Assalamu'alaikum temen-temen, sebelumnya di sini saya mau meluruskan suatu 'masalah'.
Jadi ada pembaca yang bilang kalau cerita saya mirip sama cerita sebelah dari Prolog sampai ke Part satu. Dan saat saya cari ceritanya, dan saya baca cerita yang katanya Cerita saya mirip cerita itu. Pas saya baca prolog dan part satu, saya juga mikir kok mirip? Padahal saya gak pernah baca cerita itu sama sekali.
Saya udah jelasin di awal kalau ada kesamaan nama tokoh itu hanya ketidaksengajaan. Dan dalam prinsip saya pun gak ada yang namanya plagiat cerita orang.
Saya akan menjelaskan, apa yang mirip dari isi cerita itu dan isi cerita saya. Di cerita itu prolog nya, dia memperkenalkan dirinya sebagai seorang Bad Girl, dan dia pun punya tiga sahabat. Namun dicerita saya, saya menjelaskan satu-satu ciri-ciri sahabat di tokoh saya seperti apa.
Dan untuk Part 1, cerita itu pun bilang kalau anaknya akan dipindahkan ke sekolah milik Ayah dari tokoh ini. Dan cerita saya pun saya buat si tokoh dipindahkan di sekolah ayah dari tokoh saya. Namun kalau dicerita itu, dia dipindahkan karena dia terkena skors. Dan hal yang bikin saya mikir adalah, cerita dia yang malah mirip cerita saya secara keseluruhan. Di part satu cerita saya, tokoh saya dipindahkan karena masalah keuangan Ayah dari cerita saya. Dan di cerita itu, dia pun ikut menyelidiki masalah keuangan daddy nya.
Sejujurnya, saya sangat takut untuk menjiplak karya orang lain, karena saya pun punya otak dan punya imajinasi untuk memikirkan jalan cerita yang akan saya buat sendiri, tanpa memplagiat cerita orang lain.
Cerita saya sudah tamat dari lama, sedangkan cerita dia belum tamat. Bagaimana bisa saya memplagiat cerita orang yang belum tamat?
Di sini bisa kalian simpulkan sendiri, mana yang plagiat dan Mana yang diplagiat.
Terima kasih.
Salam,
Ransyifa.
KAMU SEDANG MEMBACA
Fake Nerd [Completed]
Teen FictionPLAGIAT? GOD WATCHING YOU👀 Bayangkan saja, seorang Keira Xandra Greyson (Key), ingin merubah penampilannya menjadi seorang nerd hanya karena ingin menyelesaikan satu misinya. Sebab, di sekolah milik sang Daddy ada seseorang yang telah meng-korup ua...