Kenapa vote dan komen itu penting buat para author?
Karena kita butuh validasi orang lain untuk tau sejauh mana kualitas tulisan kita. Kita juga butuh sudut pandang orang lain supaya tau dimana letak kesalahan tulisan kita.
___________________________________________
11 | Don't Judge
.
.
.
.
.
Jika ditanya kuliah dapat apa? Sarah akan menjawab, kuliah itu dapat ilmu sabar, ilmu manajemen waktu, ilmu leadership, ilmu public speaking, dan ilmu kehidupan lainnya yang notabene didapat di bangku kuliah. Karena yang paling penting dari kuliah yaitu perubahan pola pikir dan relasi.Bagaimana merubah persepsi, menambah wawasan, mencari koneksi seluas mungkin, dan bertemu dengan orang-orang yang sefrekuensi.
Tanpa sadar ruang lingkup pertemanan dan organisasi setidaknya ikut merubah pola kehidupan. Dengan adanya tugas deadline, dipaksa untuk presentasi, kerjasama dalam kelompok, mengatur job desc, semua itu secara tidak langsung melatih rasa tanggung jawab.
Bersyukurnya, disaat banyak orang tua yang melarang anak perempuannya sekolah tinggi, dengan alasan klasik perempuan yang sekolah tinggi susah dapat jodoh. Ayah Sarah justru sebaliknya. Meski tidak pernah merasakan bangku kuliah, ayah Sarah sangat open minded dan pendukung garis keras agar anak-anaknya bisa sekolah tinggi.
"Kamu harus sekolah tinggi ya. Kita kan ga tau kedepannya bakal kayak apa. Kalo kamu jadi single parent, dan kondisi memaksa kamu untuk ngga bergantung sama orang lain termasuk suami, kamu tetap bisa mandiri. Jangan seperti ayah yang susah cari kerja karena ga punya ijazah." Sarah tau maksud ucapan ayahnya bukan mendoakan ia menjadi single parent. Beliau hanya tidak ingin anaknya mengalami nasib serupa yakni ditinggal istri hanya karena masalah pekerjaan.
Sudah ribuan kali ia mendapat wejangan dari sang ayah tentang pentingnya menjadi mandiri. Dengan bersekolah tinggi, dan berwawasan, seseorang tidak takut untuk bergantung pada orang lain.
Setiap kali mendengar hal itu, Sarah jadi teringat salah satu drama Korea berjudul the world of the married. Dari tokoh Ji Sun woo kita belajar bahwa sebagai perempuan harus bisa lebih kuat dari kuatnya lelaki, kita harus lebih pintar, kita harus serba bisa, kita harus bisa mandiri dari lelaki, itu semua bukan untuk menguasai mereka tapi untuk tetap bertahan meski mereka meninggalkan kita. Dan hal itu yang ayah coba terapkan padanya.
Meskipun hanya seorang driver ojek online, Sarah bangga pada kerja keras ayah sehingga bisa membawa Sarah dan adik-adiknya tetap sekolah. Ayah adalah wujud nyata dari seorang superhero. Ketika ayah harus berperan ganda dan merangkap menjadi seorang ibu, ayah tidak pernah mengeluh.
Pernah sekali waktu Sarah bertanya mengapa ayahnya tidak menikah lagi. Sarah kasihan melihat ayahnya bekerja keras menghidupi mereka namun mengesampingkan kebahagiaannya sendiri. Padahal ia dan adik-adiknya tidak keberatan jika ayah menikah lagi.
Namun jawaban ayah saat itu adalah "ayah takut kalian di siksa sama ibu tiri." Pernyataan itu tentu disambut tawa ayah.
Tapi tidak dengan Sarah. Sarah tau jauh di dalam hati kecil ayah, ayahnya kesepian.
Setiap kali berbicara soal ibu, ada dua perasaan yang saling bersahut di hatinya. Yakni rasa rindu dan rasa sakit. Setengah mati Sarah menahan rasa penasaran tentang keberadaan ibunya hanya untuk menjaga perasaan ayah. Ia hanya tidak mau mengungkit masa lalu keluarga mereka.
Tumbuh tanpa adanya support system dari seorang ibu, membuat Sarah tahan banting sejak kecil. Disaat orang lain membutuhkan peran seorang ibu, Sarah justru terpaksa berperan sebagai ibu untuk adik-adiknya. Ia belajar lebih giat, bekerja lebih keras, rela kehilangan masa remaja, semua itu demi keluarga.
KAMU SEDANG MEMBACA
PETRICHOR [END] ✓
Teen FictionSeumur hidup Sarah mencium aroma asing yang menenangkan ini, ia baru tahu jika aroma tanah basah yang muncul saat hujan turun ternyata punya nama. Namanya Petrichor. Ia masih tak menyangka jika harus mendengar hal unik ini dari pria di hadapannya. S...