ALLEGRO
2000
"Aduh....." teriakku ketika jariku tergores pisau yang sedang kupakai merajang bawang merah ...
wanita separuh baya gendut di depan warung kemudian tergopoh gopoh menghampiriku
"Kenapa Le....aduh itu darahnya ...." ujar mbak yayuk panik melihat jari yang kubungkus tissue basah dengan cairan merah itu ....
"Tenang mbak ...bawangnya udah kusingkirin ...gak kena darah kok..." senyumku menahan sakit ....Mbak yayuk mengajakku duduk dan merawat lukaku
"Kenapa ngger ,kok ngalamun?" Ujarnya sayang ....aku menggeleng sambil tersenyum
"Lagi ndak fokus aja mbak , ngga papa..." tanggapku ringkas ....
"anak anak pada kemana biasanya pada kesini istirahat?" Lanjut mbak Yayuk
Ale mengangkat bahu tak perduli ...mbak Yayuk mengelus rambutnya yang mulai gondrong ...
Ale memeluk tubuh wanita gemuk itu,entah kenapa bau sengak balsemnya selalu membuat Ale lebih nyaman
"Kenapa ngger ....?" Lembut wanita Tua itu ...
"Ate sekarang banyak teman ,aku nggak nyaman...." lirihnya
"Ale cemburu....?" Senyum perempuan itu lagi .... Ale pelan pelan tersenyum dan mengangguk pedih ....teringat kejadian minggu lalu
"kalian semua aku traktir ...." teriak Ate kepada semua pengunjung warung mbak Yayuk .... semua pengunjung yang rata-rata siswa SMP itu bersorak ....hari itu Ate berhasil mendapatkan juara Umum satu rayon jakarta selatan ....para Siswa berdesak desakan ingin mehgampiri Ate ...bersalaman ....ngobrol ...atau hanya ingin mendekat saja....
ale perlahan lahan terdorong ke pojok ...tangannya meraih roti coklat dan buru buru menuju belakang warung ....Satrio yang sedang bercanda dengan dimas melihat kepergian ale dan perlahan mencoba menghampirinya ....
kucing belang tiga itu mendengkur dengkur dan mengusap usapkan kepalanya ke kaki Ale yang menyuapinya dengan roti cokelat ....
"ngapa le ...?" Satrio mendekati Ale .... mengulurkan tissue ketika dilihatnya mata Ale yang basah ....
"gue panik yo...." ujar Ale tersendat ...
"kenapa panik...?" Satrio sedikit bingung ....
"orang ....banyak banget orang....." ujar Ale sambil tersenyum masam ....
"tapi kan lo pak rt nya ...kenapa takut sama banyak orang ....?" lanjut Satrio bertanya ....Ale memberikan suapan terakhir ke kucing itu ...yang kemudian melompat dan melingkarkan tubuhnya di pangkuan Ale ....
"gue selalu menyangka .... ngumpulin kalian.... temen temen gue karena gue pengen ngatur ....gue pengen mimpin dan bantu kalian .... tapi nyatanya....."
"tapi nyatanya?" Satrio mengusap usap pundak Ale ....
"gue punya kalian biar gue gak perlu nambah lagi orang ....biar gue punya kalian untuk melindungi gue dari orang banyak ......" Satrio memandangi Ale tidak percaya .....Ale mengangkat Bahunya ....
"terus Ate?"
"dia ngerasa gak diterima, gue mau nerima dia ...bukan agar dia diterima sama anak anak lain...." ....
"tapi buat nemenin lo sendiri aja? biar lo gak ngerasa kesepian...?" lanjut Satrio .....Ale mengangguk .....
"egois gak sih yo?" Ale tersenyum dan meninju pundak satrio ringan.....
KAMU SEDANG MEMBACA
01.Matahari Kepagian
General FictionIni adalah buku pertama dari trilogi Buku kedua bisa dibaca di kidung kesiangan Buku ketiga bisa dibaca di Renjana Kemalaman Allegro (music), a tempo marking indicate to play fast, quickly and bright (en.wikipedia .org) Papa menamakanku Allegro ,A...