25

349 37 50
                                    

Sebagai murid kelas 3, kegiatan Rika enggak jauh-jauh dari persiapan UN sama belajar tambahan. Berhubung UN hanya sisa 40 hari lagi, sekolah juga memfasilitasi kegiatan belajar yang 'diperpanjang' biar nantinya lancar.

Pulang sore udah jadi tanggungan yang hampir tiap hari dilakonin Rika. Biasanya biar enggak kejebak macet pas pulang, Rika suka naek capung. Tapi hari ini kebetulan enggak, entah apa alesannya kenapa orang tuanya terkhusus hari ini uni enggak nurunin izin.

"Gue tungguin dari tadi, lama amat." Seloroh Manaka.

Rika jelas ngedenger, karena barusan dia lewat dihadapannya lalu bisa ditebak Manaka ngikutin dari belakang.

"Hari ini pulangnya sama gue." Ucapnya lagi. Tapi Rika lagi-lagi enggak ngegubris, biarin aja Manaka ngomong sepuasnya.

"Gak bakalan ada yang jemput lo."

"Gue bisa pulang sendiri." Jawab Rika dingin.

"Pake apa? Jalan kaki hah?" Sindir Manaka. Langkahnya yang udah sejajar itu bikin ucapan tadi bener-bener terdengar menyebalkan ditelinga Rika.

"Jangan protes, ayo pulang."

"Apa sih?! Lepas gak?!" Rika berusaha meronta begitu Manaka narik pergelangan tangan dia.

Murid kelas 3 yang juga pada mau balik langsung bisik-bisik tetangga. Sejak keributan di kantin kemaren itu, Rika sama Manaka udah jadi bahan gibahan di seluruh penjuru sekolah meskipun alasan mereka ribut belum jelas.

Mobil Manaka udah keliatan ada di lobi begitu keduanya nyampe. Rika langsung dimasukin ke mobil dengan paksaan, geraknya buat kabur terbatas karena pintu mobil yang barusan dia masukin ditahan sama mas-mas petugas yang biasa bukain pintu mobil dari luar biar Rika enggak keluar.

"Gue juga nganter lo kaya gini terpaksa." Ucap Manaka memulai percakapan ditengah heningnya mobil.

"Lo bisa nolak."

"Kalo bisa pun gak bakalan gue nyamperin lo kaya gini. Ngerepotin tau gak."

Rika mendelik enggak suka. Semenjak mereka menjarak, rasa kesal tanpa sebab ke Manaka selalu muncul dan menumpuk tiap ketemu atau papasan.

Ditengah keheningan iseng Manaka muncul. Sebelumnya dia ngeliat dulu situasi sekitarnya, aman. Pelan-pelan dia nginjek gas mobil biar kecepatannya naik.

Rika mendelik karena ngerasa mobilnya makin kesini makin kenceng. Apalagi sadar kalo jalan yang mereka lewatin bukan jalan biasanya. "Lo modus doang kan ngejemput gue?"

"Hah? Apa? Modus? Jangan geer lo."

"Buktinya lo ngejemput gue pulang make jalan ini."

Manaka lupa kalo jalan alternatif yang lagi dilaluinya ini emang jarak paling jauh dan agak lengang buat keduanya sampai rumah. Tapi alesan dibalik itu bukan mau modus, tapi Manaka lagi pake mobil kesayangannya dan gak mau ngelewatin ramainya jalanan.

Dia sayang mobilnya lebih dari apapun. Takut kena baret karena kejebak macet dan desak-desakan sama kendaraan lain. Makanya dia pake jalan alternatif ini meskipun makan waktu lama buat sampe rumah.

Manaka muter otak nyari alesan supaya Rika enggak menang sama argumen soal modusnya.

"Gue cuma mau ngebut disini." Kata Manaka akhirnya ngeberaniin diri, padahal tiap dia kebut-kebutan pake mobil ini selalu di sirkuit yang disewanya, bukan jalanan umum.

Kebetulan jalanan di depannya agak lurus dan sering dipake trek balap liar mobil kalp malem minggu, Manaka beneran ngeberaniin diri sekarang soalnya ke trigger. Jalan satu-satunya buat ngebuktiin biar dia enggak disangka modus adalah nekat ngebut.

YOLO!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang