Mulanya tuh gue berpikir Richard itu termasuk yang tegaan, yang gegabah dalam ngambil keputusan. Ternyata nggak. Selama lagi diperjalanan tuh jiwa kepo gue kembali muncul, terus aja maksa si Faresta buat cerita segala macem hal tentang Richard karna gue gak bisa maksa cowok yang satunya lagi buat cerita karna dia tuh sejak awal kebanyakan diemnya sampe gue mikir apa dia lagi puasa ngomong atau gimana. Gue jadi kagak enak sendiri mau memulai obrolan, takut aja gitu bawaannya. Takut dikacang men.
Btw, orang yang gue maksudkan itu si cowok berwajah cantik yang semalem bawa dua pedang sekaligus. Sekarang juga sih. Dia juga sekarang ini emang sengaja disuruh ikut buat jagain gue, buat mastiin gue tetep dalam keadaan aman pas kembali pulang ke kerajaan nanti. Gue ngehela nafas pelan terus ngelirik si Faresta lagi, nggak sadar udah merengutin bibir tapi tangan gue masih sibuk ngusap-ngusap leher kuda berwarna hitam di dekat gue.
"Yang Mulia Raja bukanlah orang yang sembarang dalam mengambil sebuah keputusan, Baginda Ratu. Baginya hukuman adalah mutlak, tetapi ada kompensasi bagi mereka yang terpaksa dalam melakukannya."
Lagi-lagi gue cuma bisa diem, cengo. Gue cuma bisa dengerin dan ngeliatin si Faresta yang sejak tadi bolak-balik gak bisa diem, lagi mindah-mindahin beberapa kantung beras dan bahan makanan lain dari dalam kantung yang dibawa kuda ke dalem sebuah rumah sederhana di perbatasan kota yang jaraknya cukup jauh. Rumah berbahan dasar kayu alami yang serat-serat di dalemnya tuh keliatan, bagus banget meskipun nggak di cat berwarna-warni. Rumahnya tuh jadi lebih mirip kayak rumah yang ada di dongeng-dongeng televisi. Bagus dah pokoknya.
Btw, gue dan dua orang lainnya ini lagi di depan rumah yang di huni sama Lucas. Iya, bener. Pagi tadi tuh seperti biasa gue maksa buat ngikut si Faresta bertugas, ngerengek dengan susah payah sama si Richard supaya dibolehin ikut. Seperti yang kalian tau, awalnya Richard jelas aja nolak keras. Apalagi gue lagi hamil muda dan dia takut gue kecapean ataupun kenapa-napa pas di jalan disaat dia gak bisa nemenin, harus ngadirin perjamuan penting para Raja negeri lain.
Saking gak maunya, dia tuh bahkan hampir ngunciin gue di dalem kamar karna gue yang kekeh buat ikut meski tau di dalem perut gue ini ada jabang bayi yang harus dijaga. Gimana ya, jiwa kepo gue kadang tuh gak bisa ditahan, susah diilangin dan gue juga kepikiran sama nasibnya si Lucas setelah dia dihukum kemaren. Gue masih aja kebayang-bayang dia yang nangis sambil mohon-mohon. Setelah sibuk ngerengek ini itu dan ngeluarin banyak jurus yang sebenernya bikin gue jijik sendiri, pada akhirnya sih dia luluh juga pas gue minta buat percaya kalo gue bakal jaga diri sekaligus jaga bayinya. Sekaligus juga menjanjikan sesuatu ke dia biar semakin luluh.
Ekhem.
Pokoknya gitu deh.
"Hukuman sesungguhnya bagi orang yang mencuri adalah memotong satu lengannya, tetapi paduka Raja justru memberikan kompensasi dengan memotong pergelangannya serta benar-benar menebus Adiknya dari Saudagar Kaya." Faresta natap gue sebentar, terus berlalu buat ngambil sisa barang yang ada. "Dia melakukan kesalahan dengan bukti yang kuat, jadi tak perlu ada perembukan lagi. Salah tetaplah salah. Hukuman tetap hukuman. Bila saja beralasan bisa membuatmu terlepas dari jeratan hukum, maka untuk apa hukum itu dibuat? Terkecuali bila dia memang tak melakukan kesalahan." Faresta masih sibuk ngoceh seperti yang gue minta, masih sibuk mindahin barang juga.
"... seharusnya dia mendatangi Yang Mulia Raja secara langsung, meminta bantuan bukan malah mencuri untuk mendapatkan uang dengan menyusup ke dalam kerajaan. Lucas pasti sudah tau konsekuensi apa yang akan dia dapat bila melakukan perbuatan itu. Baginda Ratu telah salah memahami maksud Yang Mulia Raja."
Iya iya, gue ngaku salah.
Seharusnya gue tau, pasti ada alasan kenapa Richard berlaku seperti itu kemarin. Gue jadi agak nyesel karna sempet diemin dia, gak mau diajak ngobrol dan bahkan nolak pas dia ngajak gue bercinta. Tapi jujur aja, gue kemaren emang rada gak terima sama sikap dan keputusannya dia ke Lucas. Gue pengennya dia gak ngasih hukuman apapun, kasian gitu. Lucas masih kategori anak dibawah umur dan dia juga terpaksa ngelakuin itu.
KAMU SEDANG MEMBACA
raja chanyeol •chanbaek• [END]
Short StoryGue kira dia itu cuma cowok mesum dengan dandanan ala Raja yang menggelikan, tapi setelah dia dengan terpaksa tinggal di kosan. Gue tau, dia bukan Raja boongan. "Hai wanita cantik, maukah kau menjadi Ratu dan bersanding denganku di singgana istana...