10.Closure berujung Closer

183 26 2
                                    

Ale terdiam menekuk muka di jendela kamarnya .....dulu aku sendirian Mama Papa berantem ....masih ada suara....masih ada ribut .....sekarang .....aku sendirian ....Papa diajak Abah Dimas jadi Sound director untuk gathering partai ke Anyer , Mama ikut ....hanya ada Ate yang belum mau dia ajak ngomong karena masih kesal.

Mama sebelum pergi nitip sama Ale agar ingetin Ate supaya makan teratur dan minum obat ....tapi bodo amat lah ... Ate ngeselin ....bagaimanapun dia memohon dan mengajak berbicara ngeselin ya ngeselin .....

Si tegap  itu ada dikamarnya sekarang, lamat lamat terdengar batuk dan bersinnya ....tapi ego Ale sepertinya menang saat ini .....

Lamunannya sejenak kembali ke 1999 ke hari hari awal Mauliate berpindah posisi menjadi abang angkatnya ....dia di meja belajar ... dan Ate yang semena mena menguasai tempat tidurnya

Ale melempar bantal ke wajah Ate yang sedang khusuk membaca buku fisikanya ....
"apaan sih Le .....?"

"Bosen......" Rajuk si bocah kurus .....

"Besok ulangan kan....?" Kesal Ate ...

"Emang kamu baca baca gitu ngerti ...." Ale balas bertanya ...

"Jujur ....buku ini siksaan sih....." Ate melemparkan Buku itu kesudut ruangan ...

"Maksudku ....kita tinggal kompensasiin ke tidak matematikaan kita dengan pelajaran non matematika ....kayak 9 tambah 5 ...rata rata udah 7 anyway...." Jelas Ale ....

"Dan kamu happy aja sama 7?" Tanya Ate lebih lanjut ....

Ale terdiam sesaat .... "Aku gak peduli sama standar mereka...."

"Piagam piagam itu gak berkata kayak gitu..." Ate menunjuk lemari penuh piagam di samping lemari belajar ...

"Kamu tetap berkompetisi ...dan kamu hebat dalam berkompetisi....dalam hati kamu sangat peduli sama standar mereka...." Simpul Ate ...

"Sotoy...." Ale memutar matanya ...

"Satu hal kenapa gue ngikutin yang begini beginian ....papa sama Mama terlihat bagus di kamera....keluarga kami terlihat bagus di dokumentasi...." Jelas Ale

"Maksudnya?"

"Saat mau ambil hadiah ...saat maju kedepan ...mereka terlihat rapi ....bahagia ...gak berproblem ....gue seneng liat mereka yang kayak gitu ....gak kayak di rumah ....yang satu mabok mabokan ...yang satu pasif agresif dan paranoid .....dan yang begitu gak keliatan pada saat moment moment kayak gini...." Lanjut Ale lirih...

"Buat masyarakat lihat....?"

"Buat gue bisa lihat dan bertahan te ....setelah semua kehancuran yang kami hadapi di rumah ....kami bisa juga terlihat bahagia .....ini gak terlalu buruk ....gue bisa survive ...gue bisa bawa mereka survive ...." Suara Ale terdengar sedikit tergetar ...

"Maafin aku Le ..." Ate mengelus elus pundak Ale ....

"Buat apaan ....?"  Ale tersenyum dan meninju lengan Ate .....

"Mempertanyakan motifmu?"  Ujar Ate ragu ....

"Lo pikir gue begini karena gue mau nutup mata orang orang tentang tidak kesempurnaan keluarga gue kan ?" Lanjut Ale bertanya ..... Matahari sore bersinar di sela sela rambut spike nya ....

Ate pelan pelan mengangguk

"Gue pake itu buat nutup mata gue Te ....buat sebentar aja ....kami sempet bahagia lho ....kami sempet normal ....kami sempet meraih sesuatu .....karena mata terbuka dan melihat sesuatu yang berantakan ...complicated dan gak bisa dibenerin itu capek te ....beneran deh ....capek....."  Ate memeluk tubuh bocah kurus di depannya yang bergetar....

01.Matahari KepagianTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang