Bantu Ringankan Derita Pengungsi Rohingya

6 0 0
                                    

Bantu Ringankan Derita Pengungsi Rohingya

Rp 30.584.573

terkumpul dari Rp 200.000.000

376 Donasihari lagi

CAMPAIGN TELAH BERAKHIR

Cerita

01 Agt 2019

“Palestina di Asia Tenggara”, ungkapan itu pernah disematkan untuk menggambarkan nasib etnis Rohingya yang teraniaya dan terkatung-katung tanpa kejelasan.

Pasalnya, orang-orang Rohingya tidak diakui sebagai warga negara oleh pemerintah Myanmar. Mereka pun kerap mendapat perlakuan buruk, seperti ancaman penghapusan ras, sebagaimana diberitakan berbagai media massa. 

Bahkan, ketika masih berada di Myanmar, orang-orang Rohingya tidak mendapat hak-hak warga negara seperti etnis-etnis lain di Myanmar

"Kami orang-orang Rohingya tinggal di kamp pengungsian. Sungguh, sangat sulit hidup sebagai manusia dan situasi ini tidak lagi tertahankan bagi kami, " ungkap salah seorang pengungsi.

Hidup di pengungsian menimbulkan permasalahan tersendiri bagi mereka. Tak hanya stok pangan yang terbatas, mereka juga sulit mendapat air bersih dan sanitasi

Akibatnya, terdapat 286 laporan dugaan kasus campak hingga pekan ke-26 pada 2019 berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kini, jumlah pengungsi Rohingnya hampir menyentuh satu juta jiwa. Lebih dari 200 ribu rumah tangga atau setara lebih dari 901 ribu jiwa Rohingya terdaftar menjadi pengungsi. 

Data itu dimutakhirkan PBB dan pemerintah Bangladesh pada medio Juni 2019. Jumlah tersebut kian bertambah jika dibandingkan jumlah orang Rohingya yang bereksodus dari Rakhine ke Bangladesh dua tahun lalu.

Belum ada masa depan cerah bagi Rohingya. 

Untuk mencari tempat aman, mereka pun rela menembus pegunungan Buthidaung dan menyusuri Sungai Naf, menuju sebuah wilayah di bagian paling selatan negara Bangladesh: Cox's Bazar, tempat yang mereka anggap lebih aman dari Arakan.

***

Berbagai program dijalankan Aksi Cepat Tanggap sebagai bentuk komitmen ACT mewakili Bangsa Indonesia demi meringankan penderitaan yang harus dialami oleh Etnis Rohingya. 

Komitmen ini tidak akan berhenti sampai di sini. ACT akan terus berusaha memberikan bantuan terbaik untuk mereka. Mari ikut meringankan derita para pengungsi etnis Rohingya. 

Salurkan donasi Anda dengan cara:

Klik "DONASI SEKARANG"

Pilih Bank Transfer Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit

Dapat laporan via email

Bantu share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan bantuan yang terkumpul.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Terima kasih...

DREAM HIGH (UPDATE) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang