"Garemnya dikit lagi tante...." ucap Ate , Mama Iman dengan bersemangat segera mengambil tempat garam ....Ate mau tak mau tertawa ringan.....
"Santai tante ...inget ...seujung sendok aja ....jangan sampe gara gara training ini Iman jadi hipertensi..." ujar Mauliate jenaka ...
"Tapi ini soto betawi Te, tetep aja nanti Iman kolesterol ...." manyun mama Iman ...
"Kami baru kelar SMP tante ....metabolisme masih tinggi...." lanjut Ate lagi ...
"Tuh tante , kami baru kelar SMP ...temen anaknya jangan dipacarin ....aku gak mau Ate jadi bapakku..." cibir Iman yang terduduk di bangku pantry sambil menopang dagu ...
"Cangkem...." ucap Mama sambil melempar kain kotor ke muka Iman..
"Mama mempertimbangkan ngangkat ate jadi anak kandung dan mutasi kamu jadi anak tiri..." lanjut Mama terpingkal ...
"Dih jahaattt ...mentang mentang beda ras jahaaat...." cemberut Iman Lucu ...mama tertawa seraya mengajaknya untuk mencoba isi panci ...
Ate terduduk dan tersenyum menikmati dinamika ibu dan anak itu , sejenak teringat Mama Haris....
"Gak kangen nyokap Te?" Iman memecah kesunyian ....
"Udah ziarah kemarin ke makam ..." ketus Ate ....
"Baru aku lihat mah , satu satunya orang yang punya dua set orang tua tapi mukanya ditekuk gini" lirih Iman...
Mama hanya tersenyum dan mengaduk aduk pancinya...
"Yang satu set lagi tukang bohong...." ujar Mauliate mendung ...
"Tukang bohong yang sayang banget sama Ate...." timpal Mama....
Mauliate terdiam dan memainkan tempat sendok .....
"Elo juga buat gue boong sama Ale dan keluarga om Haris ...lo gak kesel ama gue coy?" Ujar Iman seraya menoyor lembut kepala Mauliate yang tersenyum malu .
"Udah Man, biarin Ate mengolah emosinya ....kita makan dulu ya...."
Ate tak sengaja berpandangan dengan Iman yang berbisik lirih "balik Te ...kasian keluargamu ...."
"Astagfirullah.....!!!" Tiba tiba terdengar seruan Mama di depan kompor .... Iman dan Ate segera menghampirinya dengan heboh....
"Kenapa mah....." bingung Iman
"Mama lupa njetrekin magic jar...." ujar Mama malu .... Ate memukul jidatnya sementara Iman tertawa terbahak bahak.
**********
Allegro menyeret postman Bag nya setelah turun dari mobil yang dikendarai pak Burhan. Orangtuanya berkata jika masih belum enak hati gapapa tidak usah masuk sekolah ,tapi Allegro merasa untuk apa bolos ?untuk apa menyempatkan diri untuk bersedih?
Luka itu sakit,dan luka itu bukan untuk dinikmati
Juga mata bengkak ini
Juga baju kebesaran ini
"Woy bangsat " Langkah Ale terhenti di gerbang sekolah ,suara yang sangat familiar memanggilnya dari sudut.dia mencoba tersenyum.
"Ngapain Lo pagi pagi disini? Ngajak tawuran?" Ale berusaha tersenyum walau masih terasa lemas ,Iman nyengir dan meninju lembut pundaknya
"Walau udah seminggu belom biasa gue pergi sekolah tanpa kalian" Ujar Iman kemudian .
Allegro hanya tersenyum pahit "Dapet sekolahnya kita beda beda ...gimana dong...? Gw juga kangen elu pada sih....nanti futsal bareng lah..." Sahutnya pelan ...wajahnya kembali gelap...
KAMU SEDANG MEMBACA
01.Matahari Kepagian
General FictionIni adalah buku pertama dari trilogi Buku kedua bisa dibaca di kidung kesiangan Buku ketiga bisa dibaca di Renjana Kemalaman Allegro (music), a tempo marking indicate to play fast, quickly and bright (en.wikipedia .org) Papa menamakanku Allegro ,A...