Setelah kami membereskan ruang makan dan dapur. Kami pun ikut bergabung dengan Bayu dan orang tuanya di ruang keluarga.
“Umi, mau tau ngga cerita soal aa ketemu teh Ute pertama kali?.” Tanya Eyis pada uminya itu.
“Emang kamu tau gimana ceritanya, dek?.” Tanya Bayu kepada Eyis
“Tau dong, tadi teteh udah cerita sama Eyis.”
“Emang iya, te?.” Tanya Bayu padaku dan aku hanya menjawabnya dengan anggukan kepala.
“Terus gimana ceritanya?.” Ucap umi Bayu yang sudah penasaran dari tadi.
“Jadi gini mi, aa itu ketemu teh Ute di pesawat waktu si aa mau ke nikahannya aa daffi. Nah, waktu dipesawat si aa pura-pura ngejatuhin bukunya dan juga numpahin air mineral ke teteh. Terus, pas mereka udah mau landing si aa minta nomor telpon teteh dengan alasan mau ngajak teteh makan siang bareng sekalian minta maaf atas kejadian dipesawat itu, mi. Si aa mah ngga pernah berubah ya, mi. Modus aja kerjaannya ke cewek cantik.” Ujar Eyis dengan lancar selancar jalan Tol Cipali.
“Enak aja pura-pura orang beneran ngga sengaja kok. Kamu mah sok tau, dek.” Ujar Bayu pada adiknya itu.
“Eh, emang iya aa suka modus ke cewek-cewek cantikkan?. Mungkin waktu itu aa juga lagi modus ke teh Ute. Iyakan teh?.”
“Maybe.” Jawabku pada Eyis seraya menggoda Bayu.
“Oh jadi gitu kamu ya, udah mau kongkalikong sama Eyis. Udah dikasih racun apa sama si Eyis tadi didapur pantesan aja lama kesini?.” Ucap Bayu padaku dan aku hanya tersenyum melihatnya.
“Udah aku kasih ramuan si Angga teh Utenya.” Tawa Eyis menggoda kakaknya itu.
“Oh, besok kamu ke syukuran naik taksi online aja ya. Aku ngga mau nampung kamu di mobilku besok.”
“Idiiih ngambek. Ngga maluan apa sama teh Ute hah?.” Ujar Eyis
“BODO AMAT!!!”
“Kalian ini ya, kalo ketemu berantem kalo pisah saling kangen. Udah deh dek jangan ganggu aa lagi. Besok kamu disuruh naik taksi online beneran loh sama aa.” Ujar abinya Bayu
“Habisnya aa lucu sih bi.” Aku hanya bisa tertawa melihat keakraban Bayu dan keluarganya.
“Udah deh dek, nanti aa murka loh.” Ujar suaminya Eyis.
“Iya-iya, sorry aa sayang. Sayang banget deh sama aa aku yang satu ini deh.” Ucap Eyis kepada Bayu
“Biasanya kalo udah manggil sayang-sayang gini pasti ada maunya deh.”
“Tau aja aa ku satu ini.”
“Kenapa?.”
“Mau nebeng ke syukuran besok.”
“Dasar kamu ya.” ucap Bayu seraya mengacak-acak rambut adiknya ini.
“Oh ya Ute, kamu jangan manggil om sama tante dengan sebutan om sama tante ya. panggil aja umi sama abi kayak anak-anak umi yang lain. Oke?.” Ucap uminya bayu padaku
“Iya Umi.” Jawabku
“Abi, udah kayak mantu kita aja ya nak Ute ini. Kamu jangan lama-lama pacarannya a. Inget umurmu itu. Bila perlu minggu depan kamu langsung lamar nak Ute aja. Iyakan bi?.” Ujar uminya Bayu. Dan abinya hanya menganggukan kepalanya tanda setuju.
“Umi ah, orang aku sama Ute baru kenal juga udah langsung lamar aja. Lagi pula mama papa belum tau tentang Utekan?.” Ucap bayu kepadanya uminya. Yang membuat aku bingung adalah saat Bayu mengucap nama mama. Jadi, mama ini siapa dan umi ini siapanya bayu.
“Nanti umi yang cerita sama mama dan papa kamu.” mendengar ucapan terakhir dari uminya, Bayu hanya menghela nafas panjang. Dan aku hanya bisa menerka-nerka apa yang terjadi dengan keluarga ini. Siapa ibu kandungnya bayu?. Umi yang sedang ada didepanku atau wanita yang dia sebut mama barusan.
Keesokan paginya, setelah aku menunaikan sholat subuh di kamar. Aku pun turun ke bawah untuk melihat siapa yang sudah masak sarapan pagi ini. Dan ternyata itu adalah umi. Aku pun berinisiatif untuk membantunya memasak pagi ini.
“Pagi umi.” Ucapku pada wanita paruh baya yang sedang masak pagi ini.
“Pagi sayang. Udah bangun kamu?.”
“Udah. Tadi aku habis sholat subuh terus denger ada orang masak didapur jadi penasaran deh siapa yang sedang masak. Ternyata umi udah masak sarapan pagi. Umi mau masak apa pagi ini?.”
“Oh gitu, ini umi lagi mau buat nasi goreng aja.”
“Ute boleh bantu?.”
“Dengan senang hati, sayang. Kamu bantu buat minuman aja ya, ngga papa kan?.”
“Oke, Umi. Tapi Ute ngga tau mau buat apa?.”
“Oh gampang sayang. Nih ya kamu ingetin daftar minuman pagi dirumah ini. Bayu, abi, sama angga itu suka minum jus buah kalo pagi-pagi. Nah, kalo umi sama Eyis lebih milih teh jepang sedangkan Agus suaminya Eyis lebih milih kopi susu. Tapi terkadang kalo misalnya umi males buat jus, umi kasih aja kopi susu atau teh jepang buat mereka semua. Bayu sama abinya itu kalo makan ngga pernah milih-milih, nak. Jadi, setiap apa aja makanan yang ada dimeja pasti langsung disantap habis sama mereka tanpa komentar. Kalo nak Ute suka minum apa kalo pagi-pagi?. ”
“Ute biasanya kalo bangun tidur sih minum air putih dulu. Terus kalo sarapan biasanya buat salad buah atau sayur dan minumnya paling jus atau teh melati, udah gitu dong si mi. Berarti sekarang Ute buat 2 jus melon, 2 teh jepang sama 1 kopi susu ya?.”
“Hmmm ya, nak Ute mau minum teh jepang atau jus melon?.”
“Teh jepang aja deh, lagi pengen umi.”
“Oh yaudah sok dibuat.”
“Iya umi. Oh iya, si Eyis belom bangun umi?.”
“Bentar lagi paling, kenapa nak Ute?.”
“Ini, Ute ngga tau ukuran kopi susu suaminya Eyis umi. Nanti ngga enak kalo Ute yang bikin.”
“Yaudah biar si Eyis sendiri aja yang buat nanti. Oh iya, jus melonnya buat 3 ya sayang. Soalnya si angga adeknya Bayu yang bungsu udah pulang semalem. ”
“Oh iya umi, nanti Ute bikin 3 gelas.”
“Kamu belum ketemu sama Anggakan?.”
“Belum umi, Ute jadi penasaran gimana adiknya si aa Bayu satu itu.”
“Kalo sifatnya si ngga jauh beda sama si Bayu. Tapi, muka si angga beda jauh sama Bayu. Kalo muka Bayukan agak ke Cina-cinaan gitu, nah kalo si Angga sih lebih ke muka mojang Bandung gitu. Nanti kamu jangan kaget kalo liat si Angga dan Bayu yang jauh berbeda ya.”
“Jadi penasaran umi.”
“Iya, nak Ute. Oh iya, umi mau tanya nak ute sesuatu boleh?.”
“Boleh umi, mau tanya apa emangnya?.”
“Tapi maaf sebelumnya ya, ini agak bersifat pribadi pertanyaannya, ngga papa gitu?.”
“Ngga papa, umi. Ute bisa maklum kok.”
“Maaf ya. Umi cuman mau tanya, orang tua nak Ute ada yang keturunan Jawa ya?. Kayaknya kamu ada keturunan Jawa gitu, tapi mukamu juga agak ke sumatra-sumatraan.”
“Oh itu, sebenarnya bapaknya Ute itu orang Solo asli, umi. Nah kalo ibu itu keturunan Magelang tapi kelahiran Palembang. Ute juga lahir di Palembang, tapi pas udah besar Ute sama keluarga pindah ke Bogor sampe sekarang.”
“Berarti kamu ini keturunan Jawa tapi lahir dan kecil di daerah Sumatra ya?.”
“Iya umi, aku itu lahir sama kecilnya di Palembang.”
“Berarti kamu bisa buat pempek khas Palembang ya?.”
“Bisa sih bisa, umi. Tapi ngga terlalu jago juga. Masih amatiran lah.”
“Umi maklum kok anak-anak jaman sekarang mah, kalian pada bisa makan doang ngga tau cara buatnya. Oh ya, berarti sekarang orang tua nak Ute tinggal di Bogor atau di Jakarta?.”
“Kalo ibu tinggal di Bogor, umi. Nah kalo bapak tinggal di Palembang. Soalnya ibu sama bapak itu udah pisah sejak Ute masih kecil. Ute sama kakak ikut ibu dari dulu.”
“Oh maaf ya, nak Ute. Umi ngga tau ceritanya kayak gitu. Maaf banget ya sayang.”
“Ute ngga papa kok, umi. Namanya juga takdirkan, kita mah sebagai manusia mau gimana lagi, mau nolak juga ngga bisa. Ya kita cuman bisa ikhlas aja nerimanya.” Ucapku
“Umi tau kamu itu orang yang kuat. Sabar ya nak, semua itu ada hikmahnya kok. Oh ya, kamu tinggal di Jakarta sama siapa nak?.”
“Aku di Jakarta tinggal sendiri umi. Aku tinggal di Apartemen di Jakarta Utara. Tapi, di Jakarta ada mbaknya Ute juga sama suaminya. Mereka tinggal di asrama Cijantung sama kayak Bayu.”
“Oh berarti masmu itu anggota Kopassus juga ya?. Atau jangan-jangan Bayu ini anak buahnya masmu ya?.”
“Iya umi, mas itu anggota Kopassus. Tapi, kalo soal Bayu yang jadi anak buahnya mas itu Ute ngga tau juga bener atau ngga. Tapi, mas pernah bilang kalo Bayu sama mas itu beda devisi gitu.”
“Oh gitu ya, terus kamu kerja apa di Jakarta nak?.”
“Ute jadi penyiar radio di Jakarta sama Ute juga suka jadi co-host di salah satu acara treveller di stasiun TV swasta. Dan Ute juga punya beberapa bisnis gitu. Ada bisnis EO, Kedai makanan nusantara sama bisnis pakaian muslimah. Tapi, untuk bisnis EO itu Ute kerja sama dengan temen-temen Ute. Kalo yang Kedai makanan sama pakaian muslimah Ute kerja sama sama mbaknya Ute, umi.”
“Wah, berarti umi waktu itu ngga salah liat dong ya. Soalnya waktu pertama kali ketemu kamu umi itu udah rada familiar dengan muka kamu. Kayaknya umi pernah nonton acara TV yang ada kamunya disana. Umi ngga pernah nyangka kalo punya calon menantu artis.”
“Ute bukan artis kok umi. Ute malah senang kalo disebut sebagai penyiar. Karena emang pada awalnya Ute kerja itu jadi penyiar radio. Baru beberapa tahun kemudian Ute ditawarin jadi co-host dan itu pun ngga terlalu sering.”
“Iya, ute. Berarti kamu lumayan sibuk juga ya di Jakarta?. Ini kamu kesini ngga ganggu jadwal kamu kerjakan?.”
“Ngga kok, umi. Kalo weekend Ute emang suka ngga ada kerjaan. Soalnya jadwal siaran itu dari hari senin sampe jum’at doang. Sedangkan kalo untuk syuting acara treveller itu Ute ngga ambil untuk weekend ini. Jadi, jadwal Ute kosong deh minggu ini. Makanya Ute mau ikut kesini.”
“Ah, syukurlah kalau begitu. Umi tadi berpikir bahwa kamu ninggalin tanggung jawab kamu cuman buat nyempetin dateng ke acara syukuran. Ternyata umi salah duga ya.”
“Iya umi, aku emang ngga ada kerjaan sama sekalii di minggu ini. Dan kebetulan umi ngundang aku buat dateng ke acara itu jadi ya sekalian refreshing dari kerjaan.”
“Ah, gitu ya. Yaudah nanti kita sambung lagi ngobrolnya ya. Ini sarapannya udah jadi juga, kamu udah belum buat minumannya?.”
“Udah nih umi.”
“Yaudah kita langsung taruh dimeja aja ya. Umi mau panggil abi sama Eyis dulu dan kamu nak Ute, umi boleh minta tolong buat bangunin Bayu ngga dikamarnya?.”
“Yaudah umi, Ute ke atas dulu ya, mi.”
Tok tok tok ...
“Bay, kamu udah bangun belum?.” Ucapku seraya mengetuk-ngetuk pintu kamar Bayu.
“Bayu?.”
“Bayu?.”
Kleekk..
.
.
.
.
.
Hai, ceritanya Update nih..
Gimana? Semoga masih suka ya.
Vote + komen ya, please...Thanks^^
KAMU SEDANG MEMBACA
Senja dan Ujung Rasa (COMPLETE and REVISI)
RomanceTerkadang sebuah pertemuan tak terduga itulah yang paling berkesan. Sama seperti pertemuan Aksara dan Alantra. Pertemuan yang tidak pernah diharapkan. Pertemuan yang tidak direncanakan. Dan takdirlah membawa pertemuan mereka. Aksara Putih Andini, at...