Hello guys, percaya kan sama pepatah tak kenal maka tak sayang? Maka dari itu, yuk kita kenalan dulu sama writer yang nulis cerita ini 😄
Nama: Talita Hariyanto
Umur: 14 th (saat cerita ini selesai)
Tempat Tinggal: Kota Sidoarjo tercinta <3 😂Udah, kenalan nya gitu doang ya. Kalo ingin lebih deket lagi kalian bisa follow instagramku @talita_hariyanto. Dan kalo kalian ingin di follow back, tinggal komen atau dm aja. Jangan lupa bilang kalau kalian pembaca setia Brutal in Love, aku bakal seneng banget dengernya.
Oke, back to the topic. Gimana nih readers setiaku? Karya pertamaku udah tamat 😂. Sejauh ini, menarik nggak sih cerita ini? Moga menarik dan bikin kalian terhibur yaa...
Oh iya, sebenernya aku menyelipkan beberapa pesan moral, lho. Kalau kalian peka, kalian pasti bisa tau apa pesan moral yang terselip itu. Okelah, buat kalian yang masih belum bisa nangkep pesan moralnya, bakal aku kasih tauin secara gamblang.
Jadi pesan moral nya adalah:
1. Jangan gampangan sama cowok. Disenyumin dikit langsung baper. Harusnya kaya Lita, pas disenyumin Darren di bab-bab awal, dia malah mengalihkan pandangan.
2. Jangan kayak Nando yang gak berani deketin orang yang dia sukai. Akhirnya dia malah dimanfaatkan Darren untuk mendekati Lita, kan?
3. Jangan gampang mengiyakan permintaan orang lain. Sebenarnya Nando bisa nolak kalo dia nggak terhasut omongan Darren, buat deketin Lita atas nama cowok itu.
4. Percaya sama orang -terlebih sama sahabat- itu boleh. Tapi, tetep aja kita harus waspada. Kayak Darren yang percaya sama Nando, namun ia sempat dikecewakan.
5. Jangan pilih-pilih teman. Ga perlu juga mengajukan syarat pertemanan seperti, "Yang penting bukan pengkhianat." Kalo semisal dia berkhianat, yaudah tinggalin aja.
6. Kita harus positif thinking dulu sama orang. Kalau orang itu menampakkan gerak-gerik yang mencurigakan, barulah kita boleh berspekulasi.
7. Masa remaja adalah masa-masa labil. Kita harus berpikir panjang dalam segala hal, agar kita tidak menyesalinya dikemudian hari. Kayak Darren yang menyesal nyuruh Nando deketin Lita.
8. Buat cowok= Jangan karena kalian menyukai cewek yang sama, persahabatan yang sudah susah payah kalian bangun jadi berantakan.
Buat cewek= Jangan karena kalian menyukai cowok yang sama, persahabatan kalian dengan orang lain jadi hancur.
9. Jangan sok-sokan nolak bantuan orang. Kalau emang kita butuh, nggak ada salahnya kita terima bantuan orang lain. Kayak Lita yang solu-solu tapi kolu pas dianter Darren pulang.
10. Harus teguh pendirian kayak Lita. Kalau dia emang udah niat jauhin Darren, ya dia akan teguh sama pendiriannya.
11. Sebaiknya kita punya rasa balas budi. Kayak Lita yang balas budi sama Nando dan Darren karena udah dibayarin nonton.
12. Gengsi membuat segalanya tambah runyam. Jangan kaya Darren yang nggak mau memaafkan Nando, padahal sebenarnya dia juga ingin damai.
13. Belajar menghargai orang yang sudah berani meminta maaf kepada kita. Seperti Lita yang menghargai Darren setelah lelaki itu mendorongnya dan menyebabkan luka di jidat Lita.
14. Kita cuma perlu mendengarkan kata hati kita. Jangan seperti Nando yang terhasut oleh ucapan teman-teman sekelasnya yang mengatai Lita aneh.
15. Jangan jadi pelakor maupun perusak hubungan orang. Kayak Lita yang merebut Evan dari Gaby.
16. Loving Can Hurt.
17. Meskipun kita dalam keadaan terpuruk sekalipun, yakinlah bahwa kita nggak sendirian. Selain Tuhan, pasti ada orang yang Ia sediakan untuk menemani kita. Zevan contohnya.
18. Kita nggak boleh terlalu larut dalam kesedihan. Jangan seperti Lita yang terus-terusan menangisi Evan, itu nggak baik.
19. Kalau mau pacaran harus izin orang tua dulu. Masalah direstui atau enggak, itu urusan belakang. Yang penting orang tua udah tau. Lita izin mamanya, awalnya sempet hampir nggak dibolehkan. Tapi endingnya, boleh kan?
20. Pacaran diusia segini banyak rintangannya. Contahnya, haters yang nyinyir mulu.
21. Kalo pacaran sebelum waktunya, pas putus ngerepotin banyak orang. Kayak Nando yang tiba-tiba berubah jadi berandal. Kan kasian orang tuanya, tiba-tiba anaknya berubah gitu.
22. "Sesakit hati nya anak sama orang tua, dia tetap nggak berhak minggat. Apalagi kamu masih SMP, biaya hidupmu masih orang tua yang tanggung. Masa kamu keluar rumah, terus kalo udah butuh kamu balik lagi? Nggak malu emangnya?" -Mama Darren.
23. Pacaran bisa mendatangkan dua dampak. Ada yang positif ada yang negatif. Contoh yang positif adalah kita mau membuka diri untuk mempelajari apa yang pacar kita sukai. Seperti Lita, ia mau belajar lettering karena Nando memiliki hobi lettering. Pun sebaliknya, Nando belajar membuat puisi karena itu adalah kegemaran pacarnya.
24. Di zaman now ini, jangan terlalu polos jadi orang. Kalo emang doi lagi ngodein ya nggak usah pura-pura gak peka. Lita malah nyuruh si Darren buat mengungkapkan perasaannya secara gamblang.
25. DAN POIN UTAMA NYA ADALAH: JANGAN TERLALU PERCAYA SAMA JANJI-JANJI MANIS ORANG LAIN. Nando sama Darren berjanji untuk nggak ninggalin Lita. Tapi nyatanya? Keduanya malah ............ (teruskan sendiri)
Okelah, cukup segini ya pesan moralnya. Kalau kalian menemukan pesan moral lainnya, berarti kalian bacanya bener-bener dipahami. Suka deh sama yang tipe begitu, wkwk. Aku saranin, jangan cuma sekedar tahu nama tokoh, alur cerita, endingnya gimana, terus kalian lupa sama apa yang mestinya kalian dapet. Oh iya, satu lagi. Kalau udah ngerti pesan moralnya, jangan lupa dilakuin yaa..
Cukup segini dulu kicauan writer kali ini. Tetep pantengin profilku terus ya, karena aku akan membuat cerita keduaku yang pastinya bakal lebih menarik lagi.
Oke, see you on top readersku tercinta. Makasih udah nemenin Brutal in Love dari awal sampe akhir 🙏.
Regards,
Talita Hariyanto 💖
KAMU SEDANG MEMBACA
Brutal in Love
Novela JuvenilBagaimana jika tiba-tiba dua orang menyeretmu masuk dalam kehidupan mereka secara bersamaan? Lalu, peran konyol apa yang sedang dimainkan oleh keduanya? Adakah unsur kesengajaan di sini? Lita secara tak sengaja melakukan eyes contact dengan Darren...