetuk Mion waktu Kojirin dateng ke kantin. Perhatian Aayan, Cocona sama Rikatii pun teralihkan.
Kapten Kojima yang sekarang lebih pinter dari sebelumnya karena diantara semua temennya ini dia keliatan percaya diri buat ujian. Ekspresinya aja tanpa beban, beda sama sebagian anak buahnya yang kusut sejak ujian pertama selesai.
"Ya jelas lah bisa ngerjain tanpa ngeluh kaya kita, les privatnya aja sama siapa dulu anyeeeng." Kompor Momorun.
"Udah lah jangan ngomongin ujian terus." Sungut Rikatii, dari tadi diantara ribut-ribut nyamain jawaban dia doang yang santai. Bukan santai sih tapi lebih ke gak tau harus ngomongin apaan karena terlanjur berpasrah diri. "Jangan dibawa kesini, cukup diruangan aja."
Berbalik dari sma Namba yang sas sis sus riuh rendah ngeluh, di sma keyaki keadaan sehabis ujian cukup kondusif. Beberapa ada yang ngediskusiin soal yang tadi dirasa susah, atau pada baca kisi-kisi ujian selanjutnya. Kantin yang biasanya riuh sama orang makan sekarang justru riuh sama diskusi berbobot tentang soal ujian. Cuma beberapa kedai yang buka, itupun bukan makanan berat. Murid yang ngeluh juga sebenernya ada, masih ada murid dengan sisi manusiawinya kok tapi enggak dominan aja makanya gak keliatan.
"Beuh padahal rame banget."
"Abisnya papa nyuruh gue ikut buat ketemu koleganya, padahal cuma maen golf doang." Bohong Techi ke Kage.
Memi di depan mereka cuma nyimak, rada anomali juga sih sebenernya denger Techi mau ikut ketemu kolega papanya. Maen golf pula, Techi kan kurang suka sama olahraga itu. Dulu aja sesekali pernah Memi ajak dan enggak pernah Techi mau berlama-lama. Pasti ngeluh kalo udah diajakin maen golf.
"Katanya abis uas mau pada ke puncak, ikut gak?"
"Ngapain?"
"Nyobain jadi mamang-mamang yang nawarin villa! Ya nginep lah!"
"Oh.. Kirain ngapain gitu."
"Ya kalo yang punya pacar sih pasti punya agenda tambahan lah, apalagi puncak kan dingin ye. Cihuuuyy..." Ledek Kage ke Memi.
Gak terima apa yang Kage ucap, Memi pun ngelempar sepotong kentang goreng ke arahnya sambil berucap, "Apaan sih!"
Techi tentu sadar dan ngerti candaan Kage itu, tapi dia gak tau harus gimana. Marah? Gak mungkin. Ikut ngeledek? Wey hatinya aja masih kretek-kretek luar biasa kalo sadar kenyataan Memi udah move on. Hal yang bisa Techi lakukan sebagai respon adalah cuma geleng kepala pelan sambil ketawa kecil.