"Byy, kenapa besok kamu puasa Dzulhijjah? Apa keutamaan bulan Dzulhijjah?"
Tanya Aucha, setelah kita terlibat obrolan yang panjang di balik telpon, sampai akhirnya dia mulai menanyakan perihal puasa sunnah menjelang hari raya Idul Adha. Aku lalu menjelaskan tentang keistimewaan bulan Dzulhijjah, termasuk puasa 10 hari dibulan itu.
=======================================
Arti Bulan Dzulhijjah beserta Amalannya
Dilansir dari buku Agenda Harian Muslimah 2015 oleh Tri Maya (2014:140), Dzulhijjah adalah bulan kedua belas dalam penanggalan Hijriah. Berasal dari kata dzul (pemilik) dan hijjah (yang menunaikan haji). Penamaan Dzulhijjah ini karena pada bulan tersebut umat Islam menunaikan ibadah haji.
Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang mempunyai keistimewaan, terutama di sepuluh hari pertama. Oleh sebab itu, sehingga sangat sayang bagi kita sebagai umat Islam untuk melewatkan kesempatan ini. Pernyataan ini didukung oleh salah satu hadits dari Ibnu Abbas yang mana Rasulullah bersabda:
"Tak ada hari di mana suatu amal soleh lebih dicintai Allah melebihi amal soleh yang dilakukan di sepuluh hari ini (10 hari pertama Dzulhijjah)."
Jika demikian, apa saja amal soleh yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan keistimewaan di bulan Dzulhijjah yang Insya Allah akan datang di Rabu malam tanggal 30 Juni ini? Berikut daftar amal soleh tersebut:
1. Berhaji
Karena bulan Dzulhijjah adalah bulan haji, jadi sebaiknya kita menunaikan haji bila mampu.
2. Berpuasa
Di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, terdapat puasa sunnah yakni puasa Arafah. Puasa ini bisa kita tunaikan di tanggal 9 Dzulhijjah. Selain itu, kita juga bisa menunaikan puasa Dzulhijjah sebelum tanggal tersebut.
3. Sholat Idul Adha
Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, sehingga kita dianjurkan untuk sholat Idul Adha di tanggal tersebut.
4. Berkurban
Hari raya Idul Adha identik dengan berkurban. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk berkurban bila mampu pada tanggal 10 hingga 12 Dzulhijjah.
5. Berdzikir
Dzikir adalah amalan sehari-hari yang bisa juga dilaksanakan di bulan Dzulhijjah untuk menambah pahala.
(Sumber: https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/berita-update/arti-bulan-dzulhijjah-beserta-amalan-yang-dapat-dikerjakan-setiap-muslim-1yMf6boT9vJ)
Keutamaan Puasa Dzulhijjah Jelang Idul Adha
Dilipatgandakan pahalanya adalah salah satu keutamaan puasa sunnah Dzulhijjah. Pahala ibadah pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah mendapat pahala berlipat ganda daripada ibadah di bulan lain.
Rasulullah bersabda, yang artinya,
"Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah, selain 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya, setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan salat malam, setara dengan salat pada malam Lailatul Qadar." (HR At-Trmidzi)
Keutamaan lainnya adalah penghapusan dosa. Berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah) dapat menghapus dosa selama dua tahun.
Rasulullah SAW bersabda, yang artinya, "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim)
KAMU SEDANG MEMBACA
AUCHA (Idola yang Saling Jatuh Cinta)
RomantizmBecky adalah perempuan yang sudah menutup hatinya selama dua tahun. Dia tidak pernah ingin menjalin hubungan lagi dengan siapapun. Sampai suatu hari, dia berkenalan dengan Freen Sarocha yang dia panggil Aucha dalam sebuah grup khusus lesbian. Becky...