Hari ini kali pertama hujan turun deras banget setelah seminggu lamanya cuaca panas terus. Dinginnya kamar Techi berpadu sempurna dengan dinginnya udara di luar. Sayanee ngehela nafas begitu masuk, nona mudanya itu keliatan meringkuk memunggungi pintu.
Jujur sih Sayanee pengen ketawa ngeliat gimana galaunya Techi hampir seminggu, tapi ditahannya kali ini. Kemaren waktu Techi maksa buat ikut Sayanee pacaran, Yuuri udah puas ngejek —sementara Sayanee menikmati doang, gak berani cuy takut di phk— Techi yang menye-menye gak kaya biasa, beneran sampe di goblok-goblokin dan Techinya gak bisa bales apa-apa padahal tiap mereka ketemu suka ada aja yang bikin ribut.
Bayangin aja Techi yang stoik, Techi yang dingin, Techi yang bisa bikin orang canggung cuma karena ditatap doang itu sekarang lagi pundung dengan wajah murung khas orang patah hati. Tapi itu masih mending, sehari setelah tau Memi jadian malemnya dia langsung mewek kejer dihadapan PA-nya sendiri.
Sayanee ketawa karena ini perdana Techi kaya gitu, dua taun dia ngurusin es batu sekarang cair juga wujudnya. Karena ngeri dapet karma akhirnya Sayanee berhenti ngetawain situasi nona mudanya.
"Cari yang baru lah geblek jangan mewek mulu kaya begini." Kata Yuuri waktu itu. "Move on lah."
"GUE ENGGAK MEWEK!!" Serunya penuh emosi. Nadanya enggak terima. Techi sengaja cemberut. Tangannya terlipat diatas dada sambil membuang muka. Sesekali batuk parah karena asep bakaran dari sate taichan yang kena angin ke arahnya kehirup, maklum baru kali ini dia beli sate lalu makan di tempat, mana pinggir jalan kaya gini.
Salah sendiri maksa ikut.
"Susah kayanya, orang sekelas sama anaknya." Timpal Sayanee.
"Sekolah tinggal beberapa bulan. Abis uas kan kenaikan kelas lo pilih aja biar enggak sekelas lagi."
"Berisik! Jangan ngomong lagi lu."
"Diih galaknya..." ledek Yuuri sambil pura-pura takut, abis itu ketawa. Terus makin diledekin.
Nginget itu Sayanee jadi pengen ketawa lagi, abisnya lucu sih. Simpati jelas udah Sayanee tunjukin saat itu juga dengan ngasih semua perhatiannya, sayang aja Techi kadang enggak ngerespon dengan baik.
"Gak les lagi hari ini?" tanyanya memastikan. Tujuan masuk kamar tuh ya ini nanyain kepastian jadwal yang acak-acakan beberapa hari belakangan.
Techi enggak nunjukin pergerakan, bersuara apalagi.
"Yaudah miss kasih kelonggaran, tapi cuma sampe hari ini. Mulai senin depan harus ngikutin jadwal lagi kaya biasa. MAU GAK MAU YA?"
"Terserah." Gumamnya pelan.
.
.
.
.Nah kalo ditanya gimana keseharian Rikatii di sekolah setelah tau kalo Kojirin sama Memi udah resmi jadian maka bisa dibilang keliatan biasa aja, bahkan seminggu setelahnya pun itu anak udah bisa haha hehe bareng Kojirin maupun yang lain.
Luka sih ada, tapi lagi proses menyembuhkan. Cara yang dipilihnya adalah berusaha buat enggak peduli, ikhlas? Oh tidah semudah itu ferguso. Perasaan enggak rela itu masih ada kok, masih dominan tapi Rikatii enggak begitu nunjukin. Yang lebih penting mereka (sahabat satu gengnya) enggak ngungkit sih, kalo ceng-cengin Kojirin mah udah duluan pas besoknya abis nembak, kesini-kesini mereka tau diri kalo masih ada yang patah hati.
Lebaynya nih Rikatii lagi dalam fase tertawa tapi dalam hati menangis.
Aayan sempet mikir apa mereka tega karena bisa dibilang berbahagia diatas penderitaan orang lain kalo ikut seneng atas jadiannya Kojirin sama Memi? tapi setelah dikaji ulang ya itu resiko sih dan diluar itu mereka enggak ada hubungannya.