"Ayah, kenapa kita harus shalat dhuha?"
Tanya Subhi, setelah kita baru saja selesai melakukan shalat dhuha 12 rakaat. Hari minggu, aku dan keluarga memang terbiasa melakukan shalat dhuha bersama. Anak-anak sudah aku biasakan untuk melakukan shalat dhuha dan tahajud setiap hari. Aku sengaja melatih keluargaku untuk melakukan ibadah-ibadah sunnah secara rutin, agar mereka menjadi terbiasa.
"Manfaat shalat dhuha, salah satunya adalah dimudahkannya rezeki nak. Itu janji Allah bagi umatnya yang sering melakukan shalat dhuha."
Aku kemudian menjelaskan secara detail kepada Subhi tentang shalat dhuha, meskipun dulu aku pernah menjelaskannya, tapi mungkin anak-anak kadang lupa, sehingga aku harus berulang-ulang mengingatkannya.
=======================================
Manfaat Sholat Dhuha
Dirangkum dalam buku Rahasia Kedahsyatan Sholat Sunnah Setahun Penuh (2016) dan sumber lainnya, berikut manfaat dan keistimewaan sholat Dhuha yang bisa diperoleh apabila mengamalkannya.
1. Membuka pintu rezeki
Seorang Muslim yang rajin mengamalkan sholat sunnah Dhuha akan dilimpahkan oleh Allah rezeki serta keberkahannya.
Rasulullah SAW bahkan menganjurkan pengikutnya untuk sholat dhuha sebelum melakukan aktivitas. Sebab, sholat dhuha layaknya pintu awal kesuksesan seseorang dalam memulai aktivitasnya.
Selain rezeki dalam bentuk materi, manfaat lain yang didapat yakni hati yang tenang, jauh dari ketamakan, serta menjadi pribadi selalu bersyukur.
2. Mendapat ganjaran di sore hari
Dari Abu Darda ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW berkata seperti dalam bunyi hadis berikut:
'Allah ta'ala berkata: "Wahai anak Adam, sholatlah untuk-Ku empat rakaat dari awal hari, maka Aku akan mencukupi kebutuhanmu (ganjaran) pada sore harinya." (Shahih al-Jami: 4339)'
3. Dijauhkan dari bisikan setan untuk berbuat dosa
Orang yang senantiasa menjaga amalan sholat Dhuha, maka Allah akan menjauhkannya dari gangguan dan godaan setan.
Oleh karena itu, segala amal perbuatannya akan jauh dari maksiat, serta hal-hal buruk dari pagi sampai siang.
4. Sholat Dhuha menggantikan sedekah 360 persendian
Sesuai firman Allah SWT yang diturunkan kepada para Rasul-Nya, setiap Muslim wajib bersedekah dengan 360 sendi yang ada di badannya.
Setiap persendian manusia diwajibkan untuk menunaikan sholat dan sedekah. Hal ini menjadi ladang pahala bagi orang yang mengerjakan sholat Dhuha, karena pahalanya setara dengan mengeluarkan sedekah dari 360 persendian di badan.
Dari Abu Dzar Al-Ghifari ra, Rasulullah bersabda:
"Di setiap sendiri seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahailallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah, dan dua rakaat Dhuha diberi pahala." (HR Muslim).
5. Pahalanya setara dengan ibadah haji dan umrah
Seorang muslim yang menunaikan sholat sunnah Dhuha akan mendapat pahala seperti orang-orang yang menunaikan haji dan umrah.
Pahala ini diberikan kepada Muslim yang rajin menunaikan sholat Dhuha, dan terlebih dulu mengikuti sholat Subuh berjamaah di masjid, serta memperbanyak zikir.
KAMU SEDANG MEMBACA
AUCHA (Idola yang Saling Jatuh Cinta)
RomanceBecky adalah perempuan yang sudah menutup hatinya selama dua tahun. Dia tidak pernah ingin menjalin hubungan lagi dengan siapapun. Sampai suatu hari, dia berkenalan dengan Freen Sarocha yang dia panggil Aucha dalam sebuah grup khusus lesbian. Becky...