Anya dengan sikap tenangnya menghampiri Rachel yang sudah pasti akan memanggil dirinya.
Rachel memperhatikan Anya dari atas sampai ke bawah. Ia tersenyum.
"Makin cantik ternyata."
Anya meliriknya sinis. Ia mendesah berat. "Ada apa?" tanyanya dingin.
"Mau bilang makasih karena lo nggak ikut ke Bali kemarin."
Anya tersenyum tenang. "Udah puas jalan sama Abi?"
"Sedikit. Gue rasa Abi juga nikmatin." Rachel melipat tangannya di dada.
Anya maju selangkah mendekatinya.
"Selamat ya kalo gitu," jawab Anya sambil tersenyum.
Sementara Billa dan Dira menatapnya khawatir. Sikap Anya terlalu tenang. Sera dan Melly menghampiri mereka.
"Anak-anak pada nanya tau di belakang. Kata mereka si Rachel ngapain nemuin Anya ke sini, gara-gara Abi apa gimana gitu," kata Sera memberikan informasi.
"Padahal anak-anak juga tau kalo Anya sama Abi pacaran. Ya mereka taunya pacaran sih bukan nikah. Mereka jadi agak kesel gitu sama Rachel," sambung Melly setengah berbisik.
"Bagus kalo gitu. Biar orang pada tau, yang nggak pantes sama Abi itu ya Rachel ini," cibir Dira sinis.
"Kita liat aja gimana Anya ngadepin Rachel. Makin menarik," gumam Billa.
Anya kembali ke dalam kelas, dengan Rachel yang masih berada diambang pintu, menatapnya dengan kesal.
Setelah duduk dibangkunya, Anya sempat melirik Rachel yang kemudian meninggalkan kelas itu. Anya tetap bersikap tenang.
"Ngapain tuh anak?" tanya Dira.
"Mau mancing emosi gue. Biarin ajalah," jawab Anya tak acuh.
"Sahabat gue makin berkelas emang." Billa memeluk Anya dari samping.
"Gue harus tegar dong. Gue sama Abi bukan pacaran lagi. Gue harus kuat pertahanin rumah tangga gue. Hahaha berat ya bahasa gue," kata Anya menghibur diri.
*****
Selepas kelas berakhir, Rachel memilih untuk menyendiri di perpustakaan.
"Anya semakin nggak bisa dikalahin," gumamnya pelan.
Rachel mengacak-acak rambutnya kesal. Ia meraih ponselnya dan membuka galeri foto. Ia melihat foto-foto sewaktu di Bali kemarin. Beberapa foto Abi yang ia ambil diam-diam.
Semakin kebawah ia melihat foto, ia menemukan foto saat dulu masih berpacaran dengan Abi. Semuanya masih ia simpan rapi di memory card ponselnya.
"Lo yang dulu sama yang sekarang nggak ada yang berubah Bi. Kenapa juga gue makin cinta sama lo."
Rachel menelungkupkan kepalanya. Matanya terpejam. Ia kembali mengingat masa lalunya saat dulu masih bersama dengan Abi. Masa lalunya yang manis.
Rachel dan Abi berjalan-jalan menikmati indahnya pantai Jimbaran di Bali. Ya, Rachel sedang ikut dengan keluarga Abi liburan, walaupun mereka baru tiga bulan berpacaran. Orang tua Abi sangat menyukai Rachel yang sopan dan manis.
"Woaaahh! Aku akhirnya ngeliat pantai. Bosen tau nggak sih sama sekolah!" pekik Rachel kegirangan.
Rachel membiarkan kakinya tersapu ombak, sambil sesekali berlari kecil. Abi mengikutinya dibelakang.
Rachel berjongkok di depan hamparan pasir basah. Dan mulai menulis nama Abi dengan tanda hati di sebelahnya.
"Abi, fotoin aku sama tulisan ini cepet! Sebelom ilang tulisannya kena ombak."
KAMU SEDANG MEMBACA
BIG [Completed] ✓
RomanceGendut? Haruskah jadi masalah? Niana Beatarisa yang biasa dipanggil Anya, adalah seorang youtuber yang mengcover puluhan lagu. Pengikutnya bahkan sudah mencapai 5 juta! Namun dengan penampilannya yang membuat ia minder, ia tidak pernah menunjukkan w...