BAB ISIM MAQSHUR & MAMDUD

22 1 0
                                    

اِذَااسْمُ نِ اسْتَوْجَبَ مِنْ قَبْلِ الطَّرَفْ *

فَتْحًا وَكَانَ ذَانَظِيْرٍ كَالْاَسَفْ

※ Apabila ada isim (yg shohib) yg huruf sebelum akhir dibaca fathah & isim tersebut memiliki kesamaan (bentuk dg isim yg akhirnya berupa huruf ilat).

فَلِنَظِيْرِهِ الْمُعَلِّ الْاَخِرِ * ثُبُوْتُ قَصْرٍ بِقِيَاسٍ ظَاهِرِ

※ Maka isim yg menyamai yg akhirnya berupa huruf ilat dinamakan isim maqshur qiyasi).

كَفِعَلٍ وَفُعَلٍ فِيْ جَمْعِ مَا *

كَفِعْلَةٍ وَفُعْلَةٍ نَحْوُالدُّمٰى

※ Seperti wazan فِعَلٌ yg menjadi jama'nya (mufrod) فِعْلَةٌ & wazan فُعَلَ yg menjadi jama'nya (mufrod) فُعْلَةٌ, seperti lafadz دُمٰى (boneka yg terbuat dari gading gajah).

وَمَااسْتَحَقَّ قَبْلَ اٰخِرٍ اَلِفْ *

فَالْمَدُّ فِيْ نَظِيرِهِ حَتْمًا عُرِفْ

※ Isim (yg shohih akhir) yg huruf sebelum akhir berupa Alif, dan memiliki kesamaan dg isim yg mu'tal akhir , maka isim mu'tal akhir yg menyamai itu dinamakan isim mamdud qiyasi.

كَمَصْدَرِالْفِعْلِ الَّذِيْ قَدْ بُدِئَا * (٧٧٥)

بِهَمْزِ وَصْلٍ كَارْعَوٰى وَكَارْتَأَى

※ Seperti masdarnya fi'il yg dimulai dg Hamzah washol seperti اِرْتْتِأٰى اِرْتِيَاءً، اِرْعَوٰى اِرْعِوَاءً.

وَالْعَادِمُ النَّظِيْرُذَا قَصْرٍ وَذَا *

مَدٍّ بِنَقْلٍ كَالْحِجَا وَكَالْحِذَا

※ Isim maqshur & isim mamdud yg tidak memiliki kesamaan wazan dengan isim shohih akhir itu dinamakan isim maqshur & isim mamdud sama'i.

وَقَصْرُذِيْ الْمَدِّ اضْطِرَارًا مُجْمَعُ *

عَلَيْهِ وَالْعَكْسُ بِخُلْفٍ يَقَعُ

※ Dalam dhorurot syiir, ulama ahli nahwu sepakat memperbolehkan membaca maqshur pada isim mamdud, sedangkan kebalikannya (membaca mamdud pada isim maqshur ketika dhorurot) itu para ulama terjadi khilaf (perbedaan pendapat).


=============SELESAI===========

Alfiyyah Ibnu MalikTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang