Sore itu gue nungguin di sebuah kafe. Ada janji sama orang. Bolak-balik gue lirik-lirik jam tangan sambil mengentak-entakkan kaki. Persis rentenir nungguin orang mau bayar utang.
Tak lama, seseorang yang masih mengenakan seragam masuk. Sementara gue masih asyik nglirikin gejet.
"Maaf, ya, gue telat. Kerjaan di kantor baru kelar. Udah lama nunggunya?"
Gue mendongak, menatap cowok berseragam yang kini berdiri di sebelah gue sambil tersenyum.
Gue balik tersenyum, "Ngga papa. Toh sambil nungguin lo, gue jadi ada waktu buat bikin soal ujian dadakan buat besok, hehe..."
Cowok tadi terkekeh, kemudian ngambil posisi duduk di depan gue dan pesen segelas American latte pada pelayan yang lewat.
Cowok ini adalah teman karib gue sejak SMP, nama dia Aisu(Ice). Kami selalu bareng kemana-mana. Tiga tahun di SMP kami lalui bareng, SMA juga tetap bareng meskipun beda kelas. Hingga akhirnya setelah lulus SMA, gue memutuskan untuk kuliah sementara Aisu masuk ke akademi kepolisian.
Sekarang ini, dia adalah seorang kepala penyidik muda yang bisa dibilang cukup sukses dan memiliki kinerja membanggakan. Gue ikut seneng karena itu.
"Eh, Bro, gue denger sekarang lo jadi guru SD, ya? Gimana rasanya ngajar anak-anak?"
Gue nyengir bentar. Aslinya ogah bat gue cerita. Mana tadi jatah makan siang gue ternyata dimakanin Araki sama ShonenT lagi! Udah gitu si Kashi ternyata ke sekolah bawa mainan slime yang lengket-lengket itu. Dengan enaknya si rubah durjana ini naroh slime-nya di meja gue yang pas itu lagi penuh berkas-berkas penting. Alhasil, gue harus ngetik ulang semua berkas itu malem ini.
Gue menghembuskan napas dalam-dalam. Aisu memiringkan kepalanya melihat gue yang lama-lama melorot. "lo nggapapa?"
"Ya... gitu, deh..." jawab gue sekenanya.
Aisu tertawa kecil, "Apanya yang gitu deh? Mereka ngeselin, ya? Apa emang elonya aja kurang sabaran?"
"Kurang sabar? Eh, lo tau ngga? Gue itu udah bertapa di Gua Menganti 9 bulan 10 hari buat persiapan gue ngadepin ntu kelas! Ga makan n ngga minum. Kurang sabar apa, coba?" gue ndengus kesel.
Si Aisu ketawa renyah dengerin kelakar gue, saking renyahnya kripik Chita*to aja kalah.
"Yah... kalo lo pengen tau, varian rasanya banyak," cerita gue akhirnya.
Sebelah alis Aisu menaik, "Varian rasa? Apanya?"
Gue pasang cengir kuda. "Ya varian rasa anak-anak didik gue, lah... emangnya apa lagi?"
"Waduh... gimana tuh maksudnya?" Aisu makin penasaran.
Lagi-lagi gue nyengir sambil terkekeh, lalu mulai bercerita lagi, "Lo tahu? Di kelas gue tipe murid itu macem-macem. Dan boleh gue bilang, semuanya khas banget. Misal, nih, ada dua anak yang namanya satu ada kucingnya, satunya lagi ada anjingnya. Mereka beneran suka berantem kayak kucing sama anjing. Terus nih, ya, ada dua sepupu yang ayah mereka itu kembar, trus nikah sendiri-sendiri dan punya anak sendiri sendiri. Kerennya, nih, ya, dua sepupu ini menurut gue mirip banget sampe gue agak susah bedainnya. Nah, gegara itu tuh. Mereka sering ngejahilin gue pas pelajaran! Sebel bat, ngga, sih?"
Si Aisu ketawa aja. Tapi dia keliatan antusias nyimak cerita gue. Akhirnya gue lanjut cerita lagi.
"Ada juga di kelas gue satu anak albino. Rambutnya putih, coyy... tapi suaranya itu, loh, padahal dia cowok, tapi sekali teriak ato mewek, lebih dari cukup buat mecahin kaca jendela sekelas. Parah,lah, pokoknya. Yang sebelahnya lebih warbyazah lagi. Dia hampir ngga pernah sekalipun ndengerin pelajaran gue. Kerjaannya tidur mulu sepanjang hari! Tapi ternyata waktu ulangan kemaren, nilai dia seratus! Tanpa nyontek, asli, gue liat sendiri. Gue beneran ngga nyangka kalo ternyata ntu anak jenius meskipun kerjanya molor terus."
KAMU SEDANG MEMBACA
Little Utaite and Their School [END]
Fanficpara utaite berubah jadi anak SD unyu-unyu sekaligus kurangajar. seorang guru baru bernama Pak Shoose ditugaskan untuk mengajar anak kelas 2-C yang memiliki keanekaragaman hayati berupa anak-anak yang imut-imut sekaligus amit-amit. akankah guru baru...