Bulan terus berganti, usia kehamilan Syifa pun kian bertambah kini sudah menginjak usia 4 bulan, Rizky dan Syifa pun menggelar acara 4 bulanan untuk calon anak mereka, segala persiapan pun dilakukan oleh keduanya.
Mengapa Rizky dan Syifa memilih momen 4 bulanan, karena ketika kehamilan memasuki usia ke 4 bulan, Allah SWT mulai mengutus malaikat guna meniupkan ruh ke dalam janin yang terdapat di rahim ibunya.
Keduanya mengundang ustadz setempat, beliau menjelaskan sebuah hadis menjelaskan tentang perkembangan janin dalam kandungan, bahwa:
"Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rejekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya …"(HR. Bukhari dan Muslim)
Kemudian dalam hadis lain juga dijelaskan bahwa Hudzaifah bin Usaid ra berkata,
"Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Apabila nutfah telah berusia empat puluh dua malam, maka Allah mengutus malaikat, lalu dibuatkan bentuknya, diciptakan pendengarannya, penglihatannya, kulitnya, dagingnya, dan tulangnya. Kemudian malaikat bertanya, ra Rabbi, laki-laki ataukah perempuan?' Lalu Rabb-mu menentukan sesuai dengan kehendak-Nya, dan malaikat menulisnya, kemudian dia (malaikat) bertanya, Ya Rabbi, bagaimana ajalnya?' Lalu Rabb-mu menetapkan sesuai dengan yang dikehendaki-Nya, dan malaikat menulisnya. Kemudian ia bertanya, 'Ya Rabbi, bagaimana rezekinya?' Lalu Rabb-mu menentukan sesuai dengan yang dikehendaki-Nya, dan malaikat menulisnya. Kemudian malaikat itu keluar dengan membawa lembaran catatannya, maka ia tidak menambah dan tidak mengurangi apa yang diperintahkan itu. " (HR.Muslim).
Penjelasan dari ustadz tersebut pun membuat Rizky Syifa juga tetamu yang hadir memahami makna 4 bulanan.
"Bu pak...Adapun tujuan dan landasan dari diadakannya peringatan 4 bulanan ini adalah sebagai rasa syukur atas amanah besar dan berharga dari Allah subhana hua ta’ala dengan dihadirkannya seorang calon anak di dalam suatu keluarga; selain itu juga sebagai pendidikan prenatal pendidikan sebelum lahir, bagi janin supaya menjadi anak yang shaleh/shalehah." Jelas ustadz.
"Pak ustadz wajibkah melaksanakan 4 bulanan ini ?" Tanya Rizky.
"Peringatan 4 bulanan sendiri hukumnya tidaklah wajib namun boleh selama acara ini mengandung banyak unsur-unsur kebaikan seperti diantaranya shodaqoh, sholawat dan qiratu Qur’an. Kemudian yang terpenting adalah tidak mengandung unsur-unsur negatif dan melenceng dari ketentuan Islam, paham mas Rizky ?"
"Paham pak ustadz..." sahut Rizky sembari menebar senyum siang itu.
Setelah acara inti 4 bulanan selesai, keduanya mempersilahkan tetamu yang hadir untuk menikmati hidangan nasi mandhi juga kebuli yang sudah dimasak oleh Rika ibunda Rizky.
Kemudian setelahnya, para tetamu dibagikan bungkusan berupa makanan mentahan untuk dibawa kerumah mereka masing-masing.
"Alhamdulillah selesai juga acara 4 bulanan kita ini ya sayang, semoga kelak anak kita menjadi anak yang sholeh/sholehah, Allah SWT luaskan Rezekinya, Allah SWT berkahi kehidupannya, dipanjangkan umurnya dalam iman dan islam, Aamiin." Ucap Rizky sambil mengusap perut Syifa yang sudah membuncit.
"Aamiin sayang....!" Timpal Syifa sembari mengusap dagu Rizky yang ditumbuhi janggut.
"Mas ganteng, uluhh tokcer banget daahh ahh sampai si Ncip bisa tekdung secepat ini, tau gak sih mas ganteng aku tuh ngebayangin wajah anak kalian nantinya kalau lahir kayak apa, jangan sampai kayak gue iya kan Ncip nanti elo curiga gue ada main sama laki elo, gue sih gak nolak kalau kang mas ganteng mau sama gue, hahahahah !" Ujar Irene si emak rempong.
KAMU SEDANG MEMBACA
CALIEF
Fanfiction#1 in Rizky 22 Okt 18 #1 in Syifa 20 Okt 18 #9 in Sadstory - 18 Okt 18 Calief seorang anak berumur 7 tahun, yang tumbuh selama 4 tahun hanya dari kasih sayang seorang Ibu tanpa Ayah disampingnya.Ayahnya telah tiada saat terjadi tsunami , Calief tu...