Part 5.5 : Akang Dadang sang pahlawan

3.5K 146 0
                                    

   Sekitar 15 menitan kami berada di jalanan padat Bandung. Kami pun sampai ke area parkir pasar tersebut, mencari tempat parkir disini lumayan susah. Karena kebetulan ini weekend dan ini jadwalnya emak-emak pada kepasar semua alhasil kami harus menunggu lumayan lama untuk mendapatkan tempat parkir yang kosong. Setelah mendapatkan tempat parkir kami pun langsung keluar mobil dan masuk ke area pasar tradisional.

Ketika kalian masuk ke area pasar disini, kalian akan merasakan suasana yang nyaman. Karena apa?. Karena pasar disini lumayan rapi dan bersih. Pemkot Bandung memang sudah berusaha sangat keras untuk menciptakan suasana kota yang rapi dan bersih seperti ini. Terbukti dengan keadaan pasar seperti ini. Jika di Jakarta, kalian akan menemukan pasar tradisional yang semrawut tak teratur. Tapi, tidak jika di Bandung. Tata letak kios-kios yang rapi dan teratur serta para pedagang yang ramah membuat kalian betah unutk berlama-lama disini. Pasar disini memang sangat jauh jika dibandingkan dengan mall-mall besar yang ada di disini atau di Jakarta, jika dilihat dari segi barang dan kualitas. Namun, jangan salah pengertian. Tak jarang orang-orang disni lebih memilih pasar ini dibanding dengan supermarket di mall besar. Harga bahan pangan disini masih dikatakan relatif murah dengan kualitas barang yang tidak mengecewakan. Karena dari itu orang-orang Bandung lebih suka belanja disini dibandingkan dengan di mall, terutama emak-emak berprinsip irit bin medit.

Setelah dirasa bahan belanjaan yang kami beli sudah lumayan cukup dan banyak, kami pun meninggalkan pasar. Bukan hanya alasan sudah cukup dan banyak saja kami meninggalkan pasar. Karena Bayu sudah tidak kuat lagi berjalan dengan bawaan yang kami titipkan padanya. Ya, kami beruntung hari ini karena Bayu ikut. Karena kami dapat menyuruhnya membawa beberapa kantong belanjaan yang lumayan berat. Percuma sajakan jika kita kepasar dengan seorang laki-laki yang mempunyai tubuh perfect, kalau tidak disuruh membawakan kantong belanjaan. Awalnya Bayu menurut saja. Namun semakin lama, dia semakin rewel saja untuk mengajak kami pulang. Akhirnya dengan berat hati dan rasa iba yang kami miliki, kami pun pulang kerumah. Setelah sampai dimobil, Bayu marah-marah karena kami terlalu banyak belanja. Dan dia bilang jika dia tidak mau lagi ikut ataupun mengantar kami belanja.

“Denger ya, aa udah kapok ngikutin kalian belanja hari ini. Besok-besok kalo mau belanja lagi ngga usah minta anter. Naik taksi online sendiri!!. Dikira belanjaan ngga berat apa?. Mending aku lari beratus-ratus meter deh, daripada nganterin kalian belanja.” Ucap Bayu yang mebuat kami tertawa mendengarnya.

“Udahlah si aa, kalo apa-apa tuh yang ikhlas biar dapet pahala. Ini bukannya dapet pahala malah dapet dosa. Ngoceeeeh aja kerjaannya.” Eyis menjawab ucapan Bayu tadi dengan tertawa puas bisa mengerjai kakaknya ini.

“ Iya bener tuh, yis. Kamu itu kalo apa-apa yang ikhlas dong, bay. Biar ngga kerasa capeknya.” Ucapku dan dibalas dengan anggukaan saja oleh Bayu.

“Udah dong ngambeknya. Kita minta maaf deh kalo buat kamu capek gini. Kita ngga tau kalo barangnya berat banget tadi. Udah dong, ngambeknya.” Ucapku membujuknya, jika Bayu sedang seperti ini, butuh waktu banyak untuk membujuknya kembali.

“Dikira belanjaan tadi enteng apa, mana banyak ikannya lagi. Kan bau akunya, harus mandi lagi kan. Capek tau ngga mandi dua kali.” Ucap Bayu yang mebuat kami berdua tertawa geli mendengarnya.

“Yaudah-yaudah sorry ya. Kita khilaf tadi.” Ucapku pada Bayu

“Iya-iya, asalkan jangan sering-sering aja khilafnya.” Jawab Bayu saat itu.

Saat itu, aku menyadari kenapa aku bisa senyaman ini dengan bayu. Karena melihatnya marah, tersenyum, dan tertawa adalah salah satu hal yang aku sukai saat ini. Sikap pedulinya, sikap sabarnya, dan sikap manjanya yang membuat aku semakin yakin untuk membuka hati untuknya saat ini. Walau aku belum pasti untuk membuka hati seutuhnya. Namun, aku janji slow but sure aku akan menerimanya dengan senang hati.

“Ini jadi ke toko ngga?.” Tanyanya pada kami.

“Jadi dong a, bentaran doang kok. Janji deh.” Jawab Eyis saat itu

“Yaudah awas kalo lama-lama, aa tinggal juga kamu disini.” Ucapnya kemudian menepikan mobilnya ke depan sebuah toko sembako yang lumayan besar ini.

“Sok turun, buruan loh.” Ucapnya lagi, kemudian mengikuti kami kelur dari mobil.

Setelah turun dari mobil, aku dan Eyis langsung memasuki toko tersebut. Aku sampai kaget melihat pengunjung yang sangat ramai di toko ini. Dan aku hanya mengikuti Eyis kemana dia pergi. Ternyata dia datang kesini untuk menyerahkan beberapa daftar belanjaan kepada seorang karyawan toko. Kemudian dia keluar dan mengajak aku menunggu diluar selagi karyawan itu menyiapkan barang yang kami butuhkan. Saat kami keluar dari toko, aku melihat Bayu sedang berbicara pada seorang bapak tua yang kira-kira umurnyaa lebih muda beberapa tahun dari abinya Bayu. Bayu sepertinya sangat mengenal bapak itu. Buktinya, Bayu dapat mengobrol dengan santai bahkan tertawa dengan lepasnya saat bersama dengan bapak itu. Sampai dia melihat bahwa aku sedang memandanginya, ia kemudian menyuruhku mendekat padanya.

“Ute, ngapain disitu?. Sinilah, aku kenalin sama kang Dadang.” Panggil Bayu padaku kemudian aku mendekat padanya.

“Wih, siapa nih a. Pacar baru aa ya?.” tanya kang Dadang pada Bayu.

“Eh akang, bukan kang. Ini temen Bayu dari Jakarta, dia diundang umi buat dateng ke acara nanti sore. Akang ikut juga ngga?.” Ucap Bayu

“Temen apa temen, a. Kalo temen mah, kenapa muka aa berubah bahagia gitu pas si tetehnya ngampirin aa?.” Goda bapak itu yang aku ketahui bahwa namanya adalah kang Dadang.

“Iih akang mah suka nakal, entar Bayu aduin sama teh yati deh.” Bayu tertawa setelah membalas menggoda kang Dadang.

“Sih, aa ya masih aja suka ngancem akang. Maklumin aja teh, si aa emang suka ngancem. Jadi tetehnya ati-ati aja kalo lagi deket-deket sama aa. Ntar di makan sama aa.” Canda kang Dadang.

“Wih, akang bisa aja ya. Mana ada aku makan neng geulis ini kang. Bisa abis saya dibantai abangnya. Abangnya serem banget kang, suka ngemilin peluru senpan kang.” Canda Bayu, aku hanya tertawa mendengarkan candaannya yang memceritakan keganasan mas pandu. Jika mas pandu dengar ucapnya, bisa habis beneran nih manusia.

“Weh, serem dong abangnya si teteh. Emang iya teh, abangnya suka ngemilin peluru senapan?.” Tanya kang Dadang padaku.

“Eh, yang bener aja kang. Si akang mah mau-mau aja ditipu sama Bayu, abang saya mah baik kang kalo kita ngga cari masalah sama dia.” Jawabku pada kang Dadang, Bayu hanya tetawa mendengarkan ucapanku.

“Eh, aa akang bilangin ya sama aa. Kalo mau bercanda mah jangan gitu dong, a. Nanti kalo abangnya si teteh tau aa bercandain dia, si aa bisa nangis darah.” Ucap si kang Dadang dengan serius.

“Lah kenapa gitu kang?. Kenapa saya bisa nangis darah gitu, emang saya siluman apa.” Canda Bayu.

“Ya bisa lah, a. Nanti si a nangis darah karena si aa ngga dapet restunya abang teh Ute.” Jawab  kang Dadang.

“Iiih ngeri juga ya. eh, te kamu jangan bilang mas pandu ya kalo aku ngomongin dia tadi. Bisa nangis darah beneran akunya.” Jawab Bayu

“Ye, siapa suruh kamu bercandain atasan kamu coba?.” Jawabku

“Udah teh, bilangin aja sama abangnya teteh. Biar nangis darah beneran tuh si aa. Kan jarang-jarang kita ngeliat si aa nangis darah. Nanti kalo si aa udah nangis teteh tolong videoiin ya, biar akang bisa ngebully si aa, habisnya dia mulu yang suka ngebully akang dari dulu.” Ucap Bayu.

“Beh, si akang parah nih dendeman orangnya. Ngga seru ah bercanda sama akang sekarang.” Canda Bayu

“Siapa suruh suka ngebully akang dari dulu. Kalo kamu ngga ngebully akang mah, akang ngga bakal nyimpen dendam sama kamu, a.” Jawab kang Dadang sambil tertawa.

“Iya deh kang, ngalah akunya takut dosa kalau ngelawan orang tua mah.” Ucap Bayu.

“Tuhkan teh mulai nyebelinnya.” Ucap kang Dadang. Tak lama setelah kang Dadang berbicara Eyis pun menghampiri kami dan bilang kalau barang-barang yang dia mau ambil sudah selesai di masukin ke dalam mobil.

“Yaudah deh kang, aku mau pulang dulu. Entar akunya dicari abi, kan akang tau sendiri anak kesayangan selalu dicariin dan disuruh pulang cepet kalo ngga pulang cepet bisa dipotong uang jajannya. Si akang yang rajin kerjanya, ntar aku aduin sama abi loh kalo akang suka males-malesan kerjanya biar dipotong bonusnya nanti sama abi.” Canda Bayu.

“Eh, si aa jangan gitu dong. Ntar istri sama anak-anak akang mau dikasih makan apa a?. Rumput?.” Jawab kang Dadang.

“Boleh juga tuh kang idenya, yaudah ya kang pulang dulu ya. Assalamualaikum, kang.”

“hati-hati a, jangan ngebut kalo bawa mobil.”

Inilah mengapa aku suka dengan sikap Bayu yang mudah akrab dengan banyak orang. Melihatnya dekat dan bercerita dengan kang Dadang seakan menambah pengetahuanku tentang Bayu di mata orang-orang disekitarnya. Dari kang Dadang aku mengetahui bahwa Bayu memiliki keberuntungan bisa dekat dengan orang-orang seperti kang Dadang. Melihatnya yang suka melemparkan candaan pada kang Dadang namun masih tetap ada batasannya. Bayu juga tidak malu untuk bergaul dengan orang yang jauh lebih tua dari umurnya dan juga kang Dadang adalah salah satu pegawai abinya ditoko. Setelah sampai dimobil, Bayu bercerita bahwa ia sudah kenla dan dekat dengan kang Dadang sejak dia masih kecil. Kang Dadang inilah pengasuhnya waktu kecil. Kang Dadang yang menemaninya bermain, bahkan pernah suatu waktu kang Dadang datang kesekolah Bayu waktu SMP guna memenuhi panggilan orang tua dari sekolah karena Bayu ketahuan berkelahi dengan teman sekelasnya. Ia juga bercerita bahwa kang Dadanglah yang menjadi motivatornya untuk menjadi seorang abdi negara.

“Kok bisa dia yang jadi motivator kamu?.” Tanyaku
“Bisalah, karena dulu kang Dadang pernah cerita tentang kakeknya yang menjadi TNI. Dia cerita kalo misalnya kita jadi abdi negara, hidup kita itu dipandang orang tinggi. Walaupun jika kita di kesatuan menjadi ‘babu’ sekalipun. Tapi, masyarakat masih memandang kita pahlawankan?. Karena itulah aku mau jadi TNI. Dulu cita-cita kang Dadang itu mau jadi TNI juga, tapi mungkin belum nasibnya kali ya. Jadinya, sekarang ya dia gitu. Kang Dadang itu karyawan kesayangan abi, karena emang kang Dadang itu tipikal orang yang ulet dan nurut kalau diomongin. Dia juga tipikal orang yang ngga mau dikasihani sama orang lain. Dia itu tipikal seseorang yang workaholic, dan juga penyabar parah. Aku banyak belajar dari kang Dadang tentang kehidupan yang tidak selalu mulus. Karena itu, aku sudah menganggap kang Dadang kayak keluarga sendiri, begitu juga sama umi dan abi terhadang kang Dadang.” Ujar Bayu padaku.

Aku sangat kagum mendengar cerita kang Dadang dari Bayu. Kang Dadang yang sangat berpengaruh pada kehidupan Bayu. Kang Dadang yang bisa menuntun Bayu ke jalan yang benar dan berkat kang Dadanglah aku menyadari darimana sifat Bayu yang aslinya jika bertemu dengan orang dekatnya.

“Dari kang Dadang jugalah a Bayu mau berubah ke jalan yang bener ini. Asal teteh mau tau, dulunya a Bayu ini adalah biangnya masalah. Dimana ada yang berantem disitulah aa ada. Dulu aa itu orang yang nakal banget, suka ngelawan, dan juga paling males kalo disuruh belajar. Kerjaan aa waktu jaman SMP itu cuman, main-makan-tidur-main-minta duit-makan lagi- tidur lagi. Udah gitu aja tuh fase hidupnya waktu SMP. Tapi, setelah dia buat masalah sama kang Dadang sampe-sampe si kang Dadang di pecat sama abi gara-gara belain si aa. Setelah peristiwa itu, si aa jadi berubah 180º teh. Dia jadi lebih rajin sekolah, rajin ibadah dan yang bikin abi sama umi kaget itu, si aa maksa abi buat masukin dia ke SMA TARUNA biar disiplin katanya. Setelah si aa dimasukin ke SMA TARUNA, kang Dadang pun disuruh kerja lagi sama abi. Dan alhamdulillah sekarang penyakit aa ngga pernah kambuh lagi.” Ucap Eyis.

Bayu pernah bilang, terkadang kehadiran seseorang didalam kehidupan kita itu pasti ada hikmahnya. Contohnya kang Dadang dalam hidup Bayu. Kang Dadang yang notabennya bukan seorang motivator. Namun, bisa merubah cara pandang Bayu terhadap hidupnya. Kang Dadang adalah satu dari sekian banyak manusia yang merubah hidup Bayu.
   Kang Dadang terima kasih, berkatmu aku bisa menemukan laki-laki yang pantas menjadi pahlawan didalam hidupku. Walaupun kau tidak pernah melawan penjajah ibu pertiwi. Namun, kau masih tetap menjadi pahlawan di hidup pahlawanku.
.
.
.
.
.
🐼 : Kerja lembur bagai qudha, sampai lupa pacar tercinta.
🐷 : Eh, bentar. Emang author punya pacar?.
🐼 : Kepo lu ahh, mending lu baca cerita yang baru update aja daripada kepoin pacar ane. Jangan lupa vote dan komen, ngarti kagak lu?.
🐷 : Siap author sayang

Vote + komen ya, makasoh udah mampir ke lapak kita😊

Thanks^^

Senja dan Ujung Rasa (COMPLETE and REVISI)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang