HARAPAN BARU 06

95 15 0
                                    

🧚🧚🧚🧚

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

🧚🧚🧚🧚

"Purwatih anak Nenek" ibu berjalan kearah Ratih yang terikat tangannya.

"Letakkan di bale bambu di bawah pohon jambu!" Perintah Ki Dagol kepada Deren dan mang Karmin yang menjagnya.

"Appa, Appa" Ratih berulang kali menyebut nama Appa.


"Lihat keadaanmu Ratih! Kau kotor, basah, dan bau. Apalagi di tambah pangkal ibu jarimu yang terluka, membengkak dan masih mengeluarkan darah. Tunggu di sini! Ibu akan mengobatimu." Ibu segera berlari masuk ke dalam rumah di ikuti Pupuh.

Sesaat kemudian dia telah membawa ramuan untuk mengobati tangan anaknya yang terluka.

"Deren, buka ikatan tangannya!"

"Baik iBu, tapi aku akan merantai salah satu kakinya saja pada pohon jambu ini."

Ibu hanya diam fokus pada racikan obatnya.

"Sini sayang, biar ibu lihat tangan kamu.

"Ini Nek, air hangatnya." Ujar Pupuh.

"Terimakasih, letakkan di samping
Nenek."

"Kemari kan tanganmu yang terluka, Ratih! Biarkan ibu bersihkan dan obati."

Selesai mengobati dan membalut luka, tiba-tiba Ratih mengambil baskom dan menuangkannya di atas kepala. Semua yang melihat di buat terkejut akan ulah Ratih.

"Kakak?" Tandas Deren.

"Tenang-tenang semua jangan panik." Ujar Ibu.

"Deren, Pupuh, tolong ambilkan air bersih kembali rupanya anak Ibu ini ingin mandi lagi."

Deren dan Pupuh segera pergi, Ibu mengelap wajah Ratih dan seluruh tubuhnya sambil mengalunkan Pupuh Mijil.

HAMPURA ( Maafkan )

Hampura nu jadi diri Gusti
Jadi jalma bodo
Anu boga rasa leutik hate
Tumarima kaayaan diri
Rek pasrah ka Gusti
Anu gaduh elmu

Elmu anu malikeun nasib
Sim abdi rumaos
Sok jaledor gaduh dosa gede
Jaledor kana jalma leutik
Duh... Hampura Gusti
Dosa bapa Ambu ...

By. Tazkia & Layla

Artinya ;

Maafkan

Mohon maaf atas kesalahan diri, Tuhan.
Jadi orang bodoh
Yang mempunyai perasaan kecil hati
Menerima segala keadaan diri
Mau pasrah ke pada Tuhan
Yang mempunyai ilmu

Ilmu yang membalikkan nasib
Diri sendiri suka merasa
Suka lupa mempunyai dosa besar
Lupa ke orang kecil / miskin
Duh... Maafkan Tuhan
Dosa bapak dan ibu...

Pupuh Cinta Untuk IbuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang