Genta Perjuangan

213 13 0
                                    

/1/


Sebermula adalah sekumpulan muda-mudi yang terselimut rasa canggung sekadar menetaskan ide dan pemikiran, terhantui ketakutan sekadar menggaungkan gema tanah air, terlalu khawatir sekadar menjadi manusia yang sebenar-benarnya bebas-merdeka yang di kepalanya merekah ranum idealisme, yang di jagad pikirnya menderas semangat progresivitas.
 
Terpujilah semangat perjuangan yang meramu setiap sukma menjadi insan-insan Indonesia: kesatuan entitas yang sebenar-benarnya bebas-merdeka untuk merahimkan setiap ide dan pemikiran besar, yang sigap dan khidmat menggaungkan gema tanah air, yang di dalam tubuhnya tumbuh idealisme dan progresivitas.

Terpujilah semangat perjuangan!
Terpujilah spirit Indonesia!




/2/


Sebermula adalah pribadi-pribadi yang di dalam sukmanya dinahkodai oleh segenap ego, insan-insan yang memutuskan acuh tak acuh terhadap dunia. Sebermula adalah jiwa yang dituntun oleh individualisme dan tubuh-tubuh dengan rasa nasionalisme yang menghilang ke udara.

Teristimewalah!

Teristimewalah perjuangan yang pada akhirnya menjadikan kita sebagai satu keluarga, yang memetamorfosakan segenap sukma menjadi jiwa-jiwa dengan moral Pancasila, patriotisme dan nasionalisme yang agung, semangat berdikari yang luhur dan segenap pemikiran kemajuan yang meranum tumbuh di dalam tubuh.

Teristimewalah semangat perjuangan! Teristimewalah spirit Indonesia!

Manuskrip Rumah ApiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang