(فصل فى ما ولا ولات وان المشبهات بليس)
________________________________اِعْمَلَ لَيْسَ اُعْمِلَتْ مَادُوْنَ اِنْ *
مَعَ بَقَاالنَّفْيِ وَتَرْتِيْبٍ زُكِنْ
MA nafi itu di amalkan seperti amalanya ليس (yaitu merofa'kan isim dan menasobkan Khobar) dengan syarat (1)Tidak bersamaan dengan إِنْ Zaidah (2) tetapnya nafinya Khobar (3) tertibnya ma'mul yg telah di ketahui (yaitu mendahulukan isim mengakhirkan Khobar).
وَسَبْقَ حَرْفِ جَرٍّ اَوْظَرْفٍ كَمَا *
بِىْ اَنْتَ مَعْنِيًّا اَجَازَالْعُلَمَا
Para ulama memperbolehkan mendahulukan huruf jar (bersamaan majrurnya) dan dzorof atas isimnya ما seperti lafadz ما بى انت معنيا (kamu bukan org yg saya kehendaki).
وَرَفْعَ مَعْطُوْفٍ بِلَكِنْ اَوْبِبَلْ *(١٦٠)
مِنْ بَعْدِ مَنْصُوْبٍ بِمَاالْزَمْ حَيْثُ حَلْ
Tetapkanlah rofaknya lafadz yg di athof-kan (ma'thuf) dengan lakin atau bal yg terletak setelah ma'thuf alaih yg di baca nasob.
وَبَعْدَ مَا وَلَيْسَ جَرَّالْبَاالْخَبَرْ *
وَبَعْدَ لاَ وَنَفْيِ كَانَ قَدْ يُجَرّْ
Setelahnya ما dan ليس (banyak terlaku) huruf ba' yg mengejarkan pada Khobar, dan terkadang Khobar di jerkan dengan ba' jika terletak setelah لا dan Kana yg di nafikan.
فِى النَّكِرَاتِ اُعْمِلَتْ كَلَيْسَ لاَ *
وَقَدْ تَلِىْ لاَتَ وَاِنْ ذَاالْعَمَلاَ
La nafi di amalkan seperti amalnya ليس di dalam isim2 nakiroh, lafadz لات dan إن juga beramal seperti amalanya ليس ini.
وَمَا لِلاَتَ فِىْ سِوٰى حِيْنٍ عَمَلْ *
وَحَذْفُ ذِى الرَّفْعِ فَشَاوَالْعَكْسُ قَلّْ
Lafadz للات tidak bisa beramal pada selainnya lafadz للات, dan membuang lafadz yg di baca rofak (isimnya للات) itu masyhur, dan kebalikannya (membuang khobarnya لات dan menetapkan isimnya itu hukumnya sedikit.)
============SELESAI============
والله اعلم بالصواب√
KAMU SEDANG MEMBACA
Alfiyyah Ibnu Malik
ContoPengarang alfiyyah: Al imam abi Abdillah Muhammad bin Abdillah bin Malik Al andalusiy. Dibaca,kasih vote & komentar,oke😉 Nb: Mohon Maaf temen" jika ada kesalahan dalam penulisanya, maupun itu berupa harokat,huruf,atau penjelasannya yg kurang pas, M...