Saat itu Anggara mendatangi markasnya di sebuah rumah yang besar dan terpencil.
"Bagaimana Codet? Bisnis kita."
"Beres, Bos Besar. Stok kita berlimpah, tapi anak-anak belum bisa menemukan si Brewok Bos. Ia hilang bagai di telan bumi."
"Kurang ajar, pokoknya terus cari dia sampai ketemu. Di kemanakan uang seratus jutaku? Ah, pusing aku. Sudah Codet, bawakan gue minuman kepala gue rasanya pingin pecah!"
"Beres Bos."
Codet mengambil sebotol minuman dan menuangkannya.
"Oh, ya, bagaimana dengan bocah-bocah itu?"
"Beres Bos, semuanya aman."
Tiba-tiba datang si jambul dengan wajah lesu dan tertunduk.
"Ada apa Lo jambul? Muka Luh bikin sumpek di lihatnya."
"Maaf Bos, itu."
"Ngomong yang bener gob**k."
"Itu Bos." Jambul malah berbisik ke Bos Codet mengabarkan Martina yang berhasil kabur.
"Anj**g, sialan lu bikin susah gue." Ucap Codet tersentak sambil berbisik takut terdengar Bos Besar yang sedang menikmati minumannya.
"Ada apa Codet?" Tanya Bos besar Anggara.
"Maaf Bos Besar, saya permisi dahulu." Ujar Codet sambil mengeplak kepala si jambul tanda harus mengikutinya.
Tanpa banyak bicara Anggara meneguk minumannya sampai mabuk.
"Gila Lo Jambul, kalau Bos Besar tahu ia akan marah besar. Aduh... gimana ini? Pokoknya Lo harus cari sampai ketemu."
"Baik Bos."
"Ya, sudah. Pergi sama! cari jangan diam saja gob**k. Sebarkan ke yang lain agar cepat pencariannya."
Si Jambul pergi berlalu.
"Urusan si Bewok belum kelar di susul si Martina, ah, pusing gue." Gerundel Codet.
Tanpa di ketahui Anggara diam-diam Ratih telah membututinya, dan mendengarkan percakapan si Codet.
"Oh, Martina. Mudah-mudahan kau di beri perlindungan oleh yang kuasa."
^_^^_^^_^^
Sementara itu Pupuh yang sedang terbaring sambil menangis nembang Pupuh Gambuh.
PAPISAH SAREUNG INDUNG
Kamari abdi udur
Ditembangan pupuh geura cageur
Emut Bae kanu jadi Nini
Tileuleutik sok di asuh
Kauninga saban poeIbu... Kamana ibu
Ieu abdi meni sono karena anjeun
Tulungan atuh tulungan diri abdi
Hoyong balik sareung indung
Hate sedih matak sonoKunaon jadi kieu
Papisah sareung nu jadi indung
Naon atuh kasalahan diri abdi
Tiditu ti dieu di bentur
Sedih asa jadi bodoBy. Tazkia & layla
Artinya;
BERPISAH DENGAN ORANG TUA
Kemarin saya sakit
Dinyanyikan Pupuh cepat sembuh
Ingat selalu kepada Nenek
Dari kecil selalu diasuh
Terlihat setiap hariIbu... kemana ibu
Ini saya sangat rindu kepada mu
Tolongin dong tolongin diri ini
Ingin pulang bersama ibu
Hati sedih menjadi rindu
KAMU SEDANG MEMBACA
Pupuh Cinta Untuk Ibu
General Fictionᴮᵒˡᵉʰ ᶠᵒˡˡᵒʷ ᵈᵘˡᵘ ˢᵉᵇᵉˡᵘᵐ ᵇᵃᶜᵃ ˢᵘᵖᵃʸᵃ ᵗⁱᵈᵃᵏ ᵏᵉᵗⁱⁿᵍᵍᵃˡᵃⁿ ᵃᵘᵗʰᵒʳ ᵘᵖᵈᵃᵗᵉ 🎀༘⋆ 𝐏𝐮𝐩𝐮𝐡 𝐂𝐢𝐧𝐭𝐚 𝐔𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐈𝐛𝐮 𝐛𝐲 𝐓𝐚𝐳𝐤𝐢𝐚 𝐀𝐳𝐳𝐚𝐡𝐫𝐚 • BLURB • Kisah perjuangan seorang anak yang tidak diinginkan kehadirannya, Pupuh kawih suku Sunda di...