Ibu Suri tahu bahwa Ji Junqing terguncang, dan berkata dengan semakin tidak bermoral.
"Ibumu adalah putri Kerajaan Zhou. Jika dia masih hidup, Kerajaan Zhou akan mendambakan takhta Dakang, tapi bagaimana bisa takhta Dakang mentolerir darah negara lain? Orang yang ingin membunuh ibumu ada banyak, termasuk ayahmu. Masing-masing punya alasannya sendiri. Bahkan jika aku tidak mengambil tindakan, dia tidak akan hidup lama. Aku hanya melakukan sesuatu untuk membuat semua orang bahagia. Apakah aku salah?"
Ji Junqing mendengarkan dengan tenang tanpa mengucapkan sepatah kata pun untuk membantah.
Ibu Suri merasa sedikit bahagia di hatinya, berpikir bahwa apa yang dia katakan telah mempengaruhi Ji Junqing.
Dia tidak cukup naif untuk berpikir bahwa Ji Junqing akan melepaskannya hanya karena dia mengatakan itu, tapi dia ditakdirkan untuk mati, jadi tidak ada salahnya membiarkan Ji Junqing memiliki diafragma sebelum dia meninggal.
"Terimalah hasil ini, Ji Junqing."
Ibu Suri menatapnya dengan rasa kasihan di matanya.
"Ibumu adalah seorang putri yang baik, tetapi dia direnggut oleh kaisar untuk menjadi selirnya dan dia memaksanya untuk memilikimu. Jika kita mengatakan bahwa orang yang paling dibenci ibumu di dunia selain kaisar adalah kamu."
Jari Ji Junqing yang membelai bilah pisau berhenti sebentar, membuat sayatan kecil, dan butiran darah mengalir keluar.
Ibu Suri melihat ini dan menjadi lebih bangga. Tepat ketika dia mengira rencananya telah berhasil, Ji Junqing, yang telah lama terdiam, akhirnya berbicara.
“Kamu salah.”
Wajah Ibu Suri menjadi dingin dan dia hendak mengatakan sesuatu yang lain, tetapi disela oleh Ji Junqing.
"Ibuku meninggal karena kamu menyakitinya dimana-mana dan meracuninya sejak dia memasuki istana, menyebabkan dia menjadi sangat menderita. Jika dia membenciku, dia bisa membiarkanmu sukses. Tapi setelah ibuku hamil, dia bekerja keras untuk melahirkanku, itu karena dia sangat mencintaiku.”
Ibu Suri tertegun, wajahnya berangsur-angsur memerah, menunjukkan sedikit kemarahan.
"Ibuku...dia juga tidak membenci ayahku. Jika dia membenci ayahku, dia tidak akan melahirkanku...tapi mungkin, dia juga membencinya dan benci karena dia gagal memenuhi harapannya. Kaisar berjanji padanya tapi dia adalah raja suatu negara, tapi ini tidak ada hubungannya dengan kamu membunuh ibuku.
“Kamu!”
Ibu Suri sangat marah, menatap Ji Junqing lama sekali dan tiba-tiba bertanya.
“Kalau begitu, apakah kamu membenci Kaisar?”
Ji Junqing tidak berkata apa-apa dan Ibu Suri tersenyum.
"Keluarga Ai tahu bahwa kamu membencinya, terutama setelah kamu mengetahui kebenaran tentang ibumu, kamu semakin membencinya."
"Ji Junqing, tahukah kamu bahwa kamu sebenarnya adalah penerus pilihan kaisar pada saat itu, tetapi kamu sudah mengasingkannya dan tidak mau dekat dengannya, jadi pada akhirnya aku memanfaatkan celah tersebut dan mengubah dekrit aslinya untuk mencegahmu naik takhta, Hahaha, Ji Junqing, apakah kamu menyesalinya?
Ji Junqing terkejut dan menatap Ibu Suri dengan heran.
Dia tahu bahwa Ibu Suri telah melakukan banyak trik di belakang punggungnya, tetapi untuk pertama kalinya, dia tahu bahwa pewaris yang diinginkan ayahnya adalah dia.
Yang menggerakkan Ji Junqing bukanlah posisinya, tapi pikiran kaisar.
Dalam beberapa tahun terakhir kehidupan kaisar, ketika hubungan antara Ji Junqing dan kaisar berada pada titik terburuknya, dia mengira ayahnya membencinya dan meremehkannya, tetapi bukankah itu masalahnya?
Melihat wajah acuh tak acuh Ji Junqing akhirnya menjadi pucat, Ibu Suri sangat bangga.
Bahkan jika Ji Junqing bisa melepaskan ibu kandungnya, dia tidak akan pernah melepaskan kaisar. Dia hanya ingin meninggalkan bekas luka di hati Ji Junqing, membuat Ji Junqing menyesal dan merasa bersalah setiap kali memikirkan kejadian ini.
"Kamu mengira kaisar membencimu dan tidak tahan terhadapmu, tetapi kamu tidak tahu bahwa kamu begitu populer pada saat itu sehingga kamu telah menjadi duri di pihak semua orang, sama seperti ibumu dari Istana Keenam yang saat itu begitu disukai, jadi semua orang membencinya. Semua orang menantikan kematiannya. Kaisar ingin melindungimu, jadi dia dengan sengaja menjauhimu. Jika dia benar-benar menyerah padamu, dia tidak akan membiarkan lelaki tua itu Zhao Feilin mendekatimu. Sayangnya kamu masih terlalu muda saat itu. Kaisar berpura-pura menjaga jarak tetapi kamu benar-benar tidak mempercayainya lagi."
Setiap kali Ibu Suri mengatakan sesuatu, wajah Ji Junqing menjadi lebih dingin, tetapi dia tidak pernah mengambil tindakan terhadap Ibu Suri sampai Ibu Suri selesai berbicara.
“Ji Junqing, apakah kamu menyesal?” Ibu Suri bertanya dengan bangga.
Ji Junqing terdiam. Pasti ada beberapa. Dia tahu bahwa dia masih muda dan sombong pada saat itu. Bukan karena dia tidak pernah berpikir untuk bertanya pada kaisar dan mencari tahu, tetapi dia takut mendengar apa yang tidak ingin dia dengar dan akhirnya dia semakin jauh.
Tapi tanpa hal-hal itu, mungkin dia tidak akan berdiri disini hari ini. Pedangnya perlu diasah, meski proses mengasahnya penuh dengan kesakitan.
Dia merasa lebih lega daripada menyesal.
“Apakah menurutmu ayahku akan menyesalinya?” Ji Junqing bertanya pada Ibu Suri.
Ibu Suri tercengang dan pada awalnya tidak menyadari arti kata-kata tersebut, namun segera dia mengerti bahwa momen kebanggaan tadi sudah tidak ada lagi.
Kaisar tidak akan menyesalinya. Dia sangat menyadari kemampuan Ji Junqing dan dia juga tahu bahwa dia melakukan ini demi kebaikan Ji Junqing, bagi seorang ayah, lebih penting dari apapun agar putranya baik-baik saja.
Jadi jika kesalahpahaman ini masih terjadi lagi, kaisar akan tetap memilih melakukan hal tersebut, karena dia bukan hanya seorang kaisar tetapi juga seorang ayah, seorang ayah yang ingin melindungi putranya.
Tidak ada yang bisa menyakiti Ibu Suri lebih dari ini. Bagaimanapun, dia telah bekerja keras selama bertahun-tahun, menjadi seorang ratu dan kemudian menjadi ibu suri, tetapi dia selalu menghadapi kaisar, bukan suaminya.
"Diam! Diam! Kamu tidak punya ayah dan ibu. Bahkan tahta telah dirusak olehku. Kamu tidak punya apa-apa. Kenapa kamu menatapku seperti itu? Kamu adalah orang yang paling menyedihkan di dunia. Aku ratu, aku adalah Ibu Suri! Aku di atas segalanya, aku memiliki segalanya!”
Ibu Suri menghancurkan segala sesuatu yang ada di istana, bahkan patung Buddha pun dirobohkan olehnya.
Martabat yang selama ini dia coba pertahankan akhirnya runtuh hari ini. Dia telah mendapatkan begitu banyak hal yang tidak akan pernah didapat orang lain, namun dia masih merasa itu belum cukup, dan dia masih merasa tidak puas.
Ibu Suri tidak pernah memikirkan masalah ini sebelumnya tapi barusan, dia tiba-tiba menemukan jawabannya, tapi dia tidak mau mengakuinya, apalagi mengaku kalah di depan Ji Junqing.
Dia menjadi gila, mengaum dan mengumpat, benar-benar kehilangan kebangsawanan dan keanggunannya yang dulu.
Dia menangis dan tertawa, terkadang memarahi kaisar, terkadang memarahi Ji Junqing dan terkadang memarahi selir di harem yang telah merampas kebaikannya, memarahi keluarga Wen, bahkan memarahi dirinya sendiri.
Ji Junqing menatapnya dengan tenang beberapa saat, lalu berbalik dan pergi.
Di masa lalu, dia selalu merasa bahwa dia harus membunuh Ibu Suri untuk menenangkan amarah batinnya, tetapi ketika dia melihat tatapan gila Ibu Suri tadi, dia menemukan bahwa hal yang paling menyakitkan bagi seseorang bukanlah kematian tetapi kebenaran yang tidak mampu dia rubah.
Biarkan saja Ibu Suri menderita lebih jauh, kematian terlalu mudah baginya.
Para menteri yang tinggal di ibukota tidak menyangka Ji Junqing akan tiba begitu cepat, mereka juga tidak menyangka Ji Junqing akan berurusan dengan Ibu Suri di depan, dan kemudian menyelesaikan masalah dengan mereka di belakang.
Catatan: Just info, besok udah episode terakhir Novel ini. Jumpa di Novel kedua yah kita "Raja Jahat mengejar istrinya
KAMU SEDANG MEMBACA
DOKTER ILAHI CHI, YANG MULIA TOLONG SUJUD PART 3
Historical FictionDokter Ilahi Chi Part 3 atau part terakhir lanjut disini ^--^