Pagi ini gue bangun lebih dulu dari Jaehyun, setelah semalem kita berdua nangis dan bener bener numpahin semua emosi kita, dan belajar buat ikhlas serta berhenti dari keterpurukan ini, insyallah hari ini kita berdua siap buat memulai hari yang baru dengan ketabahan.
Gue harus mikirin keadaan keluarga gue juga, gue gak boleh terus terusan sedih, gue gak boleh egois.
Bener kata Kak Jungwoo, anggota keluarga gue yang lain juga butuh gue, anak anak gue pasti ngelewatin semua ini dengan tidak mudah, dan gue harus menghentikan semua ini.
Gue harus menjalani hari seperti biasanya lagi, menerima takdir dan ikhlas sama jalan yang udah Tuhan kasih. Ini udah yang terbaik, dan gue harus percaya itu.
Sekian lama rasanya gue susah buat senyum. Tapi pagi ini, gue tersenyum saat liat wajah Jaehyun yang keliatan tenang banget, dia masih tidur.
Mata dia bengkak, pasti gara gara nangis semalem.
Gue ngusap mata Jaehyun pelan, sampai tiba tiba Jaehyun ngebuka mata nya dengan perlahan.
Dan pagi ini, akhirnya gue bisa senyum tulus dari Jaehyun. Senyum lembut yang selalu bikin gue tenang, nyaman dan bahagia.
"Mau pergi kerja?" Tanya gue.
Jaehyun narik gue buat semakin dekat sama dia, terus dia geleng geleng. "Mau di rumah aja, kangen."
Gue terkekeh, jujur gue juga kangen sama dia. Selama ini gue lupa sama semua nya, kesedihan ini bikin gue lupa sama keadaan sekitar, termasuk keadaan Jaehyun dan anak anak.
"Aku mau mandi, terus siapin sarapan. Kangen masakan aku gak?" Tanya gue.
Jaehyun ngangguk, "Kangen banget. Tapi aku juga kangen peluk kamu kaya gini, gimana dong?" Tanya Jaehyun.
"Nanti peluk nya, aku mau mandi terus masakin sarapan dulu. Aku juga mau cek keadaan anak anak, aku kangen mereka."
Jaehyun ngangguk terus ngelepasin pelukan nya, gue ngecup bibir nya sekilas terus jalan ke kamar mandi.
Selesai mandi gue langsung ke dapur, mau bikinin sarapan buat semuanya, sedangkan Jaehyun lagi mandi.
Pas sampai dapur gue liat Nara lagi serius masak, dia bener bener ambil peran gue selama ini. Gue salut sama dia, dan gue bener bener beruntung punya dia.
Gue meluk dia dari belakang, dan reaksi nya kaget banget. Dan pas tau kalau yang meluk itu gue, dia langsung balik badan dan balik meluk gue.
"Bunda kangen Nara deh." Kata gue.
Nara nangis di pelukan gue, gue langsung ngelepasin pelukannya dan nangkup kedua pipi nya. "Kok nangis? Jangan nangis, gak boleh nangis. Kita mulai lembaran baru dan mulai terima semua ini, ya? Kita ikhlasin semua yang udah terjadi, dan maafin Bunda yang udah buat kamu kesusahan."
"Bunda gak buat Nara kesusahan kok. Nara kangen banget sama Bunda, akhirnya Nara bisa liat Bunda dan ngerasain kehangatan dari sosok Bunda lagi."
Gue ngangguk, "Udah jangan nangis. Kita masak bareng, Bunda kangen masak sama kamu." Kata gue.
Kita berdua mulai masak, sampai satu persatu anak gue turun dan nyamperin gue di dapur. Reaksi mereka semua sama pas liat gue, mereka semua langsung meluk gue dan nangis.
Jadi sedih dan merasa bersalah udah buat mereka kaya gini, pasti ini semua berat buat mereka lewatin.
Sekarang semua udah pada kumpul di meja makan, tinggal Seojun, dia belum turun juga sampai sekarang.
"Abang kalian mana?" Tanya gue.
Nara, Sehyun, Jeehoon dan Jeha, mereka malah saling lirik lirikan. Gue sama Jaehyun malah bingung, dan perasaan gue tiba tiba gak enak.
Pasti ada sesuatu yang terjadi sama Seojun.
"Hei, kok malah diem. Bang Seojun mana? Kok belum turun sampai sekarang?" Tanya gue.
Nara menghela nafas, "Sebenernya udah beberapa hari ini Seojun sakit, Bun." Jawab Nara.
Gue sama Jaehyun langsung melotot kaget, Seojun sakit?!
"Sampai sekarang Seojun masih nyalahin dirinya soal kegugurannya Bunda."
Gue gak jawab dan lebih milih buat langsung lari ke arah kamar Seojun, gue khawatir sama keadaan nya. Jaehyun juga ngikutin gue, kayanya dia juga gak tau kalau Seojun lagi sakit.
Kita berdua masuk ke kamar Seojun dengan tergesa gesa, dan pas gue sama Jaehyun buka pitu kamar nya, kita berdua liat Seojun yang lagi tiduran dengan keadaan lemas.
Astaga, gue gak tau sama sekali sama keadaan Seojun.
Seojun tiduran, tapi dia udah bangun. Dan dia langsung ngerubah posisi nya jadi duduk pas liat gue mendekat ke arah dia, gue langsung meluk dia, badannya panas banget.
"Bunda, maafin Abang." Lirih nya terisak.
Gue sama sekali gak nyalahin Seojun soal keguguran gue, sama sekali engga. Malah gue nyalahin diri gue sendiri, gue ngerasa gak becus jaga kandungan gue, dan sekarang gue di buat ngerasa gak becus jaga dan urus anak anak gue.
Anak sakit, tapi gue gak tau.
"Jangan minta maaf, Bunda gak pernah salahin Abang sedikitpun. Abang gak salah, ini udah takdir dari Tuhan, sayang." Kata gue sambil ngusap punggung nya.
Jaehyun duduk di sebelah gue, dia ikutan ngusap punggung Seojun yang lagi meluk gue. "Berhenti salahin diri kamu sendiri, kamu gak salah. Ayah minta maaf kalau Ayah pernah ngomong sesuatu yang bikin kamu mikir kalau ini semua salah kamu, Ayah minta maaf." Kata Jaehyun.
Seojun langsung ngelepasin pelukannya dan beralih meluk Jaehyun. "Gak usah minta maaf, Seojun yang harusnya minta maaf. Seojun salah, dari awal Seojun udah salah, jadi Seojun mohon, maafin Seojun yang udah buat Ayah sama Bunda sedih dan nangis." Kata Seojun.
Gue sama Jaehyun saling ngelempar senyum satu sama lain, kita gak marah sama Seojun, dari awal kita ngerti kok, dan gue yakin dia gak maksud bikin gue sering nangis karena kepikiran dia.
Gue yakin Seojun juga gak pernah berharap semua ini bakal terjadi.
"Bang, Bunda udah maafin kamu sebelum kamu bilang kata maaf ini. Sekarang kita jalanin hidup kita dengan lembaran yang baru. Ayah sama Bunda udah ikhlas sama kepergian calon adik kamu, kita percaya ini udah jalan yang terbaik dari Tuhan. Jadi, kamu juga harus bisa ikhlas. Kita lewatin semua ini bareng bareng dengan tabah, ya? Pokonya Bunda bakal marah kalau kamu masih salahin diri sendiri kamu soal ini." Kata gue.
Jaehyun ngangguk setuju, "Udah ah jangan nangis kaya gini. Malu udah gede, lagian kamu sakit kenapa gak bilang sama kita sih?" Tanya Jaehyun.
Seojun cuman geleng geleng lemes, dia ngelepasin pelukannya dari Jaehyun terus ngusap air matannya.
Dengan wajah lemas dan cemberut nya Seojun balik meluk gue lagi. "Bun, pusing." Lirih nya.
Gue sama Jaehyun terkekeh, Seojun kalau sakit suka balik kaya Seojun kita pas umur lima tahun.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Perfect Daddy | Jung Jaehyun [Completed]
ФанфикSequel of "The Perfect Husband | Jung Jaehyun"