اَلْاَلِفَ الْمُبْدَلَ مِنْ يَافِيْ طَرَفْ * (٩٠٠)
اَمِلْ كَذَاالْوَاقِعُ مِنْهُ الْيَا خَلَفْ
※ Bacaan imalah 1.pada Alif Yg berada di akhir, yg merupakan pergantian dari ya', 2.pada Alif Yg berada diakhir, yg berubah menjadi ya' (dalam sebagian tasrifnya,seperti ketika di tasyniyah kan / dijamak muannas salim kan.
دُوْنَ مَزِيْدٍ اَوْشُذُوْدٍ وَلِمَا * تَلِيْهِ هَاالتَّأْنِيْثِ مَاالْهَا عَدِمَا
※ Yg bukan huruf tambahan / syadz, Alif tersebut diatas tetap dibaca imalah sekalipun setelahnya terdapat ha' ta'nis.
وَهٰكَذَا بَدَلُ عَيْنِ الْفِعْلِ اِنْ *
يُؤَلْ اِلٰى فِلْتُ كَمَاضِىْ خَفْ وَدِنْ
※ Alif juga boleh dibaca imalah apabila ia menjadi ganti (dari wawu / ya') yg menjadi ain fi'ilnya fi'il madhi (yg ketika di sandarkan pada dzomir mutaharrik mahal rofa) menjadi ikut wazan فِلْتُ seperti fi'il madhi nya (دَاَنَ،خَافَ) خَفْ،دِنْ.
كَذَا تَالِى الْيَاءِ وَالْفَصْلُ اغْتُفِرْ *
بِحَرْفٍ اَوْمَعْ هَا كَجَيْبَهَا اَدِرْ
※ Begitu pula Alif juga dibaca imalah jika ia terletak setelah ya' secara langsung, / dg dipisah satu huruf / 2 huruf yg berupa huruf ha' seperti lafadz جَيْبَهَا.
كَذَاكَ مَايَلِيْهِ كَسْرٌ اَوْيَلِيْ * تَالِيَ كَسْرٍ اَوْسُكُوْنٍ قَدْوَلِىْ
※ Begitu pula Alif dibaca imalah apabila terletak sebelum kasroh, / terletak setelah huruf yg berharokat sebelumnya berupa kasroh.
كَسْرًا وَفَصْلُ الْهَا كَلاَ فَصْلٍ يُعَدْ * (٩٠٥)
فَدْرِهَمَاكَ مَنْ يُعِلْهُ لَمْ يُصَدْ
※ Atau Alif terletak sebelum dua huruf, yg berharokat sukun yg Sebelumnya berupa kasroh. Pemisah yg berupa ha' itu dianggap seperti bukan pemisah, seperti دِرْهَمَاكَ, bagi org yg membaca imalah itu tidak di cegah.
وَحَرْفُ الْاِستِعْلَا يَكُفُّ مُظْهَرَا *
مِنْ كَسْرٍ اَوْيَا وَكَذَا تَكُفُّ رَا
※ Huruf isti'lah, huruf ro' itu mencegah sebab imalah yg di sebabkan kasroh yg dhohiroh (yg tampak) / ya' yg wujud (tidak di kira"kan).
اِنْ كَانَ مَا يَكُفُّ بَعْدُ مُتَّصِلْ *
اَوْبَعْدَحَرْفٍ اَوبِحَرْفَينِ فُصِلْ
※ Apabila huruf yg mencegah imalah tersebut (huruf isti'la dan ro') terletak setelah Alif secara langsung, atau dipisah satu huruf, / di pisah dg huruf.
كَذَا اِذَا قُدِّمَ مَا لَمْ يُنْكَسَرْ *
اَوْيَسْكُنِ اثْرَالْكَسْرِ كَالْمِطْوَاعَ مِرْ
※ Huruf isti'la & huruf ro' itu juga mencegah itu sebabnya imalah jika mendahului (terletak sebelum) Alif dg syarat bila ia tidak dibaca kasroh seperti
رَاشِدٌ قَائِلٌ ظَالِمٌ غَالِبٌ صَالِحٌ طَالِبٌ.وَكَفُّ مُسْتَعْلٍ وَرَايَنْكَفُّ * بِكَسْرِ رَكَغَارِمًا لاَ اَجْفُوْ
※ Huruf isti'la & ro' yg tidak dibaca kasroh yg mencegah imalah itu menjadi tercegah jika setelah Alif terdapat ro' yg dibaca kasroh seperti غَارِمٌ.
وَلاَ تُمِلْ لِسَبَبٍ لَمْ يَتَّصِلْ * (٩١٠)
وَالْكَفُّ قَدْ يُوْجِبُهُ مَا يَنْفَصِلْ
※ Sebab membaca imalah itu jika tidak muttasil (tidak berada dalam 1 kalimat) maka Alif tidak boleh dibaca imalah. Sedangkan mani'ul imalah (huruf yg mencegah sebab imalah) itu kadang" masih berfungsi mencegah sebab imalah sekalipun munfasil (tidak dalam 1 kalimat).
وَقَدْ اَماَلُوْا لِتَنَاسُبٍ بِلاَ * دَاعٍ سِوَاهُ كَعِمَادًا وَتَلاَ
※ Para ulama (org arab) itu terkadang membaca imalah pada Alif dg tanpa adanya sebab selain hanya untuk menyesuaikan dg Alif lain yg dibaca imalah (lit-tanasub) seperti lafadz عِمَادَاوَتَلاَ.
وَلاَتُمِلْ مَالَمْ يَنَلْ تَمَكُّنَا * دُوْنَ سَمَاعٍ غَيْرَهَا وَغَيْرَمَا
※ Isim ghoiru mutamakkin (isim mabni) selain dzomir هَا dan نَا itu tidak boleh dibaca imalah, dan jika ada yg dibaca imalah maka hukumnya sama'i (terbatas mendengar yg terlaku dikalangan arab).
وَالْفَتْحَ قَبْلَ كَسْرِرَاءٍ فِيْ طَرَفْ *
اَمِلْ كَلِلْاَيْسَرِ مِلْ تُكْفَ الْكُلَفْ
※ Fathah itu bisa dibaca imalah bila terletak sebelum huruf ro' yg dibaca kasroh yg berada pada huruf akhir seperti لِلأَيْسَرِ.
كَذَاالَّذِيْ تَلِيْهِ هَاالتَّأْنِيْثِ فِيْ *
وَقْفٍ اِذَا مَا كَانَ غَيْرَ اَلِفْ
※ / fathah yg terletak sebelum ha' ta'nis yg dibaca waqof, seperti نِعْمَهْ،رَحْمَهْ.
________________SELESAI______________
KAMU SEDANG MEMBACA
Alfiyyah Ibnu Malik
Historia CortaPengarang alfiyyah: Al imam abi Abdillah Muhammad bin Abdillah bin Malik Al andalusiy. Dibaca,kasih vote & komentar,oke😉 Nb: Mohon Maaf temen" jika ada kesalahan dalam penulisanya, maupun itu berupa harokat,huruf,atau penjelasannya yg kurang pas, M...