"Ijel, Mama keluar bentar yaa?"
"Jel? Ijeell??"
Si Mama teriak-teriak manggilin anaknya tapi ga nyaut-nyaut juga. Dicari di lantai bawah juga ga ada. Eh ternyata anaknya lagi rebahan di samping kolam renang.
Si Mama liatin handphone anaknya yang daritadi geter-geter tapi ga ada niatan buat diangkat sama anaknya itu. Pas ngintip ternyata pacarnya, Sisil, yang nelpon.
"Sisil nelpon ga diangkat, Jel?"
Kalo di rumah Jeno suka dipanggil Ijel sama Mamanya. Karna Mamanya manggil gitu akhirnya Papanya ikut-ikutan manggil dia Ijel juga, berakhir semua orang di rumah manggil dia Ijel.
Mamanya duduk di kursi yang ada di sebelah kursinya Jeno, liatin anaknya yang udah ngenes banget. Kerjaannya rebahan mulu. Ga kek biasanya. Si Mama tau bener kelakuan anaknya ini. Kalo libur suka keluyuran, pantang pulang sebelum mabok. Belakangan ga lagi.
"Anak Mama kenapa sih? Belakangan uring-uringan. Mama jadi sedih liatnya."
Jeno masih ga ngejawab. Pura-pura tidur dia. Handphonenya masih geter-geter juga. Pas handphonenya udah brenti geter kan langsung muncul lockscreennya, nah Mamanya liat foto di lockscreen Jeno.
"Natta ngirim video tadi pagi sama Mama. Sisil emang suka gitu sama kamu, Jel?"
Anaknya masih ga mau ngejawab.
"Ijel, dijawab dong. Mama nanya nih."
"Iya, Ma. Ditoyor, digampar, ditendang juga pernah."
Ini nih yang Mamanya ga tau. Kalo ternyata selama ini anaknya suka dikasarin sama pacar sendiri.
"Kenapa dipertahanin, Jel?"
Jeno ganti posisi jadi duduk ngadep ke Mamanya.
"Ijel salah, Ma. Dari dulu udah salah. Maaf Ijel ngecewain Mama. Ijel udah tidur sama Sisil. Dari jaman SMA hubungan kita udah sampe situ. Sekarang Ijel ga tau harus gimana biar lepas dari Sisil. Dia ngancem Ma. Katanya kalo Ijel putusin dia, dia bakal ngadu ke Maminya. Dia bakal bilang kalo Ijel udah ngerusak dia tanpa mau tanggung jawab. Ijel ga mau keluarga kita jadi bahan cerita orang karna itu. Ijel ga mau bikin Mama sama Papa malu. Maafin Ijel, Ma... Ijel nyesel. Tapi sumpah Ma, Ijel pengen banget putus sama Sisil."
Jeno pikir Mamanya bakal marah besar karna Jeno udah sekurangajar itu ngekhianatin kepercayaan orang tuanya. Tapi engga. Mamanya pindah ke tempat Jeno duduk terus melukin dia.
"Makasih udah mau jujur sama Mama."
"Ijel ga bisa lebih lama lagi nyembunyiin ini dari Mama. Ijel pikir Mama harus tau. Tolongin Ijel, Ma..."
Ibu mana yang ga sakit hati ngeliat anaknya ancur kayak gini. Mana Jeno nangis lagi pas Mamanya meluk. Tambah nyesek kan jadinya.
"Pasti Jel, Mama pasti bantuin. Lagipula Mama udah ga betah sama geng Mama itu. Toxic semua. Kalo ngumpul tau ga kerjaannya ngapain? Gibahin yang belom dateng ato ga dateng. Mama jadi kepikiran. Pasti mereka gibahin Mama kalo Mama telat datang ato ga datang ngumpul sama mereka. Trus nih ya Jel, tiap Mama dateng pasti Mama terus yang bayarin. Katanya ntar ditransfer tapi sampe ga ada tuh transferan. Ga modal banget sih. Mending Mama fokus kerja aja cari uang banyak buat kamu. Ga guna juga temen-temen kayak mereka di hidup Mama."
Bukan hanya Jeno, ternyata Mamanya juga udah masuk ke dalam hubungan pertemanan yang toxic dan Mamanya udah berniat mau keluar. Apalagi dia udah pegang video dari Rey. Udah ada alesan buat keluar dari geng yang ga sehat itu.
"Makasih, Ma..."
"Oh ya Jel... kamu kok tumben make foto di lockscreen hp kamu. Biasanya polos aja. Mama baru perhatiin lagi. Siapa, Jel?"
"Apa Ma?"
Ngeliat anaknya yang mulai salah tingkah, si Mama jadi senyum. Mana senyumnya jail banget lagi.
"Ituu, cewe gendut yang di lockscreen hp kamu Ijell. Itu siapa?"
"Namanya Candra Ma, biasa Ijel manggil dia Can. Ijel suka Ma sama Can. Udah lama. Dari awal-awal masuk kuliah." Kata Jeno sambil ngusap-usap tengkuknya karna malu.
"Teruss?"
"Ijel telat, Ma... Candra udah jadian sama cowo lain. Lagian Ijel ga bisa nembak Can kalo belum selesain masalah Ijel sama Sisil."
"Suka banget ya, Jel?"
"Iya Ma, Ijel suka banget... liat deh Ma, imut kan?" Jeno tunjukkin lagi lockscreennya yang mana itu fotonya Can waktu masih gendut. "Tapi, Can udah jadi punya orang."
"Anak Mama jadi sadboy dongg~"
"Can kayaknya udah benci banget sama Ijel. Gpp Can jadian sama Jemi tapi jangan sampe ngejauhin Ijel kayak gini. Nyesek, Ma... Ijel pengen deket lagi sama Can, biar cuman jadi temennya."
Si Mama jadi ikutan nyesek kan dengerin ceritanya Jeno. Siapa ga nyesek kalo orang yang disuka malah jadian sama orang lain? Tapi Can ga salah. Jeno yang salah di sini. Dia ga jujur sama Can. Mungkin kalo dia ceritain soal Sisil ke Can, ga bakal kayak gini ceritanya. Mungkinnn
"Can orangnya gimana emang Jel?"
"Baik banget, Ma... ga secantik Sisil tapi manis banget anaknya. Gendut aja Ijel udah suka, apalagi sekarang. Dia ga suka dandan kayak Sisil Ma, tapi sekali dandan bisa bikin deg-degan. Ke kampus cuman make jeans sama kemeja doang, kadang sneakers putih kadang converse. Pinter masak, Ma... bisa bikin kue juga. Ijel pernah lohh dibikin macaroon sama Can, trus waktu Ijel sakit dibuatin bubur sama ayam kecap sama dia. Kalo meluk juga berasa nyaman banget Ma, kayak pas aja gitu badannya kalo dipeluk Ijel."
Si Mama juga baru kali ini dengerin Jeno seexcited ini ngomongin cewe. Padahal tadi sedih sampe nangis-nangis. Begitu cerita soal Can, berubah cerah lagi mukanya.
"Banyak berdoa ya, Jel... kalo jodoh pasti didekatkan lagi kok. Sekarang kamu perbaiki diri dulu. Candranya kayak gitu masa kamu masih rusak gini sih, Jel."
"Iya Ma, pelan-pelan..."
"Gitu dongg~ oh ya, itu isterinya pak gembala ngechat Mama lagi. Minta tolong tanyain kamu kalo bisa ngedrum pas ibadah natal. Soalnya drummer yang harusnya main tanggal 25 itu harus ke Singapur buat temenin Papanya pengobatan. Mau ya Jel? Udah lama banget kamu brenti pelayanan. Terakhir jadi drummer pas SMP kan?"
"Iya deh Ma... nanti Ijel ngomong sama anaknya Bu gembala."
"Okee... Mama keluar dulu. Kamu kalo mau makan ada capcay seafood tuh Mama masak tadi. Jangan lupa makan." Kata si Mama sambil ngusakin rambut Jeno trus berdiri.
"Jel, minta maaf sama Can. Dengerin cerita kamu mungkin dia mau maafin kamu sama terima kamu jadi temennya kalo kamu minta maaf sama ngomong baik-baik. Ya?"
"Iya Ma..."
Aaaaa, nulis part ini nyesek sendiri 🤧🤧
KAMU SEDANG MEMBACA
i. f. LA. y. • NoHyuck •
FanficKita dari dua daerah yang jaraknya 4.722 km satu sama lain tapi ketemu di satu tempat yang namanya, LA. "Can, i. f. LA. y." "Yang artinya?" "I fuckin' L(A)ove you..." "Kok lovenya diganti LA?" "Soalnya aku ketemu kamu di LA, jatuh cinta sama kamu j...